Wamenkeu: PPID Harus Ada Bersama Pengambil Kebijakan, Tidak Berada di Belakang

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 06 Agustus 2020 - 16:45 WIB

Wamenkeu Suahasil Nazara
Wamenkeu Suahasil Nazara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Informasi mengenai upaya pemerintah dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus transparan. Salah satu saluran yang dapat diakses masyarakat guna mendukung upaya transparansi tersebut, diperoleh melalui peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai pengelola pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara saat memberikan keynote speech pada acara Webinar Keterbukaan Informasi Publik 2020, Kamis (6/8) secara virtual.

“Saya benar-benar ingin meminta supaya PPID itu tidak berada di belakang. Kita tidak ingin PPID itu menjadi bagian paling belakang dari kebijakan pemerintah. PPID itu harus ada bersama-sama dengan pengambil kebijakan,” jelas Wamenkeu.

Wamenkeu melanjutkan bahwa peran dan keberadaan PPID di Kementerian Keuangan itu salah satunya adalah selalu diikutkan dan dilibatkan pada rapat pimpinan maupun rapat utama Kementerian Keuangan. Hal ini diharapkan supaya pejabat PPID mengerti mengenai kebijakan yang dirumuskan dari sejak kebijakan itu dibicarakan dan diwacanakan, serta harus mengerti nuansa kebijakan itu dari pengambil kebijakan yang utama.

Sehingga para pejabat PPID itu memiliki kemampuan untuk menerjemahkan tujuan kebijakan tersebut secara lengkap dan mendasar, kemudian bisa menyampaikannya kepada masyarakat secara komprehensif dan baik.

“Saya sekali lagi meminta supaya PPID aktif mengikuti seluruh proses pengambilan kebijakan di pemerintah sehingga bisa menyampaikan betul-betul dari hakikat kebijakan tersebut, kenapa dibuat seperti itu, apa saja perdebatan yang muncul, apa saja pro dan cons yang dibicarakan dan telah dipertimbangkan masak-masak. Ini acalah tugas besar dari seluruh PPID,” tukas Wamenkeu.

Wamenkeu juga mendorong kepada seluruh pimpinan unit serta Kementerin/Lembaga (K/L) agar selalu melibatkan para pejabat PPID dalam proses pengambilan keputusan-keputusan penting. Hal tersebut tidak lepas dari peran PPID sebagai agen komunikasi kepada masyarakat supaya informasi yang disampaikan bisa efektif dan bisa dipahami secara baik.

Selanjutnya, Wamenkeu juga menyampaikan bahwa para pejabat PPID yang bertugas dalam penataan informasi dan dokumentasi harus memiliki kepekaan dan empati, serta cerdas dalam melihat target audiens. Hal tersebut supaya informasi dan dokumentasi yang disampaikan bisa tepat sasaran dan tidak menimbulkan bias.

“PPID tugasnya bukan hanya sekedar menumpuk informasi, tapi juga menata informasi agar bisa diterima dan bermanfaat untuk target audience. Target audiens internal yang sangat penting, target audiens masyarakat umum menjadi juga sangat luar biasa penting. Ujungnya adalah kita menginginkan kesejahteraan masyarakat,” ulas Wamenkeu.

Pada kesempatan itu, Wamenkeu juga menggarisbawahi beberapa hal yang penting dalam belanja negara untuk mengatasi dampak Covid-19. Salah satunya adalah program dukungan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM sebesar Rp123 triliun dari APBN, agar UMKM mampu bertahan dan bangkit untuk kembali berkontribusi dalam memutar roda perekonomian Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…