Isu Reshuffle Kembali Menguak, Menteri Dilarang Tinggalkan Jakarta Hingga 22 Agustus, Ini Penjelasan Tjahjo Kumolo

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:05 WIB

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Belakangan ini beredar informasi ada imbauan agar para menteri tidak meninggalkan Jakarta mulai hari ini hingga 22 Agustus 2020. 

Tersiar kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PAN dan RB) Tjahjo Kumolo mengaku tidak mengetahui mengenai larangan meninggalkan Jakarta.

"Saya kok tidak ada pemberitahuan dari pejabat Istana," ujar Tjahjo kepada rekan media, Kamis (13/8/2020).

Hal senada disampaikan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara.

"Saya sampai dengan hari ini, belum pernah dengar imbauan tersebut," ungkap Juliari menanggapi kabar yang ramai beredar di kalangan media tersebut.

Salah satu staf pejabat di lingkungan Istana, menolak berkomentar banyak menyangkut para menteri harus tetap di Jakarta.

"Belum ada info," ujarnya seraya menyebut masih banyak anggota Kabinet Indonesia Maju yang berada di daerah.

Sementara itu dalam survei yang dirlis Charta Politika Indonesia baru-baru ini, mayoritas publik berharap Presiden melakukan reshuffle. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya mengungkap sebanyak 73,1% responden menyetujui rencana reshuffle. Hanya 13,3% yang tak setuju, dan 13,6% memilih tidak jawab/tidak tahu.

"Sebanyak 73,1 persen mengatakan setuju (reshuffle). Ini lebih esktrem dibandingkan dengan rilis survei Indikator Politik Indonesia," kata Yunarto saat merilis survei, Rabu (22/7/2020).

Diukur dari kinerja jajaran Kabinet Indonesia Maju, menurut Yunarto, tingkat kepuasan publik masih rendah.

"Hasilnya adalah 49,7% masyarakat merasa puas, sementara 44,1% tidak puas. Selisihnya tidak jauh," ujarnya.

Survei Charta Politika Indonesia juga mencatat Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sebagai menteri terpopuler. Yunarto menjelaskan Terawan menjadi menteri yang paling banyak didengar dan dilihat masyarakat. Menurutnya, hal ini tentu berkaitan erat dengan tugas-tugas Terawan menangani Covid-19.

Terawan memiliki popularitas 18,6%, Sri Mulyani (13,7%), Doni Monardo (8,2%), Juliari Batubara (4,3%), Tito Karnavian (4%), dan Erick Thohir (3,3%).

Berikutnya Nadiem Makarim (1,7%), Airlangga Hartarto (1,4%), Abdul Halim Iskandar (1,1%), Fachrul Razi (1,1%), Budi Karya Sumadi (1,1%), Jenderal Idham Azis (1%), dan Marsekal Hadi Tjahjanto (1%).

Meski menjadi yang terpopuler, menurut Yunarto, nama Terawan tidak masuk sebagai menteri berkinerja terbaik. Publik antara lain justru memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai yang terbaik. Prabowo dipilih 12,8% responden, diikuti Sri Mulyani (11,5%), Erick Thohir (5,8%), Mahfud MD (4,6%), Basuki Hadimuljono (4,2%).

"Kebanyakan nama-nama yang muncul adalah yang memiliki tingkat pengenalan (awareness) yang tinggi atau pos kementeriannya mendapatkan sorotan media di saat situasi pandemi Covid-19," kata Yunarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.