Sepi Job, Teknisi Bengkel Pesawat Terpaksa Nganggur

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:10 WIB

Teknisi perbaikan pesawat
Teknisi perbaikan pesawat

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat usaha sektor transportasi udara terancam gulung tikar atau bangkrut imbas turun tajamnya keuntungan yang didapat di sektor tersebut.

Pukulan telak ke bisnis penerbangan juga berdampak pada lesunya usaha bengkel pesawat, bahkan sudah banyak teknisi atau pekerja bengkel pesawat yang menganggur.

Hal ini diakui Direktur Utama GMF AeroAsia, I Wayan Susena. Menurutnya, segmen bisnis line maintenance mengalami penurunan tajam.

"Ini menyebabkan sumber daya manusia atau manpower dari teknisi maupun engineer ini mengalami idle (nganggur),” katanya di Jakarta, kemarin.

Dijelaskan Wayan, sepinya jasa perbaikan dan perawatan pesawat membuat para pekerja ini tak begitu sibuk seperti biasanya.

Kendati begitu, bukan berarti semua teknisi menganggur. Menurutnya, masih ada sejumlah segmen bisnis GMF yang tetap membutuhkan tenaga di kala pandemi Covid-19.

"Tidak semuanya mengalami idle, kami lakukan distribusi man power menunjang daripada bisnis segmen yang ada di heavy maintenance. Sebagian lain juga dialihkan ke segmen bisnis lain," bebernya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat mengungkapkan prediksi terhadap industri penerbangan di Indonesia ke depan. Dia bilang, pandemi Covid-19 menimbulkan ancaman kebangkrutan maskapai penerbangan.

"Transportasi mengalami situasi yang parah, dalam prediksi penurunan omzet 30%, bahkan sektor udara lebih dari 50%. Ini tentu membuat ancaman bangkrut," ujar Budi Karya, Selasa (11/8/20).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi

Sabtu, 19 September 2020 - 21:05 WIB

Sudah 22 Tahun Menyehatkan Indonesia! Ini Pesan Bos Herbalife untuk Gaya Hidup Sehat

Jakarta–Pada hari ini, Herbalife Nutrition menggelar konser virtual dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-22 di Indonesia. Kegiatan ini sebagai awal dari rangkaian kegiatan gaya hidup…

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc

Sabtu, 19 September 2020 - 20:52 WIB

Pak Anies pun Bangga! Bank DKI Raih Penghargaan BUMD Marketeers Award

Jakarta-Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc.

Konferensi Pers Online Mesin Plastik & Karet Taiwan Excellence 2020

Sabtu, 19 September 2020 - 19:40 WIB

CEO TAITRA Walter Yeh: Mesin Plastik & Karet Cerdas Taiwan Mampu Hasilkan Produk Ramah Lingkungan Secara Efisien

Sebagai salah satu dari enam negara pengekspor mesin plastik dan karet terbesar di dunia, Taiwan dikenal karena menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang disempurnakan…

Zico Kemala Batin sebagai Country Manager akan memimpin ekspansi POPS

Sabtu, 19 September 2020 - 17:33 WIB

POPS Worldwide Ekspansi ke Indonesia

POPS siap hadir di Indonesia sebagai langkah terbaru dalam upaya ekspansi agresif ke seluruh Asia Tenggara. Mulai 19 September 2020, POPS akan mulai bergerak untuk menarik masyarakat Indonesia…

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Sabtu, 19 September 2020 - 17:00 WIB

HRIS Berbasis Cloud Jadi Solusi yang Relevan Dukung Produktivitas Kerja

Untuk mendukung bisnis dan perusahaan tetap berjalan secara optimal di tengah pandemi ini, dibutuhkan tools yang dapat membantu perusahaan dalam mengakses data perusahaan dengan mudah serta…