Sucofindo Serahkan Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan Untuk Telkom

Oleh : Kormen Barus | Jumat, 14 Agustus 2020 - 18:46 WIB

Jakarta, 12/8 – PT SUCOFINDO (Persero) menyerahkan sertifikat SNI ISO 37001: 2016 kepada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yaitu Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).
Jakarta, 12/8 – PT SUCOFINDO (Persero) menyerahkan sertifikat SNI ISO 37001: 2016 kepada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yaitu Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

INDUSTRY.co.id, Jakarta, 12/8 – PT SUCOFINDO (Persero) menyerahkan sertifikat SNI ISO 37001: 2016 kepada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), yaitu Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Sertifikat ini diserahkan oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin kepada Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah di Telkom Landmark Tower, Jakarta (13/08) dengan mengedepankan protokol Physical Distancing di masa New Normal.

Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Bachder Djohan Buddin turut menyampaikan apresiasinya kepada PT Telkom (Persero) Tbk atas keberhasilannya dalam meraih sertifikat SMAP. “Kami sangat berterima kasih kepada Telkom telah mempercayakan kami sebagai Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan, dan ini merupakan kolaborasi perusahaan BUMN dalam misi #BUMNSeanteroIndonesia,” kata Bachder.

Selanjutnya, Bachder menambahkan bahwa implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan dirancang untuk membantu organisasi menetapkan, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan program anti suap. “Penerapan standar SNI ISO 37001:2016 dengan utuh dan konsisten terhadap seluruh persyaratan standar yang ada, serta dengan selalu mengidentifikasi risiko anti suap, akan mendukung pencapaian Rencana Strategis maupun Kinerja Telkom,” ujar Bachder.

Bachder berharap dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ini, dapat membantu upaya perbaikan, perubahan, dan peningkatan secara berkelanjutan dalam berbagai lini pekerjaan, perumusan dan pelaksanaan kebijakan anti suap di PT Telkom (Persero).

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Telkom (Persero) Tbk Ririek Adriansyah mengungkapkan rasa terima kasih kepada PT SUCOFINDO (Persero). “Terima kasih kami ucapkan atas dukungan Sucofindo dalam melakukan audit dan sertifikasi kepada Telkom khususnya terkait ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Sertifikasi ini merupakan bentuk komitmen Telkom sebagai perusahaan publik yang menjunjung prinsip transparansi, compliance dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik. Kolaborasi antar BUMN ini diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya dalam memastikan tidak adanya praktek suap ataupun korupsi di lingkungan kerja BUMN,” ujar Ririek Adriansyah.

Ririek menyampaikan bahwa dalam mengikuti sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Telkom telah melakukan persiapan dari Maret hingga awal Agustus 2020, dimulai dari training awareness dan gap analysis. “Telkom telah mengikuti dua tahap audit pada 22-23 Juli 2020 dan 5-7 Agustus 2020, yang kemudian dinyatakan lulus sertifikasi pada tahap kedua,” kata Ririek.

PT SUCOFINDO (Persero) dalam jasa Sertifikasi Sistem Manajemen memberikan layanan di antaranya Sertifikasi ISO 27001:2013 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi, Sertifikasi SNI ISO 28000:2009 tentang Sistem Manajemen Keamanan pada Rantai Pasokan, Sertifikasi ISO 22000:2018 tentang Sistem Manajemen Keamanan Pangan, Sertifikasi ISO 50001:2018 tentang Sistem Manajemen Energi, Sertifikat SNI ISO 9001:2015 tentang Sertifikat Sistem Manajemen Mutu, SNI ISO 14001:2015 Sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan, dan  SNI ISO 45001:2018 Sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Di tengah masa wabah pandemi Covid-19, SUCOFINDO tetap melayani jasa secara prima salah satunya dalam pemastian mutu, pada peralatan kesehatan dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). SUCOFINDO juga menyediakan pelaksanakan pelatihan secara online dan kegiatan audit dilakukan secara remote audit memanfaatkan teknologi informasi. 

 

Dalam pengelolaan protokol Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk kepastian usaha pariwisata, SUCOFINDO mengeluarkan jasa baru yaitu Sertifikasi ARISE, dan SUCOFINDO memprioritaskan pengujian pada produk handsanitizer dan cairan disinfektan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…