Dukung Kawasan Industri, BJTI Grup dan BUMN Karya Genjot Proyek Pelabuhan JIIPE

Oleh : Krishna Anindyo | Senin, 17 Agustus 2020 - 12:15 WIB

Proyek Dermaga Pelabuhan JIIPE
Proyek Dermaga Pelabuhan JIIPE

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Dalam upaya meningkatkan akselerasi kinerja dan turut membantu program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III melalui anak usahanya PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTIPORT) terus melakukan inovasi salah satunya adalah berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan guna mewujudkan hal tersebut.

Berbagai proyek strategis pun dikerjakan melalui sinergi yang baik antar perusahaan antara lain Proyek Perpanjangan dan Pelebaran dermaga Pelabuhan JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate) di Manyar Gresik dengan menggandeng BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan konsultan PT Indra Karya (Persero), kemudian pekerjaan pemenuhan kebutuhan operasional, spareparts dan alat bantu antara PT BIMA dengan PT Bima Bosma Indra (Persero) dan proyek proyek lainnya di anak usaha BJTIPORT.

“Sebagai bagian dari anak usaha Pelindo 3 selaku BUMN,  BJTIPORT mendukung dan juga turut serta dalam proses sinergi antar BUMN terbukti pada saat ini terdapat beberapa proyek strategis yang sedang dikerjakan oleh BUMN di anak usaha BJTIPORT,” ungkap Arief Prabowo Direktur Utama BJTIPORT melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (17/8/2020).

Dari berbagai proyek sinergi yang dilakukan oleh BJTI Grup dengan BUMN, Proyek perpanjangan dan pelebaran dermaga pelabuhan JIIPE merupakan salah satu proyek unggulan yang terus dikebut pengerjaannya, bukan tanpa alasan, mengingat JIIPE merupakan Kawasan Industri terintegrasi yang digadang gadang sebagai salah satu Kawasan industri unggulan di Indonesia.

Tentunya pelebaran dan perpanjangan ini dapat meningkatkan daya tampung/sandar kapal-kapal besar di Pelabuhan JIIPE Manyar Gresik dan mendongkrak produktivitas serta arus logistik secara nasional.

Tidak hanya di JIIPE, wujud sinergi BUMN yang juga berperan dalam membantu PT PELINDO III (Persero) khususnya di BJTI Grup juga terlihat pada sinergi antara PT BIMA dengan PT Boma Bisma Indra (Persero) dalam pemenuhan kebutuhan operasional, sparepart dan alat bantu, dimana kebutuhan part PT BIMA bisa dipenuhi langsung oleh PT Boma Bisma Indra (Persero) dan kerjasama ini telah dilakukan sejak tahun 2019 sehingga sangat membantu dalam meningkatkan kinerja PT BIMA dalam operasional manintenance alat bongkar muat di area kerja PT Pelindo III Group termasuk di Terminal Berlian yang dikelola oleh BJTIPORT.

“Diharapkan kedepan sinergi/kolaborasi dengan BUMN lainnya juga terus ditingkatkan dengan selalu memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik, karena semua ini tujuannya juga sangat bagus yaitu untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing BUMN secara global dan tentunya mendorong pembangunan perekonomian secara nasional,” tutup Arief.

Untuk diketahui, BJTIPORT memiliki beberapa anak usaha yang bergerak di berbagai sektor pendukung jasa kepelabuhanan antara lain PT Berkah Industri Mesin Angkat (PT BIMA) yang berfokus pada maintenance alat bongkar muat pelabuhan, PT Berlian Manyar Sejahtera (PT BMS/JIIPE) yang berfokus pada jasa kepelabuhanan dan Kawasan Industri di Manyar Gresik, PT Pelindo Properti Indonesia (PT PPI) yang berfokus pada Pengelolaan properti di area pelabuhan milik PT Pelindo III (Persero) dan beberapa anak usaha lain yang juga berfokus pada industri jasa pendukung kepelabuhanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…