Ini Strategi Gas dan Rem Ala Pemerintah untuk Recovery Ekonomi di Kuartal 3-2020

Oleh : Candra Mata | Rabu, 05 Agustus 2020 - 18:47 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Pemerintah sedang menyeimbangkan analogi "gas dan rem" seperti dalam mengendarai mobil untuk menjaga roda perekonomian agar segera pulih dari dampak Covid-19 memasuki kuartal 3 tahun 2020.

Pertama, sebutnya pemerintah menjaga bidang kesehatan seperti penemuan vaksin dan distribusi insentif tenaga kesehatan.

"Kuncinya mengendalikan gas dan rem menjadi penting. Diantara gas dan rem ini adalah faktor kesehatan, tenaga kesehatan dan vaksin. Vaksin sedang dipersiapkan untuk diproduksi oleh Biofarma baik tahun 2020 maupun 2021. Beberapa perusahaan dalam tanda petik sudah dalam clinical trial ke-2 dan ke-3, baik yang bekerjasama dengan  Sinovac, Senexin, Sinopharm, CEPI, yang terkait dengan Oxford dan yang lain," jelas Airlangga dalam konferensi pers Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional dan Rilis PDB kuartal II tahun 2020 pada Rabu, (05/08) secara virtual di Jakarta.

Ia melanjutkan, terkait dengan "gas" yang harus didorong adalah terkait Jaring Pengaman Sosial (JPS), Jaring Pengaman Sektor Riil (JPRS) dan sumber-sumber pendanaan pemerintah  melalui sistem penjaminan.

Sedangkan yang menjadi sabuk pengamannya adalah (seat belt) adalah Jaring Pengaman Sektor Keuangan. 

Ia menekankan antara kesehatan dan perekonomian adalah dua sisi mata uang, keduanya berjalan beriringan.

"Program perekonomian agar bisa dilaksanakan agar mata pencaharian masyarakat didorong sambil program pelayanan kesehatan terus dijaga, apalagi kita akan menghadapi Pemilukada di bulan Desember," jelasnya. 

Ia mengatakan, Pemilukada akan menjadi faktor pengungkit konsumsi juga karena dana beredar untuk penyelenggaraan sekitar Rp24 triliun dan mungkin dana yang akan dikeluarkan para calon Bupati, Walikota dan Gubernur bisa minimal Rp10 triliun sendiri.

Sehingga pada saat Pemilukada akan ada sekitar Rp34 triliun dana beredar.

"Itu akan meningkatkan konsumsi terutama untuk alat-alat peraga bagi para calon, termasuk masker, hand sanitizer dan alat-alat kesehatan lain," tuturnya. 

Selain itu menurut Airlangga, pemerintah sudah mendorong Pemulihan Ekonomi baik dari program kesehatan, perlindungan sosial, insentif usaha.

"Saya sudah meminta DIPA di Kementerian/Lembaga (K/L) untuk dimaksimalkan di kuartal ke-3 karena dananya sudah disiapkan, tinggal dilaksanakan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:31 WIB

Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen, Ini 4 Pesan Menteri Basuki Kepada BUJT

Jalan tol ini telah dimulai pembangunannya pada awal 2022 untuk meningkatkan konektivitas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Pembangunan Homestay di Raja Ampat

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:19 WIB

Dukungan Pengembangan Pariwisata di Papua Barat, Kementerian PUPR Lanjutkan Penanganan KSPN Raja Ampat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Raja Ampat untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi…

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:49 WIB

Dialog Environment Deputies Meeting G20: PKT Berhasil Tekan Emisi Lebih Dari 435 ribu Ton di Tahun 2022

Efisiensi sumber daya dan ekonomi sirkuler menjadi salah satu dari tujuh isu strategis yang dibahas dalam Environment Deputies Meeting (EDM) Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022. Saat ini,…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:45 WIB

Menperin Agus Apresiasi Produksi Perdana Futur Phone Wujudkan Substitusi Impor Ponsel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk terus menjalankan program substitusi impor 35% tahun 2022. Salah satu sektor yang dipacu adalah industri elektronika, termasuk pada upaya…

PKT Dukung Tomohon Jadi Sentra Industri Florikultura

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:42 WIB

Meriahkan TIFF 2022, PKT Dukung Tomohon Jadi Sentra Industri Florikultura

Tingkatkan nilai produk di masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meriahkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022 di Kota Tomohon Sulawesi Utara, yang berlangsung pada 8-14…