Peduli Pelestarian Lingkungan, Pelindo 1 Tanam 2020 Mangrove

Oleh : Herry Barus | Kamis, 13 Agustus 2020 - 08:00 WIB

Penanaman bibit mangrove di pesisir Danau Siombak yang dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin, Dirpolair, Camat Medan Belawan dan Marelan serta Rektor Pancabudi.
Penanaman bibit mangrove di pesisir Danau Siombak yang dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin, Dirpolair, Camat Medan Belawan dan Marelan serta Rektor Pancabudi.

INDUSTRY.co.id - Medan- Peduli terhadap lingkungan dan pendidikan, Pelindo 1 bantu 17 juta untuk Rumah Baca tahap I, 8 set alat pangkas, 2020 bibit mangrove dan pangkas gratis 75 anak

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus mewujudkan kepedulian dan komitmen untuk berkontribusi nyata bagi dunia pendidikan dan kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian ekosistem laut di wilayah pesisir Belawan yang menjadi wilayah kerja Pelindo 1.  Salah satunya melalui kegiatan penanaman mangrove, dimana mangrove merupakan  ekosistem yang memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, pencegah abrasi dan erosi, dan memperbaiki kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali. 

Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan ini dan dalam rangka menyambut  HUT RI ke-75 tahun, Pelindo 1  hadir dengan melakukan rangkaian program CSR (Corporate Social Rensposibility) dengan tema “Cintai Mangrove Sejak Dini”, yang diisi dengan berbagai kegiatan yang mencerminkan angka HUT RI ke-75 seperti  penanaman 2.020 bibit mangrove, bantuan 8 set alat pangkas, bantuan untuk Rumah Baca Merah Putih sebesar  17 juta tahap I dan 13 juta tahap II, serta pangkas gratis untuk 75 orang anak. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2020 bertempat di Danau Siombak, yang bekerjasama dengan Rumah Mangrove Indonesia dan Rumah Baca Merah Putih.

Penanaman mangrove ini dilakukan di 2 (dua) lokasi, yaitu di sepanjang pesisir Danau Siombak, Kec. Medan Marelan dan muara sungai Bagan Deli, Kec. Medan Belawan.

 “Kita harapkan dengan penanaman mangrove ini dapat memperkuat pesisir dan mengurangi abrasi pantai, dan berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini kita juga mengedukasi masyarakat dan anak-anak yang merupakan generasi muda, agar peduli pentingnya menjaga ekosistem laut bagi kelestarian lingkungan kita, dimana hal ini adalah salah satu bentuk kontribusi kita bagi negara,” ujar Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama dalam sambutannya.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Pelindo 1. “Hutan mangrove sangat berfungsi sebagai pagar terdepan menjaga garis pantai, kemudian juga berguna sebagai tempat berkembang biak biota laut, hingga menyediakan ekosistem alami serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat di sekitarnya.  Hari ini kita melakukan penanaman mangrove sebagai bentuk kecintaaan terhadap tanah air dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-75. Saya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan menanamkan kecintaan mangrove sejak dini kepada anak-anak kita,  guna memberikan kesehatan bagi keluarga dan anak cucu kita kelak, ” jelas Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin.

Selain penanaman bibit mangrove, Pelindo 1 juga memberikan bantuan sebesar 30 juta  untuk Rumah Baca Merah Putih yang ada di Danau Siombak yang di berikan secara bertahap, dimana tahap I diserahkan sebesar 17 juta dan tahap kedua sebesar 13 juta,  bantuan 8 set alat pangkas rambut untuk King of Hair Academy, dan mengadakan kegiatan pangkas gratis untuk 75 orang anak yang bermukim di sekitar Danau Siombak.

 “Bantuan ini akan dimanfaatkan untuk renovasi fasilitas Rumah Baca Danau Siombak dan penambahan buku-buku sehingga anak-anak yang belajar didalamnya mendapatkan akses perpustakaan dan buku yang baik,” jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Anak-anak yang mendapatkan bantuan pangkas gratis ini juga dibekali dengan edukasi tentang peran penting pelabuhan dan dunia maritim yang bertujuan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia maritim sejak dini. “Selain itu kami juga mengajarkan tentang pedoman protokol kesehatan serta edukasi tentang manfaat tanaman mangrove bagi kelestarian lingkungan yang dibawakan oleh Wibi Nugraha, penggiat manvrove di Kota Medan dan Erlianto,  penggiat mangrove di Taman Wisata Danau Siombak,"  jelas Fiona.

Selain dihadiri oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin beserta jajarannya, kegiatan penanaman mangrove ini juga dihadiri segenap jajaran Direksi Pelindo 1, Camat Medan Belawan, Camat Medan Marelan, Danramil Medan Marelan, Rektor Universitas Pancabudi, dan para penggiat lingkungan di Kota Medan.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.