Tinjau Lab Vaksin Covid-19, Jokowi: Bio Farma Akan Produksi 250 Juta Dosis Vaksin Pertahun

Oleh : Candra Mata | Rabu, 12 Agustus 2020 - 08:02 WIB

Presiden Jokowi di Bio Farma
Presiden Jokowi di Bio Farma

INDUSTRY.co.id - Bandung, Pandemi Covid-19 telah menginfeksi sekitar 19,7 juta penduduk di 215 negara dan menyebabkan 728 ribu jiwa meninggal dunia. 

Di Indonesia sendiri, sampai hari ini tercatat 127.083 orang positif Covid-19, dengan 82.236 orang sembuh dan 5.765 orang meninggal dunia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat lawatannya ke PT Bio Farma di Bandung Jawa Barat Selasa kemarin (12/8).

Menurut Jokowi, ancaman virus Covid-19 ini belum akan selesai hingga nanti vaksin ditemukan dan diberikan  kepada seluruh rakyat.

"Karena itulah, dari Kota Bandung hari ini, saya kembali mengingatkan beberapa upaya untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Salah satunya berupa strategi intervensi berbasis lokal yakni penanganan dalam cakupan wilayah yang kecil. Melokalisir Covid-19 dalam wilayah kecil akan lebih memudahkan kita karena selain tidak akan mengganggu wilayah yang besar, dari sisi ekonomi kita tidak terganggu banyak," ungkap Jokowi.

Untuk itu dirinya mengingatkan masyarakat soal pentingnya penerapan protokol kesehatan seperti menggunakan masker,  menjaga jarak, cuci tangan, dan menghindari kerumunan. 

"Tetapi masker ini menjadi kunci. Ini akan menyelesaikan banyak hal yang berkaitan dengan Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, dikatakan Jokowi, saat ini, tim uji klinis dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran tengah melakukan uji klinis tahap ketiga terhadap bakal calon vaksin Covid-19. 

Menurutnya setelah uji klinis dilakukan dan vaksin dinyatakan siap, maka Bio Farma akan memproduksinya dalam jumlah besar.

"Bio Farma sanggup memproduksi vaksin dalam jumlah 100 juta dosis per tahun, bahkan pada akhir tahun nanti kapasitasnya ditingkatkan hingga  250 juta dosis per tahun," tegas Jokowi.

"Saya telah melihat sendiri kesiapan dan fasilitas produksi milik BUMN Bio Farma di Kota Bandung, hari ini," pungkasnya.

Perlu diketahui, Bio Farma merupakan perusahaan yang telah berdiri lebih dari 100 tahun.

Bio Farma sejatinya telah memproduksi aneka vaksin yang telah dikirimkan ke lebih dari 140 negara, baik vaksin polio, difteri, BCG, dan lain-lain. Saat ini, Bio Farma tengah memproduksi vaksin Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…