Kemdikbud Tegaskan Semua Patuhi Protokol Kesehatan

Oleh : Kormen Barus | Senin, 24 Agustus 2020 - 10:22 WIB

Ilustrasi Guru-foto Kabar Bandung
Ilustrasi Guru-foto Kabar Bandung

INDUSTRY.co.id, Bogor– Analis Kebijakan Ahli Madya, Setditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Suhartono Arham mengajak semua pihak terlibat dalam mencegah penyebaran Covid-19. Caranya, dengan bekerja sama untuk memastikan anak tetap patuh terhadap protokol kesehatan, baik itu ketika berada di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Menurutnya,  berdasarkan pemantauan di lapangan, masih banyak ditemukan peserta didik yang hanya mematuhi protokol kesehatan ketika berada di lingkungan sekolah. Namun ketika kembali rumah masing-masing atau keluar dari gerbang sekolah, mereka tidak mematuhi protokol kesehatan dengan membuka masker dan berjalan secara berkelompok.

“Di masyarakat siapa yang kontrol ini karena tidak ada sanksi. Perlu ada kerja sama semua pihak untuk memastikan siswa tetap patuh pada protokol kesehatan hingga tiba di rumah masing-masing,” kata Suhartono pada Diskusi Penyesuaian SKB 4 Menteri di Hotel Royal Padjadjaran, Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/8/2020), melansir beritasatu.com.

Ia menuturkan, perlu kerja sama dengan orang tua termasuk masyarakat sipil untuk bergerak bersama memastikan keselamatan semua pihak ketika sekolah kembali dibuka. Selain itu, pemerintah daerah (pemda) juga harus mengambil peran. Pasalnya sekolah berada di bawah naungan pemda.

Suhartono juga meminta masyarakat melaporkan apabila menemukan sekolah yang kembali dibuka tetapi tidak memenuhi protokol kesehatan atau masih berada di zona oranye dan merah. Pasalnya, Kemdikbud menerima banyak permohonan dari pemda yang berada di zona oranye dan merah untuk memberi relaksasi pembukaan sekolah, tetapi tidak dikabulkan.

Selain melapor kepada Kemdikbud, Suhartono mengajak masyarakat untuk melaporkan temuan di lapangan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Sebab, secara konstitusional sekolah dikelola oleh pemda yang berada dibawah naungan Kemdagri.

Kemdagri dapat mengeluarkan teguran dan sanksi sedangkan Kemdikbud hanya bisa melakukan pengawasan melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan di masing-masing daerah. Tujuannya, untuk memastikan kesiapan sekolah kembali dibuka sesuai SKB 4 Menteri.

Sementara untuk menindaklanjuti lebih detail, Suhartono menuturkan, ini menjadi kewenangan pemda, sebab kepala daerah juga bertindak sebagai Satgas Covid-19 di daerah masing-masing.

Oleh karena itu, dalam membuka kembali sekolah, pemda harus memberikan instruksi yang detail kepada satuan pendidikan hingga langkah antisipasi apabila ada hal-hal tertentu yang terjadi selama sekolah kembali dibuka. Misalnya, kasus guru terpapar Covid seperti terjadi di beberapa daerah.

“Sejauh ini pemda sangat antisipatif. Semua guru diminta melakukan tes Covid-19,” ujarnya.

Selain pengawasan, Suhartono menyebutkan, pihaknya juga sedang berupaya meningkatkan kualitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan situasi pandemi. Bahkan Kemdikbud telah mengeluarkan kurikulum darurat serta modul-modul pembelajaran untuk membantu guru, siswa, dan orang tua selama masa pandemi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…