Sekjen DPR Indra Iskandar: Peran Lembaga Kehumasan Penting dalam Parlemen Modern

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 21 Agustus 2020 - 13:45 WIB

Sekretariat Jenderal DPR RI Indra Iskandar
Sekretariat Jenderal DPR RI Indra Iskandar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar memaparkan peran lembaga kehumasan di DPR menempati posisi yang penting sebagai prasyarat parlemen modern. Peran lembaga kehumasan dalam keterbukaan informasi publik memiliki posisi yang strategis, ini bertujuan untuk mengawal dan mewujudkan tata kelola negara yang bersih, profesional dan berwibawa.

Pernyataan tersebut dia sampaikan usai dinyatakan lulus dalam sidang disertasi terbuka yang digelar secara virtual dari Gedung Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta. Indra menyebutkan ada tiga prasayarat parlemen modern, yaitu katersediaan teknologi informasi, representasi, dan keterbukaan.

"Misalnya produk-produk hukum, produk-produk politik DPR sekarang ini banyak yang tidak diketahui oleh masyarakat luas. Itu akan kita informasikan terus, sehingga masyarakat akan terus terinformasi dengan produk-produk politik DPR yang selama ini hanya diketahui oleh sebagian orang. Saya kira kehumasan akan menjadi sangat penting berkaitan dengan tiga aspek prasyarat parlemen modern tadi," papar Indra seperti dilansir dari laman dpr.go.id pada Kamis (20/8/2020).

“Dengan demikian, peran kehumasan tidak hanya sebagai corong lembaga semata, akan tetapi sebagai media komunikatif yang menghubungkan lembaga dengan masyarakat, sehingga menghasilkan timbal-balik yang positif dan saling menguntungkan,” lanjut Indra.

"Aspek keterbukaan ini bagian dari apa yang disebut dengan parlemen modern. Kehumasan kita sedang diperbaiki lagi kedepannya sehingga menjangkau harapan-harapan masyarakat. Misalnya, kami sedang menyusun apa yang disebut dengan strategi komunikasi, komunikasi DPR dengan masyarakat selama ini yang masih dianggap perlu diperbaiki, akan diperbaiki," jelas Indra.

Sebagai komunikator publik, fungsi humas menyosialisasikan kebijakan lembaganya, memberikan pelayanan, menyebarluaskan pesan atau informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan hingga program-program kerja lembaganya kepada masyarakat. Indra pun menargetkan, dalam satu bulan ke depan informasi bahan rapat yang bisa diketahui oleh publik akan disampaikan melalui paperless.

"Mudah-mudahan bulan depan, semua informasi berkaitan dengan dewan akan kami sampaikan sudah tidak melalui lagi hard copy tapi melalui paperless," ujar Indra.

Dia juga mengungkapkan tentang Parlemen Kampus, menurutnya dengan media program ini akan memberikan pemahaman bagi generasi muda bagaimana proses politik di DPR terjadi.

"Parlemen Kampus merupakan salah satu program kami untuk memberikan pemahaman bagi generasi muda, bagaimana sebenarnya satu proses politik itu dilakukan, dan itu sudah menjadi komitmen kita bagaimana memberdayakan kaum muda untuk memahami bagaimana proses politik di DPR," jelas Indra.

Indra menuturkan ke depan komunikasi di DPR akan lebih tertata dengan strategi komunikasi yang tersusun. Parlemen kampus menjadi salah satu media untuk memberikan pemahaman bagi para mahasiswa tentang proses legislasi dan persidangan di DPR.

"Parlemen kampus akan terus kita lakukan, untuk mensosialisasikan berbagai informasi yang ada di DPR kepada masyarakat Indonesia. Karena parlemen kampus itu dilakukan di banyak tempat di Indonesia," pungkas Indra.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:16 WIB

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Untuk pertama kalinya B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia. Penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat…

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…