Karya Anak Bangsa, APD Baju Hamzar dan Masker Non-Medis Segera Masuki Pasar Amerika, Australia dan Inggris

Oleh : Herry Barus | Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:15 WIB

APD Baju Hamzar dan Msker Non-Medis Segera Masuki Pasar Amerika, Australia dan Inggris
APD Baju Hamzar dan Msker Non-Medis Segera Masuki Pasar Amerika, Australia dan Inggris

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Trisula International Tbk  (“TRIS”  atau  Perseroan)  yang  merupakan integrated  apparel  provider  terus  memperluas pasarnya untuk diversifikasi produk Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat dan masker non‐medis.

Saat ini Perseroan mulai menyasar market internasional,  di  mana  sebagian  besar marketekspor  TRIS  berada  di  Australia  dan  Amerika Serikat.  Adapun  diversifikasi  produk  ini  adalah salah satu upaya Perseroan dalam menghadapi tantangan pandemi Covid‐19. 

Santoso  Widjojo  selaku  Direktur  Utama  TRIS Selasa (4/8/2020) mengatakan,  “Diharapkan  adanya  perluasan eskpor  ini  dapat  menambah  kontribusi  ekspor TRIS, di mana sampai Semester I‐2020 penjualan ekspor Perseroan memiliki kontribusi sebesar 51% atau  sebesar  Rp324,2  miliar.”

Saat  iniTRIS melakukan perluasan market dengan customer di luar negeri melalui entitas anak usahanya, yaitu PT Trisco  Tailored  Apparel  Manufacturing  dan  PT Trimas Sarana Garment Industry untuk APD berupa baju  hazmat  dan  masker  non  medis.

 Adapun Negara  tujuan  ekspornya  adalah  Amerika, Australia, dan Inggris. Dan sedang membidik untuk mengekspor ke Singapura. Kini TRIS sudah mulai melakukan ekspor untuk masker non medis yang bukan non‐woven. Di sisi lain, untuk produk APD berupa baju hazmat TRIS masih menunggu izin untuk ekspor. “Dalam masa pandemi Covid‐19 ini kami terus mengembangkan strategi bisnis kami. Salah satunya adalah dengan membidik pasar ekspor untuk APD berupa baju hazmat dan masker non‐medis. Adanya perang dagang antara Amerika dan China yang semakin memanas ini juga membuka peluang untuk pasar luar  negeri  Perseroan  sehingga  diharapkan  ke depan TRIS tidak hanya di domestik melainkan juga dapat memperluas pasar ekspor,” ujar Santoso.

Sebelumnya selain APD berupa baju hazmat dan masker non medis, TRIS juga sudah memproduksi APD berupa pakaian seragam pelindung anti api untuk pasar luar negeri, yaitu New South Wales, Australia.

“Sebagai perusahaan tekstil dan garmen, kami  menerima  pesanan customized  sehingga dapat  membuat  berbagai  macam  pakaian, termasuk pakaian yang di desain khusus seperti APD  mulai  dari  seragam  pemadam  kebakaran hingga  APD  baju  hazmat.  Maka  kami  terus melakukan  improvisasi  dalam  melihat  peluang yang ada,” ujar Santoso.

Di sisi domestik, TRIS melalui anak usahanya PT Trisula Textile Industries Tbk (“BELL”) juga terus memperluas pasar, terutama untuk pasar pakaian seragam dan aksesoris yang juga dapat dipesan secara customized. Serta, sedang mengembangkan Kain Sehat untuk diproduksi menjadi berbagai jenis pakaian pelindung diri.

Di mana saat ini Perseroan melalui merek JOBB akan memasarkan jaket lipat sebagai pakaian pelindung diri di era new normal. Sebagai  informasi,  pendapatan  Perseroan  pada Semester I‐2020 mencapai Rp631,5 miliar atau terkontraksi sebesar 11,56% dari Rp714,03 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya yang disebabkan  oleh  beban  pokok  penjualan. Sementara laba bersih Perseroan pada Kuartal II‐2020 juga mengalami koreksi sebesar 14,36% YoY  menjadi  sebesar  Rp10,51  miliar. 

“Memang pandemi Covid‐19 ini menjadi tantangan bagi kami sehingga kami perlu menyiapkan berbagai strategi. Diharapkan ke depannya melalui sinergi dengan anak  usaha  kami  dapat  meningkatkan  kinerja TRIS,” tutup Santoso.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…