Airlangga Bantah Pilih Kasih Soal Promosi Kawasan Industri: KIB Gratis, Kalau 70 Kawasan Lain Mau Ikutan, Silahkan

Oleh : Ridwan | Rabu, 12 Agustus 2020 - 16:10 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta kalangan pengusaha kawasan industri tidak memandang pemerintah pilih kasih dalam menawarkan sejumlah kawasan industri kepada investor asing yang ingin merelokasi pabriknya di Indonesia.

Seperti diketahui, pemerintah tengah fokus mengembangkan kawasan industri terpadu (KIT) Batang di Jawa Tengah dan Subang di Jawa Barat untuk menampung relokasi pabrik sejumlah perusahaan asing di Indonesia.

Dijelaskan Airlangga, kawasan industri Batang dan Subang yang sering disebut pemerintah sewa lahannya gratis selama 5 hingga 10 tahun. Sedangkan 70 kawasan industri yang disebut pengusaha merupakan kawasan industri berbayar. 

Menurutnya, jika pengembang kawasan industri bersedia untuk memberikan tawaran serupa, pemerintah dengan senang hati akan ikut mempromosikan kepada calon investor.

"Bagi 70 kawasan industri yang mau ikut-ikut gratis, dipersilahkan, tidak ada larangannya dan Menteri Perindustrian siap mempromosikannya," terang Airlangga.

Lebih lanjut, Menko Airlangga mengungkapkan, pihaknya telah menerima kabar bahwa di Batam, Bintan dan Karimun akan menyediakan lahan gratis sekitar 50 hektare.

"Jadi, apapun warnanya, yang penting bisa menangkap investasi. Itu yang didorong pemerintah," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Properti dan Kawasan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang juga Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar mengatakan, saat ini ada 70 kawasan industri yang sudah siap dan tersedia di seluruh Indonesia sebagai tempat relokasi investasi sejumlah perusahaan asing.

"Dari pengembang kawasan, kami mendukung rencana di Batang dan Subang, hanya saja pada saat ini ada 70 kawasan industri yang sebetulnya sudah siap untuk menerima relokasi industri. Agar supaya teman-teman ini bisa tetap diberi semangat," kata Ketua Properti dan Kawasan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sanny Iskandar dalam Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkornas) Apindo 2020 yang digelar secara virtual di Jakata, Rabu (12/8/2020).

Disisi lain, tambah Sanny, pihaknya mengapresiasi perhatian pemerintah terhadap pengembangan kawasan pariwisata dan ekonomi, tapi pengusaha meminta dukungan pemerintah dalam pengembangan bisnis kawasan industri.

"Dukungan pemerintah sangat penting untuk pengembangan bisnis kawasan industri," terang Sanny yang juga menjabat Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI). 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…