Asikk! September Gaji Tambahan Rp600 ribu dari Pemerintah 'Cair', Erick Thohir: Nanti Langsung Diberikan Per Dua Bulan ke Rekening Pekerja

Oleh : Candra Mata | Jumat, 07 Agustus 2020 - 08:35 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir ikut angkat suara terkait pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Rabu (5/8) tentang stimulus Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pegawai swasta yang berpenghasilan dibawah Rp5 juta rupiah.

Dirinya mengkonfirmasi hal tersebut benar adanya, dan saat ini skema bantuan sedang difinalisasi oleh internal Pemerintah.

"Tujuan pemerintah memberikan bantuan gaji tambahan ini untuk mendorong konsumsi masyarakat," ucap Erick beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurutnya upaya tersebut merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). 

"Fokus bantuan pemerintah kali ini adalah 13,8 juta pekerja non PNS dan bukan BUMN yang aktif terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150 ribu per bulan atau setara dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan," jelasnya.

"Kita rencanakan program ini sudah bisa berjalan di bulan September mendatang," sambungnya.

Dipastikan Erick juga, bantuan tersebut nantinya sejumlah Rp 600 ribu per bulan dan akan diberikan selama 4 bulan berturut-turut.

"Nanti akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja. Sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati  menegaskan sampai dengan akhir tahun 2020, pemerintah akan melakukan percepatan belanja untuk bisa melindungi masyarakat dan para pekerja dalam meningkatkan kemampuan daya beli.

"Pemerintah akan memberikan bantuan tambahan gaji bagi mereka yang berpendapatan di bawah Rp5 juta. Sekarang sedang diidentifikasi targetnya yang diperkirakan bisa mencapai 13 juta pekerja, anggarannya kira-kira sekitar Rp31 triliun," tegas Menkeu konferensi pers virtual Rabu (05/08).

Perlu diketahui juga sebelumnya, menurut Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo, pada Selasa (4/8), bantuan langsung tunai dari pemerintah untuk para pegawai atau pekerja swasta tersebut sebesar Rp600 ribu perbulan selama enam bulan kedepan.

"Bantuan ini perluasan di luar penerima (bansos) untuk membantu daya beli masyarakat. Mereka yang dapat bantuan ini dipastikan terdampak pandemi, tapi di luar penerima bansos," kata Yustinus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Pstore Peduli Akan Resmikan Klinik Merakyat

Minggu, 20 September 2020 - 05:41 WIB

Yayasan Pstore Peduli Segera Resmikan Klinik Merakyat Gratis Tanpa Syarat

Di tengah situasi ekonomi yang melemah akibat pandemi corona, banyak anggota masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan yang terjangkau. Bertolak dari hak tersebut Yayasan Pstore Peduli dalam…

Brigif 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Tempur

Minggu, 20 September 2020 - 05:30 WIB

Brigif 2 Marinir Tingkatkan Kemampuan Tempur

Latihan yang diselenggarakan Pantai Baruna Kondang Iwak ini merupakan daerah latihan baru Puslatpurmar 4 Purboyo Kolatmar yang dilaksanakan kurang lebih 1 minggu ini mengusung sejumlah materi,…

Kaesang Pangarep (Foto Dok PR)

Minggu, 20 September 2020 - 05:10 WIB

Kaesang Pangarep Putra Presiden Jokowi Sebagai Korban Penipuan Bisnis

Karopenmas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengungkapkan, opsi pertama yang mungkin bisa ditempuh penyidik yaitu memperlakukan para tersangka sesuai Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak…

Prajurit Pamtas Yonif 413 Kostrad Terlibat Pindahkan Rumah Panggung Warga Skouw Sae

Minggu, 20 September 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Pamtas Yonif 413 Kostrad Terlibat Pindahkan Rumah Panggung Warga Skouw Sae

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413/Bremoro Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han mengatakan bahwa proses pindah rumah yang dilaksanakan di Kampung Skouw Sae tersebut dinilai unik…

Kaskogartab II/Bandung Resmikan Musholla dan Donasi Paket Sembako

Minggu, 20 September 2020 - 04:30 WIB

Kaskogartab II/Bandung Resmikan Musholla dan Donasi Paket Sembako

Kegiatan Baksos yang diselenggarakan oleh Kogartap II/Bdg akan berjalan di setiap wilayah dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 22 September 2020 dengan sasaran masyarakat yang kurang mampu.…