Bangun Mental Enterpreneurship Siswa SMK di Masa Pandemi, Pertamina Lubricants Luncurkan Program Enduro Home Service

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:00 WIB

Program Enduro Home Service (EHS)
Program Enduro Home Service (EHS)

INDUSTRY.co.id - Padang – Dalam upayanya untuk berkontribusi terhadap pengembangan SDM unggul di Indonesia, PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang mengelola usaha pelumas otomotif dan industri domestik dan internasional kembali meluncurkan program CSR Enduro Home Service sekaligus meresmikan bengkel Enduro Express di SMK Muhammadiyah I Padang, Sumatera Barat pada hari Selasa (11/7). 

Peluncuran bengkel ditandai dengan pemotongan pita oleh Fuad Asiffa, Sales Area Manager Retail Sumbar, Riau dan Kepri PT Pertamina Lubricants, Drs. Zulkamil, M.T. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah I Padang dan Amriman S.pd, M.M selaku Ketua Yayasan Muhammadiyah Padang serta disaksikan oleh perwakilan siswa peserta Enduro Home Service jurusan otomotif kendaraan ringan/ teknis perbengkelan SMK Muhammadiyah I Padang. 

Enduro Home Service (EHS) adalah program kerjasama dengan pihak sekolah menengah kejurusan (SMK) yang memiliki jurusan otomotif/Bengkel Motor di Indonesia. 

Dalam kerjasama tersebut ada berbagai pelatihan yang diberikan yakni pelatihan product knowledge tentang Pelumas dan system pelumasan, sales technique, manajemen pemasaran dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship). 

Dengan dijalankan serangkaian pelatihan ini, diharapkan peserta/siswa SMK dapat memberikan jasa layanan yang mampu dimanfaatkan dan membantu masyarakat yang membutuhkan jasa perbaikan atau servis ringan dari rumah. 

Di masa pandemi Covid-19, seluruh kegiatan pelatihan teori peserta EHS dilakukan secara digital dan pelatihan bersifat teknis ditempat akan tetap  dengan menerapkan protokol Covid-19 seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) secara disiplin. 

Dalam kerjasama ini, PT Pertamina Lubricants juga memberikan bantuan ruang belajar secara real yakni penyediaan bengkel Enduro Express yang dibangun diarea sekolah dan telah dilengkapi dengan peralatan (toolkits) dan paket Pelumas Pertamina Enduro Series sehingga bengkel dapat berfungsi secara optimal sebagai tempat belajar berwirausaha dengan mengelola bengkel, menjual pelumas dan perawatan atau servis ringan serta ganti oli motor kendaraan roda dua. 

Enduro Home Service batch pertama ini melibatkan siswa kelas XI dan kelas X yang mengikuti mata pelajaran otomotif dan kewirausahaan. 

Setiap siswa ditugaskan untuk mencari 10 customer dan melakukan pendataan layanan sepeda motor yang diinginkan. Siswa lalu berkoordinasi dengan bengkel Enduro Express di sekolah untuk dipinjamkan peralatan servis dan wearpack yang dapat digunakan saat melakukan layanan dari rumah ke rumah yang menjadi persyaratan kelulusan mata pelajaran kewirausahaan ini. 

Iwan Ridwan Faizal Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants mengatakan, EHS merupakan upaya sinergi yang bertujuan untuk membangun mental entrepreneurship yang nantinya dapat menjadi bekal dimasa depan sehingga SDM di Indonesia dapat tetap produktif, mandiri dan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa. 

"Diharapkan ESH dapat menjadi wadah pembelajaran yang positif dalam bidang otomotif dan dapat menumbuhkan semangat serta motivasi belajar dan bekerja, khususnya disaat pandemi Covid-19 ini," ungkap Iwan Ridwan Faizal.

Program CSR Enduro Home Service merupakan pengaplikasian program Link & Match Inisiasi dari Kementerian Perindustrian yang telah berjalan oleh PT Pertamina Lubricants sejak tahun 2019 dan sudah melibatkan 23 SMK dipenjuru negeri. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…