Dukung Pengembangan EBT, IEA Luncurkan World Energy Investment 2020 Khusus Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 04 Agustus 2020 - 18:40 WIB

World Energy Investment 2020 (Photo by PelakuBisnis.com)
World Energy Investment 2020 (Photo by PelakuBisnis.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah Indonesia terus berkomitmen mendorong investasi di bidang energi terbarukan, salah satunya diwujudkan melalui kerja sama dengan International Energy Agency (IEA), sebuah lembaga rujukan terkait analisis energi global.

Akhir Juli lalu, IEA merilis "Attracting Private Investment to Fund Sustainable Recoveries: The Case of Indonesia's Power Sector", yang merupakan laporan khusus tentang Indonesia dalam IEA World Energy Investment 2020.

"Laporan tersebut merupakan bentuk komitmen IEA mendukung Indonesia dalam pemulihan sektor energi di Indonesia menghadapi dinamika global dan pandemik Covid-19 yang sangat berdampak pada pembangunan ekonomi dunia termasuk pengembangan sektor energi," ujar Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi melalui keterangan yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (4/8/2020).

Selain Kementerian ESDM, PT. PLN (Persero) dan beberapa institusi terkait lain turut terlibat dalam kerja sama penyusunan laporan, mendukung transisi energi menuju sistem energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Laporan juga menyebutkan tren investasi dan pembiayaan di sektor listrik Indonesia, kuantifikasi pengeluaran modal, proyeksi demand dengan skenario keberlanjutan, dan merangkum kinerja ekonomi makro negara.

Ketersediaan dana publik dan swasta serta identifikasi masalah-masalah utama yang mempengaruhi keputusan investasi dalam pembangkit listrik energi terbarukan dan sumber energi alternatif juga dipetakan dalam laporan ini.

Laporan telah didistribusikan kepada Asosiasi Pengusaha Perancis, dan sebagai bentuk komitmen dukungannya kepada Indonesia, IEA mengkoordinasikan rencana pertemuan antara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan Asosiasi Pengusaha Perancis dengan Kementerian ESDM pada bulan September 2020 dengan tujuan mempromosikan investasi di bidang energi terbarukan di Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dan IEA telah menjalin kerja sama sejak tahun 2006. Selanjutnya pada tahun 2015 Indonesia resmi menjadi bagian dari anggota asosiasi IEA. Keduanya menyiapkan program bersama dalam bentuk Joint Work Program (JWP) yang terus diperbaharui.

JWP terbaru untuk periode 2020-2021 telah ditandatangani di sela-sela acara IEA Ministerial Meeting awal Desember 2019 lalu di Paris, Perancis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…