Ekonomi Lumpuh! Ini Saran DR Basuki Ranto Agar UMKM Bisa Menjadi Pemulih Ekonomi Nasional

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 11 Agustus 2020 - 07:15 WIB

DR. Basuki Ranto
DR. Basuki Ranto

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Setelah berbagai kebijaksanaan Pemerintah terkait dengan pembatasan penyebaran Covid 19 mulai dari PSBB sampai menuju New Normal . PSBB melalui menghentikan kegiatan : bekerja , belajar dan beribadah (3B) dari rumah berakibat terhentinya semua kegiatan ekonomi dan dampaknya seperti yang dirasakan selama ini.

Ekonomi lumpuh, banyak pengangguran dan kemiskinan bertambah. Kebijakan lanjutan dilakukan dengan New Normal dengan dilatar belakangi suatu kondisi bahwa Covid 19 belum ada tanda berkurang . Melalui kebijakan masa transisi menuju New Normal sesungguhnya titik sasarnya adalah bagaimana agar perekonomian mulai bisa bergerak untuk mengurangi dampak yang lebih parah.

Untuk menggerakkan Pemulihan Ekonomi Nasional termasuk UMKM, ada beberapa saran yang disampaikan DR Basuki Ranto. Yaitu, agar UMKM secara berangsur bangkit kembali diperlukan beberapa langkah kebijakan diantaranya : pertama membuka kembali sentra perdagangan kebutuhan pokok secara terjangkau dan harga yang tidak bergejolak baik melalui pasar tradisonal maupun pusat-pusat perdagangan.

Menurut Basuki, sektor ini yang mampu membuka lapangan kerja mulai dari industri hulu sampai hilir. Berikutnya adalah membuka kembali usaha makanan dan minuman (kuliner) baik di usaha kaki lima maupun restoran yang akan membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja formal maupun informal. Hal yang tidak kalah penting adalah perlu dipikirkan bagaimana sektor pariwisata bisa mulai dibuka khususnya untuk domestik yang berdampak pada hotel, restoran maupun industri kearifan lokal yang juga akan memberi dampak terhadap lapangan kerja.

Sektor industri yang berkait dengan keterlibatan UMKM juga menurut Basuki, perlu menjadi perhatian untuk digerakkan kembali karena ini akan memberikan pengaruh berganda.

“Hal-hal tersebut merupakan daya dukung bergeraknya sektor perekonomian yang tentu saja perlu dilakukan tanpa mengabaikan sektor kesehatan denga tetap memperkuat protokol kesehatan dan manajemen pengendalian yang lebih baik,”ujarnya.

DR. Basuki Mengatakan, hingga saat ini, penyebaran Virus Covid 19 memukul perekonomian Indonesia tak terkecuali pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sebagaimana diketahui bahwa UMKM dalam perekonomian Indonesia memberi kontribusi 60,3% terhadap total produk domestik brutto (PDB) Indonesia. Dari sisi tenaga kerja UMKM menyerap 97% total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja dariJumlah UMKM yang tercatat lebih dari  64,2 juta unit,”ujarnya.

Menurut Deputy restruturisasi usaha Kementerian Koperasi UMKM (Berita Satu Com) terdapat 185.184 pelaku UMKM dan 2.322 Koperasi terdampak Covid 19. Jenis usaha yang terbanyak adalah makanan dan minuman untuk pelaku UMKM dan penyedia kebutuhan sehari-hari untuk Koperasi. Hal tersebut juga berdampak kepada sektor tenaga kerja. Terdapat sekurangnya 2,8 juta pekerja di PHK dan dirumahkan akibat berhentinya operasional perusahaan dimana mereka bekerja.

Berbeda dengan data dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) pekerja yang di PHK dan dirumahkan akibat pandemik Covid 19 mencapai lebih dari enam juta, dan terbanyak untuk sektor Pariwisata yaotu : Hotel, Restoran dan Katering (HoReKa).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito

Rabu, 23 September 2020 - 09:35 WIB

Mohon Dicatat, Pemerintah Tak Akan Mentolerir Aktivitas Politik yang Berpotensi Tingkatkan Penularan COVID-19

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan, soal protokol kesehatan selama pilkada telah dijamin Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui peraturan No. 6 dan No. 10 Tahun…

Ketua DPR RI - Puan Maharani

Rabu, 23 September 2020 - 09:15 WIB

Pandemi Covid-19, Ketua DPR Apresiasikan Lonjakan Aktivitas Olahraga Pada Masyarakat

Puan meminta Pemerintah merespons tingginya minat berolahraga masyarakat dengan memfasilitasi sarana berolahraga yang memadai, aman, dan nyaman.

Pupuk Indonesia

Rabu, 23 September 2020 - 08:59 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pasokan Pupuk Jelang Musim Tanam

Para produsen pupuk yang terdiri dari PT Pupuk Kaltim, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Iskandar Muda dan PT Pupuk Sriwidjaja telah menyiapkan total stok pupuk bersubsidi yang…

Mappilu PWI Kunjungi Kapolri yang Diwakili Asops Kapolri, Irjen. Pol. Imam Sugianto, M.Si. di Mabes Polri

Rabu, 23 September 2020 - 08:45 WIB

Mappilu PWI Minta Ketegasan Polri Bagi Pelanggar Protokol Kesehatan Pilkada 2020

'Roadshow’ ini dalam rangka persiapan diskusi yang dilatar belakangi oleh gelaran Pilkada Serentak 2020 yang oleh banyak kalangan diminta untuk ditunda meski oleh Pemerintah dan DPR ditetapkan…

Pemakaman Pasien Covid-19

Rabu, 23 September 2020 - 08:44 WIB

Dunia Masih Berduka! Ini 10 Negara dengan Kasus Corona Terbanyak di Dunia Saat Ini

Jakarta - Virus corona (Covid-19) semakin merajalela. Per Rabu (23/9/2020) ini sudah ada 31.750.386 orang yang terinfeksi secara global.