Pelindo 3 Raih Paritrana Award

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:15 WIB

PT Pelabuhan Indonesia 3 (Persero)
PT Pelabuhan Indonesia 3 (Persero)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Semakin tingginya permasalahan kesejahteraan sosial yang di hadapi para pekerja di masa pandemi ini membuat perlindungan sosial yang meliputi keselamatan, keamanan dan jaminan sosial bagi seluruh pekerja dalam bekerja menjadi hal mutlak yang harus dimiliki bagi seluruh pekerja di Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut PT Pelabuhan Indonesia 3 (Persero) atau Pelindo 3 terus berupaya memberikan pelayanan jaminan sosial bagi seluruh pegawai dan mitra binaanya.

Komitmen Pelindo 3 dalam memberikan jaminan sosial bagi para pegawainya ini mendapat apresiasi tinggi berupa penghargaan juara 1 Paritrana Award dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan.

Menariknya Pelindo 3 menjadi satu-satunya perusahaan BUMN yang menerima penghargaan tersebut mengalahkan 660 ribu perusahaan skala menengah dan besar. Penghargaan tersebut diberikan lansung oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin dan diterima langsung oleh Direktur Utama Pelindo 3 U. Saefudin Noer dan diikuti oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauzia dan Menko PMK Muhajir Effendy secara daring, Rabu (12/08).

Dalam sambutannya Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin mengapresiasi Pelindo 3 sebagai salah satu perusahaan milik negara yang sangat memperhatikan jaminan sosial bagi para pegawainya, dirinya pun meminta Pelindo 3 untuk terus menjaga capaian itu dan senantiasa meningkatkannya sebagai salah satu hak yang dimiliki setiap pegawai.

“Selamat kepada para pemenang Paritrana Award, dengan perannya masing masing telah berkontribusi mendukung berbagai program perlindungan kesejahteraan sosial di berbagai wilayah sesuai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” tutur Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (13/8/2020).

Merespon diterimanya penghargaan Paritrana Award oleh Pelindo 3, Direktur Utama Pelindo 3 U. Saefudin Noer menilai raihan tersebut merupakan bentuk implementasi core value BUMN yaitu amanah dengan memastikan memberikan pelayanan terbaik tidak hanya mitra bisnis namun juga para pegawainnya melalui jaminan sosial sekaligus wujud loyalitas kepada negara dalam rangka untuk mendukung pemerintah khususnya di bidang ketenagakerjaan.

Selama ini Pelindo 3 telah secara konsisten dan bersungguh-sunggung menerapkan jaminan sosial untuk seluruh pegawai , mitra bisnis hingga Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM). Sebagai contoh Pelindo 3 mewajibkan seluruh mitra kerjanya mengikuti program jaminan sosial sebagai syarat wajib melaksanakan kerjasama.

Kesungguhan Pelindo 3 melaksanakan program tersebut, maka penghargaan Panitrana Award yang diterima merupakan bonus dari kesungguhan tersebut. Ujar U saefudin Noer Direktur Utama Pelindo 3.

Sementara itu Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur Dodo Suharto yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kesungguhan Pelindo 3 dalam menggelar jaminan sosial bagi pegawainya. Hal tersebut menjadikan Pelindo 3 sebagai Ambassador kepatuhan penyelenggaraan jaminan sosial di Indonesia.

Sebelumnya Pelindo 3 menerima penghargaan Paritrana Award atau anugerah penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan 2019 oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pelindo 3 dinilai layak menerima penghargaan tersebut karena memenuhi beberapa indikasi penilaian diantarannya kepatuhan penyelenggaraan jaminan sosial melalui BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh pegawai hingga mitra kerja sebagai syarat kerja sama, hingga penyediaan trauma center bagi pegawai dan beberapa penilaian lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Selasa, 22 September 2020 - 17:49 WIB

Tingkat Kesembuhan Naik dan Angka Kematian Turun, Jabar Wajibkan Protokol Terapi Pasien di RS Rujukan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, meski angka positif COVID-19 terus bertambah seiring percepatan tes PCR, namun tingkat kesembuhan terus naik dan angka kematian menurun. Tingkat…