Hai 13 Juta Pekerja! Ini Janji Jokowi: Bantuan Sosial Rp600 Ribu per Bulan Cair Pekan Depan

Oleh : Ridwan | Selasa, 11 Agustus 2020 - 12:35 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan bantuan sosial untuk pekerja bisa segera dicairkan dalam kurun waktu 2 minggu lagi. 

Kepastian itu ia sampaikan saat memberikan arahan dalam kunjungannya ke Bandung untuk meninjau penanganan COVID-19, Selasa (11/8/2020).

Bantuan berupa subsidi gaji tersebut bakal diberikan kepada setidaknya 13 juta pekerja. Dengan besaran bantuan Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan.

"Insyaallah dalam seminggu, dua minggu ini sudah keluar," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menegaskan bahwa penerima insentif tersebut harus dipastikan berbeda dengan peserta Kartu Prakerja. 

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pekerja yang bisa menerima adalah yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

"Ini di luar 10 juta yang Kartu Prakerja, beda lagi. Prakerja itu untuk yang kena PHK, kalau ini tadi untuk yang masih kerja juga akan diberikan bantuan, tapi yang ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan, bantuan untuk pekerja berpenghasilan di bawah Rp 5 juta ini perlu dipercepat untuk mendorong daya beli masyarakat kelas menengah. Dengan begitu, ia yakin ekonomi akan kembali membaik.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengaku masih optimistis perekonomian di kuartal ketiga masih berpeluang untuk kembali positif.

"Saya optimistis di kuartal ketiga kita akan lebih baik, kita ingin positif tapi perlu kerja keras. Juli, Agustus, September menentukan, kita belanjakan sesegera mungkin. Kemungkinan kita kembali ke positif masih ada peluang," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SKK Migas (Foto IST)

Selasa, 22 September 2020 - 10:51 WIB

Pertahankan Capaian Lifting Migas 2020 Ini Enam Strategi yang Dilakukan SKK Migas

Plt. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Susana Kurniasih mengatakan keenam strategi ini merupakan hasil pemikiran serta diskusi antara SKK Migas – Kontraktor Kontrak Kerja Sama…

Menko Marves Luhut B. Pandjaitan

Selasa, 22 September 2020 - 10:48 WIB

Protokol Terapi Penanganan COVID-19 Disusun, Menko Luhut Minta Kemenkes Segera Terapkan di 8 Provinsi Utama

Usai disosialisasikan, Menko Luhut meminta Kemenkes untuk melakukan pendampingan implementasi termasuk memberikan pelatihan bagi dokter dan tenaga kesehatan lalu memonitor pelaksanaannya.

Pilkada 2020 (Foto Dok PR)

Selasa, 22 September 2020 - 10:34 WIB

Tidak Sampai Tiga Bulan Lagi Pilkada Serentak Tetap Diselenggarakan

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan Covid 19, Komisi II DPR RI meminta KPU RI untuk segera merevisi PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang…

Wisma atlet Kemayoran

Selasa, 22 September 2020 - 10:30 WIB

Tower 4 Wisma Atlet Sudah Dibuka untuk Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

Pembukaan tower sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 dengan kondisi orang tanpa gejala (OTG) tersebut sesuai dengan target yang diperhitungkan sebelumnya.

 PT Pegadaian (Persero)

Selasa, 22 September 2020 - 10:26 WIB

PT Pegadaian Dukung Batik Pacitan dan Ayaman Karya

Dalam perannya sebagai perusahaan negara serta sebagai korporasi yang bertanggung jawab, Pegadaian berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan pengembangan masyarakat (community development) selaras…