Dukung Pengembangan EBT, IEA Luncurkan World Energy Investment 2020 Khusus Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 04 Agustus 2020 - 18:40 WIB

World Energy Investment 2020 (Photo by PelakuBisnis.com)
World Energy Investment 2020 (Photo by PelakuBisnis.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah Indonesia terus berkomitmen mendorong investasi di bidang energi terbarukan, salah satunya diwujudkan melalui kerja sama dengan International Energy Agency (IEA), sebuah lembaga rujukan terkait analisis energi global.

Akhir Juli lalu, IEA merilis "Attracting Private Investment to Fund Sustainable Recoveries: The Case of Indonesia's Power Sector", yang merupakan laporan khusus tentang Indonesia dalam IEA World Energy Investment 2020.

"Laporan tersebut merupakan bentuk komitmen IEA mendukung Indonesia dalam pemulihan sektor energi di Indonesia menghadapi dinamika global dan pandemik Covid-19 yang sangat berdampak pada pembangunan ekonomi dunia termasuk pengembangan sektor energi," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (4/8/2020).

Selain Kementerian ESDM, PT. PLN (Persero) dan beberapa institusi terkait lain turut terlibat dalam kerja sama penyusunan laporan, mendukung transisi energi menuju sistem energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Laporan juga menyebutkan tren investasi dan pembiayaan di sektor listrik Indonesia, kuantifikasi pengeluaran modal, proyeksi demand dengan skenario keberlanjutan, dan merangkum kinerja ekonomi makro negara.

Ketersediaan dana publik dan swasta serta identifikasi masalah-masalah utama yang mempengaruhi keputusan investasi dalam pembangkit listrik energi terbarukan dan sumber energi alternatif juga dipetakan dalam laporan ini.

Laporan telah didistribusikan kepada Asosiasi Pengusaha Perancis, dan sebagai bentuk komitmen dukungannya kepada Indonesia, IEA mengkoordinasikan rencana pertemuan antara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan Asosiasi Pengusaha Perancis dengan Kementerian ESDM pada bulan September 2020 dengan tujuan mempromosikan investasi di bidang energi terbarukan di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan IEA telah menjalin kerja sama sejak tahun 2006. Selanjutnya pada tahun 2015 Indonesia resmi menjadi bagian dari anggota asosiasi IEA. Keduanya menyiapkan program bersama dalam bentuk Joint Work Program (JWP) yang terus diperbaharui.

JWP terbaru untuk periode 2020-2021 telah ditandatangani di sela-sela acara IEA Ministerial Meeting awal Desember 2019 lalu di Paris, Perancis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang di Batam

Sabtu, 19 September 2020 - 09:00 WIB

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang yang Dibangun Waskita Aman dari Terjangan Puting Beliung

PT Waskita Karya (Persero) Tbk memastikan bangunan yang dikerjakan di RS Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau aman dari terjangan angin puting beliung. Seperti diketahui, Waskita mengerjakan…

Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan melakukan penataan akses masuk truk petikemas

Sabtu, 19 September 2020 - 08:00 WIB

TPK Belawan Lakukan Penatan Akses Masuk Terminal Tingkatkan Layanan

TPK Belawan melakukan penataan akses masuk mulai tanggal 20 Agustus 2020 dan sudah disosialisasikan terlebih dahulu ke Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder…

Dyah Roro Esti Anggota DPR RI (Foto Ist)

Sabtu, 19 September 2020 - 07:00 WIB

Dyah Roro Esti Ajak Kaum Milenial Terjun ke Dunia Politik

Roro menyadari bahwa cara tercepat membuat sebuah perubahan adalah dengan terlibat aktif di parlemen atau pemerintahan. Semua ini memotivasi dirinya untuk menjadi bagian dari sistem tersebut.…

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sabtu, 19 September 2020 - 06:00 WIB

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Marines Cycling Community (MCC) atau komunitas bersepeda Korps Marinir TNI AL dibawah pimpinan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) bersama-sama lawan Covid…

Sabtu, 19 September 2020 - 05:30 WIB

Atlet Dayung Korps Marinir Tinngkatkan Kemampuan Jelang Seleksi PON Papua

Pelatih dayung Marwiltim Sertu Marinir Ramijo mengatakan penjaringan atlet ini sangat penting untuk kaderisasi dan regenerasi dalam meningkatkan prestasi pedayung agar tidak kehabisan stok.…