Sambut Piala Dunia U-20, Daerah Diminta Kembangkan Konsep ‘Sport Tourism’

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 13 Agustus 2020 - 10:15 WIB

Anggota Komisi X DPR RI A.S Sukawijaya (Photo by Suara.com)
Anggota Komisi X DPR RI A.S Sukawijaya (Photo by Suara.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI A.S Sukawijaya meminta daerah-daerah yang nantinya ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 untuk mempersiapkan konsep sport tourism. Sport tourism secara harfiah merupakan kegiatan pariwisata yang dipadukan dengan kegiatan olahraga.

Dalam hal ini, daerah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 diminta menggenjot sektor pariwisata supaya penonton yang hadir mampu menikmati sepak bola sambil berwisata.

“Selain infrastruktur Piala Dunia yang harus diperhatikan, saya sebagai anggota Komisi X mengimbau kepada daerah-daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk mempersiapkan sektor pariwisata. Jadi para penonton yang hadir bisa nonton bola sekaligus piknik,” ujar Yoyok Sukawi, sapaan akrab A.S Sukawijaya melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (13/08/2020).

Sejauh ini, PSSI sendiri sudah menetapkan enam daerah untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yakni Palembang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali. Dari enam daerah ini, setiap daerah memang memiliki identitas pariwisata tersendiri yang berpotensi menghasilkan devisa dan menggerakkan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah bergulirnya event Piala Dunia U-20.

“Istilahnya menggabungkan olahraga sama pariwisata. Kekayaan alam, budaya, serta kuliner di Indonesia begitu banyak dan itu harus dimanfaatkan ketika ada event internasional seperti Piala Dunia yang bisa jadi ajang mempromosikan pariwisata Indonesia,” imbuh politisi Fraksi Partai Demokrat ini. Meski demikian, keputusan final soal tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 akan ditentukan langsung oleh FIFA yang dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tenaga Medis Memeriksa Sampel darah Pasien

Senin, 21 September 2020 - 14:16 WIB

Gawat! Lampaui Singapura, Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Semakin Mengkhawatirkan

Kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta kian hari kian meningkat dan semanakin mengkhawatirkan. Dilansir dari data Dinas Kesehatan DKI Jakarta kasus terkonfirmasi positif Jakarta telah…

Teknologi McAfee

Senin, 21 September 2020 - 14:00 WIB

Waspada Ancaman Kejahatan Siber Makin Marak di Masa WFH

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan online, sangat penting bagi netizen Indonesia untuk melindungi diri dari ancaman yang terus meningkat. Solusi dari McAfee dapat membantu…

Ilustrasi paket data

Senin, 21 September 2020 - 13:45 WIB

Kabar Gembira untuk Para Pelajar! Bantuan Kuota Data Internet dari Kemendikbud Bakal Cair Besok

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terbitkan Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

Kepulangan 9 WNI dari Libya (Photo by Kemlu)

Senin, 21 September 2020 - 13:15 WIB

Pandemi Covid-19, KBRI Tripoli Bantu Pemulangan 9 WNI ke Tanah Air

KBRI Tripoli menggandeng KJRI Istanbul untuk melakukan pendampingan para WNI selama transit hingga BP2MI terkait penjemputan di Bandara Soekarno-Hatta dan pengaturan kepulangan mereka.

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

Senin, 21 September 2020 - 12:45 WIB

OJK: Keuangan Syariah Tumbuh Positif Sepanjang 2020

Ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus kita dorong perannya dalam membangkitkan perekonomian nasional. Apalagi, potensinya yang begitu besar dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah…