Dear Pak Jokowi! Modal Kerja untuk UMKM Bakal Sia-sia Tanpa Adanya Kepastian Pasar

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Agustus 2020 - 14:43 WIB

Iluistrasi stimulus modal kerja
Iluistrasi stimulus modal kerja

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah kan segera merealisasikan program penyaluran uang tunai bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Tak tanggung-tanggung, jumlah anggaran yang merupakan percepatan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) ini mencapai Rp2,8 triliun.

Namun, sejumlah pihak merasa pemberian bantuan modal kerja kepada pelaku UMKM dari pemerintah akan sia-sia tanpa adanya kepastian pasar.

"Stimulus pendanaan atau modal kerja kepada UMKM dirasa belum cukup. Para pelaku usaha juga harus diberikan kepastian pasar setelah melakukan proudksi dan strategi produksi," kata Ekonom Isntitute for Development of Economics adn Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah juga memperhatikan dua faktor tersebut, karena jika UMKM memproduksi barang-barang yang di saat pandemi Covid-19 tidak terlalu banyak permintaan tentu pelaku UMKM akan mendapatkan dampak negatif.

"Tentu ini perlu adanya pendampingan, panduan sampai ke akses pasar. Kalau modal kerja mungkin untuk yang kesekian," terangnya.

Heri juga menyinggung terkait program kartu Prakerja yang juiga dibutuhkan oleh pelaku UMKM, dimana perlu dilakukan penyesuaian dari konten kurikulum dengan kebutuhan saat ini. 

"Jika kita lihat saat ini, konten kurikulumnya belum in line dengan kebutuhan saat ini, sehingga dampaknya terhadap peningkatan kapasitas skill dari pelaku UMKM mungkin tidak terlihat atau minim hasilnya," tutup Heri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) (Foto Ist)

Jumat, 18 September 2020 - 15:02 WIB

Kemenkes Sudah Melakukan Tugasnya dengan Baik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat banyak pegawainya yang terinfeksi virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19. Pegawai Kemenkes yang terpapar Covid-19 dan mengalami gejala ringan diminta menjalani…

Petani Riau siap membasmi hama ulat grayak

Jumat, 18 September 2020 - 14:08 WIB

Atasi Serangan Ulat Grayak Pada Padi, Riau Lakukan Gerakan Pengendalian

Menanggapi adanya laporan serangan hama ulat di Kecamatan Kuntan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang menyerang ratusan hektar lahan sawah, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu…

Prajurit Marinir Beruang Hitam Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Jumat, 18 September 2020 - 14:00 WIB

Prajurit Marinir Beruang Hitam Sukses Budidaya Ikan Air Tawar

Menjadi salah satu seorang Prajurit TNI, khususnya Marinir merupakan anugrah yang patut di syukuri dan amanah. Selain menjadi abdi Negara di kedinasan Batalyon Infanteri 9 Marinir/Beruang Hitam…

Ilustrasi Migas

Jumat, 18 September 2020 - 13:59 WIB

PGN SAKA Komitmen Jalankan Proyek Pengembangan Lapangan Sidayu dan West Pangkah

PT Saka Energi Indonesia (PGN SAKA) sebagai Anak Perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas), tetap berkomitmen menjalankan dua proyek pengembangan…

Anggota Komisi I DPR RI - Rizki Aulia Natakusumah (Photo by Parlementaria Terkini DPR)

Jumat, 18 September 2020 - 13:30 WIB

Komisi I Dukung Pembangunan Jaringan Telekomunikasi di Daerah 3T

Menurut Rizki Aulia Natakusumah, digitalisasi merupakan keniscayaan, karena masih banyak masyarakat yang belum tersentuh akses internet, bahkan layanan telekomunikasi.