Mampu Buat Jokowi Senang, Kawasan Industri Batang Justru Dipertanyakan Sejumlah Pengusaha, Ada Apa?

Oleh : Ridwan | Rabu, 26 Agustus 2020 - 09:37 WIB

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang
Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dibuat senang dengan kabar banyak pabrik di China akan relokasi ke Indonesia, khususnya ke kawasan industri Batang, Jawa Tengah.

Kawasan Industri Batang merupakan ‘daya tarik’ pemerintah untuk menarik investor, baik dari dalam negeri dan luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia. Bahkan, tak tanggung-tanggung, pemerintah akan menggratiskan lahan sewa di Kawasan Industri yang dimiliki BUMN tersebut selama 10 tahun kepada investor.

Tentunya hal ini membuat sejumlah pengusaha kawasan industri bertanya-tanya?

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar menanggapi sikap pemerintah yang menggratiskan biaya sewa terhadap investor yang berminat masuk ke dalam kawasan industri Batang. 

Namun, ia memberikan catatan, karena kenyataannya pengelola kawasan industri swasta sampai kewalahan menghadapi tingginya permintaan investor yang mencari lahan industri.

"Kita sampai kewalahan menerima investor asing, kenapa harus gratis dan segala macam. Itu giliran pemerintah yang mungkin susah menarik investor asing di kawasannya. Mungkin bisa beri sewa gratis," kata Sanny dikutip CNBC Indonesia (25/08/2020).

Menurutnya, kepercayaan jadi modal utama untuk menarik investor asing sehingga investor yang berbondong-bondong ingin masuk ke kawasan industri tanpa perlu ‘membungkuk’ dengan memberi sewa lahan gratis.

"Sementara di 70 kawasan yang ada, mekanisme mereka ada sewa, ada juga transaksi jual beli. Jadi lahan industri langsung dialihkan kepada atas nama investor, sehingga mereka merasa lebih secure, jadi nggak perlu bayar sewa-sewa lagi. Sekali transaksi selesai," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa investor saat ini punya banyak opsi selain tanpa menunggu kesiapan beroperasi kawasan industri Batang di Jawa Tengah. 

Dikatakan Sanny, masih banyak kawasan lain yang memiliki potensi sama baiknya, bahkan dinilai sudah jauh lebih siap.

"Masuknya Investor asing bukan barang baru. Nggak perlu harus masuk ke Batang. Ada 70 kawasan industri yang sudah beroperasi di seluruh kawasan Indonesia siap menerima relokasi industri-industri luar negeri," kata Sanny.

Himpunan Kawasan Industri (HKI) mencataat, meski ada di masa pandemi, tahun ini sudah ada 51 industri yang masuk kawasan industri dan menyebar di 70 kawasan Industri di seluruh Indonesia. Sekitar 26 diantaranya termasuk dari investor asing. Sementara tahun lalu berkali-kali lipat, yakni 164 investor masuk, dengan sebagian atau 64 perusahaan dari asing juga.

Ia bilang bila harus menunggu kawasan industri Batang siap perlu waktu karena dipersiapkan dulu infrastruktur dasar, terutama pelabuhan kawasan industri.

"Jadi sekarang ada 70 kawasan industri yang siap menerima investor dari Ladong Aceh sampai sisi timur di Weda Bay Halmahera (Maluku). Di Jawa sendiri ada dari Banten hingga Jatim tersebar," sebut Sanny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…