Pertama di Indonesia! Inilah Brand-Brand yang Super Kreatif dan Sukses Memenangkan Persaingan di Era Kompetisi Bisnis yang Sangat Ketat

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:59 WIB

Tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya. Hanya brand dengan tim Research & Development yang super kreatif yang bisa memenangkan persaingan di era kompetisi bisnis yang sangat ketat ini.
Tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya. Hanya brand dengan tim Research & Development yang super kreatif yang bisa memenangkan persaingan di era kompetisi bisnis yang sangat ketat ini.

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk/jasa secara nyata telah memberikan dampak yang positif bagi sebuah brand untuk tetap survive dan bersaing di kompetisi bisnis yang sengit ini. Oleh karenanya, spirit inovasi dan kreativitas sebuah brand harus selalu diapresiasi dan dikembangkan guna menegaskan posisinya di mata konsumen mereka.

Beranjak dari fenomena inilah, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia kembali menghadirkan penghargaan Pertama di Indonesia dan Top Innovation Choice Award 2020, sebuah apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atas prestasi inovasi serta menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya sehingga mampu meningkatkan semangat kompetisi yang sehat dan mendorong semangat untuk berprestasi lebih baik di dunia bisnis.

Chief Executive Officer TRAS N CO Indonesia & Founder INFO BRAND Group, Tri Raharjo mengatakan bahwa penghargaan Pertama di Indonesia & Top Innovation Choice Award telah mendapatkan pengakuan dari seluruh stakeholder. Dimana penegasan atas inovasi pertama di kategorinya dapat menciptakan image positif di benak konsumennya.

“Oleh karenanya, ditengah persaingan bisnis yang sangat ketat dengan beragamnya tawaran produk atau jasa inovatif kepada konsumen, penghargaan Pertama di Indonesia dan Top Innovation Choice Award bisa menjadi value added dan menjadi referensi konsumen untuk menentukan produk atau jasa pilihan mereka,” ujar Tri Raharjo saat menggelar Press Conference Pertama di Indonesia & Top Innovation Choice Award 2020 secara virtual pada Kamis (6/8).

Menurut Tri, keberhasilan sebuah brand dalam menciptakan sebuah ide-ide inovatif dan juga yang pertama di kategori produk atau jasanya bukanlah sebuah perkara yang sederhana dan instan. Tentunya, kata Tri, sebuah inovasi telah melalui serangkaian proses yang panjang, mulai dari riset market, survei keinginan konsumen, riset kompetitor hingga pendanaan untuk menyempurnakan rangkaian proses tersebut sampai kepada titik dimana ide brilian tersebut melahirkan inovasi unggulan.

“Untuk itu, kami memandang pentingnya perusahaan menjadikan inovasi sebagai budaya di dalam perusahaan. Dan dalam kesempatan ini, kami telah mengumpulkan data-data perusahaan atau brand-brand inovatif yang terbukti berhasil menciptakan sebuah inovasi yang tidak hanya berdampak langsung terhadap konsumen mereka, juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja perusahaan ke arah positif,” kata Tri.

Metodologi Penelitian

Penghargaan Pertama di Indonesia diberikan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan tiga Metodologi Penilaian yakni The First Aspect, perusahaan memenuhi unsur Pertama di Indonesia di kategori produk/jasanya baik berupa inovasi atau pioneer di kategorinya; kemudian Evidence Aspect, perusahaan memiliki alat bukti atau dibuktikan melalui pemberitaan sebagai yang Pertama di Indonesia di kategori produk/jasanya; dan Validation Aspect, perusahaan diwajibkan menandatangani surat Validation Data & Disclaimmer sebagai Pertama di Indonesia atau dibuktikan dengan Online Validation Survey melalui mesin pencari dan media massa.

Sementara untuk menentukan para peraih Top Innovation Choice Award 2020, TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID melakukan survei Top Innovation Choice Index terhadap lebih dari 200 Inovasi produk atau layanan yang diciptakan perusahaan atau brand dengan menggunakan metode Desk Research melalui media monitoring, social media monitoring dan product profile yang mengacu kepada tiga aspek penilaian yaitu Innovation Idea Aspect, inovasi dinilai memiliki atau didasarkan oleh ide atau gagasan yang melatarbelakangi perusahaan dalam menciptakan inovasi tersebut; kemudian Innovation Advantage Aspect, inovasi dinilai memiliki keunggulan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau layanan perusahaan; dan terakhir Innovation Differentation Aspect, inovasi dinilai memiliki sifat kebaharuan serta dapat menjadi cirikhas dari produk atau layanan dari perusahaan

Penghargaan Top Innovation Choice Award 2020 diberikan kepada perusahaan dengan inovasi terpilih berdasarkan hasil survei dengan perolehan skor diatas 70 poin serta masuk ke dalam Indeks 100 Top Innovation.

