Sucofindo Audit Dan Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan untuk Bio Farma

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 15 Agustus 2020 - 23:10 WIB

SUCOFINDO MENYERAHKAN SERTIFIKAT SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN UNTUK BIO FARMA
SUCOFINDO MENYERAHKAN SERTIFIKAT SISTEM MANAJEMEN ANTI PENYUAPAN UNTUK BIO FARMA

INDUSTRY.co.id, Bandung, 13/8 – PT SUCOFINDO (Persero) melalui bisnis unit SUCOFINDO International Certification Services (ICS) menyerahkan Sertifikat SNI ISO 37001 : 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) kepada PT Bio Farma (Persero) yang diberikan secara langsung oleh Direktur Komersial 1 SUCOFINDO, Herliana Dewi kepada SEVP Human Capital dan Kepatuhan PT Bio Farma (Persero) Disril Revolin Putra.

Pada penyerahan sertifikat ini, Herliana Dewi menyampaikan apresiasinya kepada Bio Farma yang telah berhasil meraih Sertifikat SMAP sesuai SNI ISO 37001:2016. Herliana pada sambutannya memaparkan bahwa SNI ISO 37001:2016 tentang SMAP yang dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan program anti suap. “Selain itu, sebagai perusahaan plat merah, sertifikasi standar internasional ini juga menjadi upaya dalam mengembangkan kapabilitas BUMN untuk dapat bersaing di dunia internasional dan menjadi pedoman dalam misi #BUMNGoGlobal,” kata Herliana

Kementerian BUMN telah mengarahkan bahwa Perusahaan BUMN agar menerapkan SMAP menggunakan standar SNI ISO 37001:2016. Sistem manajemen ini menggunakan pendekatan risiko, yang memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang mitra bisnis dan pihak ketiga, dengan memahami dan proaktif mengelola risiko penyuapan yang mungkin hadir dari hubungan kerja sama tersebut.

Untuk mematuhi persyaratan Standar Internasional ini, organisasi perlu merencanakan dan melaksanakan tindakan-tindakan untuk menangani potensi terjadinya suap dengan aspek pendekatan analisa risiko.
Herliana memaparkan, “Organisasi harus menentukan permasalahan internal dan eksternal yang relevan dengan tujuan dan arah strategis yang mempengaruhi kemampuan untuk mencapai hasil-hasil yang dituju dari sistem manajemen yang diterapkannya.”

Pada kesempatan yang sama SEVP Human Capital dan Kepatuhan PT Bio Farma (Persero) Disril Revolin Putra mengungkapkan bahwa komitmen ini dibangun melalui develop system dan dalam mengimplementasikan sistem-sistem tersebut dibantu oleh SUCOFINDO.

Lebih lanjut Disril menyampaikan rasa terima kasih kepada SUCOFINDO yang telah mendukung implementasi SNI ISO 37001 : 2016 tentang SMAP dan Bio Farma menyampaikan bahwa, “Sistem ini bisa menjadi nilai tambah bagi Bio Farma sebagai perusahaan yang transparan dan bagi stakeholder, Bio Farma dapat menjadi mitra yang dapat dipercaya dan berkualitas tinggi dalam Good Corporate Governance (GCG).”

Selanjutnya, Herliana mengatakan “Penerapan standar SNI ISO 37001 secara konsisten terhadap seluruh persyaratan standar yang ada dan selalu mengidentifikasi risiko anti suap tentunya akan mendukung pencapaian Rencana Strategis Kinerja Bio Farma.”

Herliana menyampaikan, “Dengan diperolehnya Sertifikat SNI ISO 37001:2016 ini, kami yakin bahwa perbaikan akan senantiasa dilakukan, perubahan akan terus diupayakan, dan peningkatan akan terus berkelanjutan dalam berbagai lini pekerjaan dan pelaksanaan kebijakan anti suap,” tutup Herliana.

SUCOFINDO merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang Inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan juga konsultansi. Sejak 2019 lalu, SUCOFINDO diminta oleh Kementerian Perindustrian RI turut membantu konsultansi transformasi industri 4.0 di beberapa industri sebagai percontohan persiapan memasuki industri 4.0, diantaranya pada perusahaan Bio Farma.

Bersama KEMENPERIN, SUCOFINDO melakukan pendampingan, konsultansi dan evaluasi dalam pelaksanaan Penyusunan Model Factory Cell Industri 4.0 untuk Bio Farma.

PT SUCOFINDO (Persero) merupakan Lembaga Sertifikasi yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional untuk SNI ISO 37001:2016 tentang SMAP, merupakan BUMN yang memiliki cabang di seluruh Indonesia, memiliki auditor yang kompeten dan dalam kondisi pandemi ini, memiliki sistem untuk mendukung proses audit secara remote.  
Sebagai langkah #BUMNGoGlobal, selain memberikan jasa pelayanan berstandar Internasional, PT SUCOFINDO (Persero) juga memperluas titik layanannya dengan membuka Kantor Unit Layanan di Luar Negeri, seperti Singapura, Malaysia, Hongkong, Thailand, Vietnam, Korea Selatan, dan China. Tak hanya itu, dalam upaya melebarkan sayapnya di kancah internasional, SUCOFINDO juga bekerja sama dengan lembaga internasional, seperti HCT Korea Selatan untuk teknologi pengujian alat komunikasi.

“SUCOFINDO juga memiliki jasa audit Animal Welfare Traceability (AWT) yang merupakan penyedia satu-satunya terkait hal tersebut di ASEAN. Selain itu, kami juga melayani Inspeksi untuk barang Impor di luar negeri,” tutup Bachder.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…