Pelatih PERSIB Robert Alberts Akui Kondisi Kesehatannya Semakin Membaik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 Agustus 2020 - 17:00 WIB

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Ist)
Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung-Pelatih PERSIB Robert Alberts menyatakan kondisi kesehatannya semakin membaik setelah menjalani pemulihan intensif akhir-akhir ini.

Sebagaimana diketahui, pelatih asal Belanda ini sempat terkena serangan jantung pada akhir Juli lalu, yang membuat dirinya harus mendapatkan perawatan dan tindakan di rumah sakit.

Dalam dua kali latihan kemarin, Robert mengaku tak mengalami keluhan saat memimpin sesi. Meski banyak kegiatan yang dibatasi, pelatih asal Belanda itu merasa optimistis akan pulih seratus persen dalam waktu dekat ini.

“Saya menjalani pemulihan kondisi dengan sangat baik. Dokter mengatakan saya berada di jalur yang benar dalam hal pemulihan ini. Tapi saat ini saya tidak bisa terlalu aktif tentunya setelah terkena serangan jantung itu, tapi saya selalu siap untuk memimpin sesi latihan setiap hari,” jelasnya, Rabu 12 Agustus 2020.

Saat ini, Robert masih fokus memberikan materi latihan fisik dan mengembalikan sentuhan bola anak asuhnya. Ia pun berharap sesi game internal 11 vs 11 yang banyak akan mengembalikan game feeling timnya sebelum melanjutkan kompetisi nanti.

"Game 11 vs 11 menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga sentuhan bola pemain. Mereka sudah lama tidak turun untuk tampil di pertandingan. Hasilnya cukup bagus, semua pemain antusias dan bersemangat," tandasnya.

Sementara itu dari berbagai informasi yang dirangkum, setelah sempat berhenti karena pandemi Covid-19, PERSIB kembali menggelar sesi latihan bersama, mulai Senin 10 Agustus 2020 kemarin di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Raut wajah ceria terpancar di seluruh pemain, pelatih dan ofisial. Tak heran, karena ini adalah momen yang dinantikan mereka sejak lama. Semuanya tampak antusias tanpa terkecuali.

Stadion GBLA pun seolah kembali hidup. Suara kicauan burung di pagi hari terdengar jelas seakan menyambut riang kembalinya sang Pangeran Biru.

Kendati begitu, belum semua pemain dapat berkumpul di latihan perdana. Nama-nama seperti Geoffrey Castillion, Wander Luiz dan Zulham Zamrun masih tertahan di kampung halamannya dan harus menunggu jadwal keberangkatan yang paling memungkinkan.

Begitu juga dengan Febri Hariyadi dan Beckham Putra Nugraha. Keduanya masih harus absen lantaran sedang mengikuti pemusatan latihan bersama Tim Nasional Indonesia.

Yang paling menarik dari permulaan ini adalah banyaknya kebiasaan baru. Hal itu adalah sederetan regulasi mengenai protokol kesehatan. Di depan pintu masuk stadion terdapat tempat untuk mencuci tangan dengan sabun. Dedi Kusnandar dan kawan-kawan sama sekali terlihat tak keberatan untuk sejenak berhenti membersihkan tangan.

Sebelum latihan, semua peralatan dan sejumlah spot penting disemprot dengan disinfektan. Tentunya, kita tak akan pernah melihat pemandangan seperti ini bila tak ada pandami.

Dokter tim, M. Rafi Ghani datang lebih pagi. Bukan untuk memulihkan cedera. Ia berdiri di pintu ruang ganti memegang thermo gun. Ia terus memastikan, semua pemain, pelatih, staf ofisial dan media yang masuk ke stadion dalam keadaan yang sehat.

Sekali lagi, PERSIB tampak tak keberatan dengan semua kebiasaan baru ini. Mungkin ini adalah bagian dari pembelajaran untuk bisa hidup bersih dan sehat ada atau tidak adanya pandemi.

Pelatih Robert Alberts mengatakan dirinya sudah lama merindukan kegiatan berlatih dan bertanding. Dalam sesi wawancara Senin 10 Agustus 2020 kemarin, ia berharap semua yang terlibat di sesi latihan bisa terus disiplin terhadap protokol kesehatan yang berlaku.

“Kami sudah menantikan momen ini sejak bulan lalu dan saya senang semuanya berjalan lancar terutama ketika mendengar semua pemain dan staf mendapat hasil negatif dari tes kemarin. Tentunya semua harus tetap disiplin dan menjalani latihan dengan baik, " kata Robert setelah memimpin latihan kemarin.

Hal serupa juga diungkapkan Rafi Ghani. Bagi dia, menjaga jarak dalam berkegiatan bukan berarti tidak bersatu. Sebab untuk saat ini, menjaga jarak antar sesama adalah salah satu cara ampuh untuk menghindari wabah Covid-19 sampai nanti ditemukannya vaksin.

“Mohon untuk semua menghormati protokol kesehatan karena ini demi kebaikan PERSIB dan bobotoh juga. Hal seperti berfoto bersama tidak bisa dilakukan karena tidak menjaga jarak. Sekali lagi, kita sama-sama ngahiji menjaga jarak demi menjadi kahiji di akhir musim nanti," tegasnya.

Meski saat ini PERSIB menerapkan banyak kebiasaan baru, kita perlu yakin bahwa tim ini tetap punya semangat yang sama seperti di awal kompetisi kemarin, yakni menjadi juara.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…