Peraih Penghargaan Pertama di Indonesia & Top Innovation Choice Award 2020

Adapun para peraih penghargaan Pertama di Indonesia, diantaranya: Panen Houseware-Mosque LP012 (Kategori Lemari Plastik Kabinet Dengan Gambar Masjid Pertama Di Indonesia), Confidence (Kategori Popok Dewasa Tipe Pants Pertama Di Indonesia Yang Didesain Khusus Untuk Pria Dan Wanita), Big Foam Premium (Kategori Kasur Busa Press Dan Roll Pertama Di Indonesia), Wuling Motors (Kategori Voice Command Berbahasa Indonesia Untuk Kendaraan Roda Empat Pertama Di Indonesia), PT Gree Electric Appliances Indonesia (Kategori Air Purifier Pertama Di Indonesia Yang Dilengkapi CEP Technology Filter, Efektif Membunuh Virus Di Udara Serta Dilengkapi Fitur 3 LED Indicators Yang Dapat Menginformasikan Kualitas Udara Dalam Ruangan).

Kemudian SiCepat Ekspres (Kategori Perusahaan Ekspedisi Yang Memberikan Layanan Pick Up Barang Pertama di Indonesia, Tanpa Minimum Barang & Tanpa Ketentuan Waktu Untuk Seluruh Member), Morinaga Chil Kid Soya (Kategori Formula Pertumbuhan Soya Pertama di Indonesia Dengan Moricare Zigma Triple Bifidus Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil Yang Alergi Susu Sapi), Morinaga Platinum (Kategori Susu Pertumbuhan Untuk Anak Usia 1 Tahun Keatas Dan 3 Tahun Keatas Pertama Di Indonesia Dengan Synbiotic Yaitu Sinergi Probiotik Dengan Strain Triple Bifidus (Bifidobacterium Longum BB536, Bifidobacterium Breve M-16V, Bifidobacterium Infantis M-63) Dan Prebiotik GOS Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan Si Kecil), dan Prenagen (Kategori Produk UHT Almond Soya Pertama Di Indonesia Yang Memiliki Kandungan Nutrisi Sumber Asam Folat, Sumber Zat Besi Sumber Vitamin D3, Dan Juga Sumber Kalsium. Lalu Yogurt Bubuk Pertama Di Indonesia Dengan Kandungan Nutrisi Yang Bermanfaat Untuk Ibu Hamil).

Sementara untuk peraih penghargaan Top Innovation Choice Award 2020, diantaranya: PT Shiseido Cosmetics Indonesia (Dengan inovasi Senka Perfect Whip, Inovasi Busa Padat Untuk Membersihkan Wajah), Polytron (Dengan inovasi Wonder Wash, Mesin Cuci Dengan Fitur Smart Add Wash. Kemudian LED TV Cinemax Soundbar, LED TV Yang Dilengkapi Speaker Soundbar Dan Subwoofer Dengan Harga Yang Terjangkau. Serta Tiarapot, Inovasi Alat Masak Dengan Delapan Fungsi Multi Cooking: Menggoreng, Menumis, Membuat Kue, Mengukus, Memasak Nasi, Memasak Aneka Bubur, Memasak Sup, Membuat Puding dan Lainnya), GT Radial (Dengan inovasi Champiro Luxe, Ban Luxury Comfort Yang Memiliki Tingkat Kebisingan Yang Rendah Serta Membantu Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar).

 

Kemudian PT Gree Electric Appliances Indonesia (Dengan inovasi AC Gree G-Tech, AC Split – Residensial Berkonsep Modular Pertama Di Indonesia Dengan Fungsi Penjernih Udara Ruangan), Sanken (Dengan inovasi Smart TV LED, Smart TV Berlayar LED Grade A+), PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Dengan inovasi i-PRO 100, Produk Asuransi Jiwa Yang Memberikan Perlindungan Tinggi Hingga 3 Kali Lipat Uang Pertanggungan (UP) Untuk Keamanan Finansial Keluarga Saat Nasabah Menghadapi Risiko Hidup Meninggal Dunia), Speedwork Solusi Utama (Dengan inovasi Speedwork Autocare, Layanan Service Berbasis Aplikasi), Bank Syariah Mandiri (Dengan inovasi MSM Keyboard, Aplikasi Mobile Banking Syariah Dengan Fitur Mobile Keyboard Yang Bisa Diaplikasikan Langsung Di Smartphone Pengguna) dan BRISyariah (Dengan inovasi i-Kurma, Digital Aplikasi Untuk Memproses Pembiayaan Mikro dan KUR BRISyariah).

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…