Tingkatkan Sektor Logistik, Pelindo 1 Komitmen Tingkatkan Wilayah Barat Indonesia

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Agustus 2020 - 06:00 WIB

Pelabuhan Terminal Petikemas Belawan milik Pelindo 1
Pelabuhan Terminal Petikemas Belawan milik Pelindo 1

INDUSTRY.co.id - Medan- Semester I – 2020, Pelindo 1 Salurkan Bantuan Bina Lingkungan Rp 5,41 Miliar dan Program Kemitraan untuk UMKM  Rp 3,51 Miliar

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berkomitmen menjalankan aktivitas perusahaannya dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan hidup serta peningkatan kualitas hidup masyarakat. Untuk mewujudkannya, Pelindo 1 melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap kehidupan sosial dan lingkungan sekitar, khususnya di bagian barat Indonesia yang menjadi wilayah operasional Pelindo 1 yang meliputi empat provinsi: Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Sampai dengan semester I tahun 2020, Pelindo 1 telah merealisasikan program bantuan bina lingkungan sebesar Rp 5,41 Miliar yang disalurkan untuk bantuan korban bencana alam, pendidikan atau latihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana, sarana ibadah, pelestarian alam, serta bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan di seluruh wilayah kerja Pelindo 1.

Program-program unggulan bina lingkungan yang dilakukan Pelindo 1, antara lain: pembangunan taman bacaan di Gunung Sitoli, membangun jembatan Sei Padang, mengembangkan kawasan wisata di Pulau Penyengat, melaksanakan program Padat Karya Tunai (PKT) di Batam dengan membangun drainase dan MCK, merenovasi ruang belajar sekolah berbasis alam mangrove, membuat rambu laut bagi nelayan di Pulau Subi dan Pulau Laut Kepulauan Natuna, mengembangkan desa wisata Tomok yang berada di kawasan Danau Toba, menata lingkungan menjadi lebih bersih dan asri di sekitar Sungai Deli Medan, serta mengembangkan kampung wisata ramah anak di Belawan Bahari Medan.

“Selain program bina lingkungan, kami juga melakukan program kemitraan dengan mekanisme memberikan bantuan pinjaman permodalan dan pembinaan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Realisasi program kemitraan Pelindo 1 hingga semester I tahun 2020 ini sebanyak Rp 3,51 miliar yang disalurkan kepada mitra binaan dari berbagai sektor seperti: industri, perdagangan, pertanian, pertanian, peternakan, perkebunan, jasa, dan lainnya. Program ini merupakan dukungan pelindo 1 untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat,” jelas SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1, Imron Eryandy.

Selama masa pandemi Covid-19, Pelindo 1 terus aktif menyalurkan bantuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 terutama untuk pemenuhan kebutuhan alat kesehatan yang diperlukan tenaga medis serta bantuan yang disalurkan untuk masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi. Bantuan tersebut meliputi ribuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker N95/KN95, goggle, sarung tangan, hazmat suit, thermal gun, masker untuk disalurkan kepada rumah sakit rujukan Covid-19 dan Puskesmas yang beroperasional di wilayah kerja Pelindo 1; pemenuhan gizi bagi tenaga medis; penyemprotan disenfektan dan penyediaan hand sanitizer atau tempat cuci tangan di sejumlah titik fasilitas umum untuk menjaga kebersihan tangan masyarakat; pemasangan flyer dan spanduk di berbagai tempat publik; dan ribuan paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di seluruh wilayah kerja Pelindo 1.

Tahun ini Pelindo 1 meraih tiga penghargaan untuk pelaksanaan program CSR yakni: penghargaan TOP CSR Awards 2020 untuk kategori TOP CSR Awards 2020 “Bintang 4” dan TOP Leader on CSR Commitment 2020 kepada Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama yang diselenggarakan di Sultan Hotel Jakarta pada Rabu 29 Juli 2020 serta Silver Winner Sub Kategori Community Based Development pada apresiasi PR Indonesia Awards (PRIA) 2020 untuk penataan Pulau Penyengat.

“Kami berterima kasih dan sangat bangga dengan penghargaan yang diberikan kepada Pelindo 1. Hal ini merupakan wujud apresiasi terhadap program-program bina lingkungan yang dilaksanakan Pelindo 1 khususnya di bagian barat Indonesia. Kami terus berupaya untuk membangun dan mengembangkan daerah-daerah yang berada di sekitar wilayah kerja Pelindo 1 agar kemajuan Pelindo 1 selaras dengan kemajuan daerah yang berada di sekitarnya,” jelas Imron Eryandy, SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.