Ajak Warga Produktif di Rumah Selama Pandemi, Mahasiswa Ini Tawarkan Cara Memasak Mudah Makanan Bergizi

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:30 WIB

Mahasiswa Seni kuliner - Fabian Aditya Amalo
Mahasiswa Seni kuliner - Fabian Aditya Amalo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat dihimbau untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah. Untuk tetap dapat produktif walaupun di rumah saja, Mahasiswa seni kuliner Fabian Aditya Amalo memberikan tips dan trik sederhana memasak di rumah. Pada kesempatan kali ini, Fabian melakukan demo masak Croissant Sandwich secara langsung di Media Center Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

“Untuk hari ini saya mempraktekkan langsung memasak Croissant Sadwich. Sebenarnya saya memilih croissant ini karena menambah cita rasa uniknya. Sekarang ini kita menambah rasa kemewahan sehingga walaupun hanya makan di rumah saja, tapi tetap bergizi dan suasananya tidak kalah dengan makan di luar,” ujar Fabian saat melakukan demo masak di Graha BNPB, Jakarta melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Minggu (9/8/2020).

Dalam pemilihan croissant untuk diolah, Fabian beranggapan bahwa setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Fabian menambahkan bahwa waktu penyimpanan croissant bergantung pada jenis croissant yang dipilih.

“Sebenarnya semua roti atau kue itu sebenarnya based sama selera mereka masing-masingKalau saya lebih suka yang dia (croissant) seratnya ini agak bolong-bolong,” ucap Fabian.

Selanjutnya, Fabian menjelaskan berbagai jenis croissant antara lain frozen dan fresh. Untuk croissant fresh dapat bertahan sekitar 3-4 hari di suhu ruangan biasa dan jika ingin dikonsumsi kembali, harus dipanaskan dengan cukup menggunakan oven atau teflon.

Saat memasak Croissant Sandwich, diperlukan pula sayuran sebagai bahan tambahan. Dalam hal ini, Fabian menyampaikan tips dan trik menjaga sayuran tetap segar untuk dikonsumsi. Fabian menambahkan bahwa tomat hanya dapat bertahan 2 hingga 3 hari.

“Sebaiknya digunakan secepatnya, karena sayur itu merupakan tanaman, ya. Sedikit tips saja kalau saya biasanya menyimpan sayur di dalam kulkas itu saya taruh mangkok lalu saya tambahkan air, baru dimasukkan kulkas. Jadi paginya jauh lebih fresh dibanding hanya ditaruh di dalam plastik aja. Tomat itu karena kadar airnya banyak, sekitar 2 sampai 3 hari itu sudah spoil. Jadi lebih baik digunakan secepatnya” tambahnya.

Lebih lanjut, Fabian menyarankan kepada masyarakat untuk menyimpan daging di bawah suhu dua derajat untuk meningkatkan kesegaran daging tersebut. Sedangkan saat ingin mengolah daging, Fabian merekomendasikan untuk mengeluarkan daging dari freezer selama satu malam terlebih dahulu.

“Kalau daging ini frozen. Jadi lebih baik di simpan di suhu di bawah dua derajat. Kalau di bawah dua derajat itu bisa meningkatkan life time dari daging itu. Jadi tidak cepet basi, tidak cepet busuk. Dibiarkan meleleh dulu, itu taruh di kulkas chiller bawah selama satu malam abis itu baru besok paginya bisa dipakai lagi,” ujar Fabian.

“Dalam proses meracik Croissant Sandwich, tips dan trik untuk menyusun bahan utama, yaitu omelet telur dan daging, pada lapisan paling bawah dan diikuti dengan bahan pelengkap, seperti sayur selada, tomat, keju slice,dan mayonaise. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penyusunan bahan dan Croissant Sandwich memiliki dua lapisan berbeda saat dimakan,” jelas Fabian.

Dengan memakan Croissant Sandwich sudah cukup memenuhi kebutuhan harian. Terlebih, menambahkan sayur pada menu ini sangat dianjurkan karena dapat mengikat lemak pada makanan sehingga tubuh tidak menyerap keseluruhan lemak yang ada di dalam makanan, memiliki serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, dan memiliki berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh sebagai salah satu cara mencegah penularan COVID-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…