Suasana Haru Para WNI Rayakan Idul Adha di Ethiopia

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:15 WIB

WNI Muslim di Ethiopia Selenggarakan Perayaan Hari Raya Idul Adha
WNI Muslim di Ethiopia Selenggarakan Perayaan Hari Raya Idul Adha

INDUSTRY.co.id - Ethiopia  - Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu momen dimana para WNI di luar negeri dapat berkumpul bersama. Namun karena adanya pandemi COVID-19, Perayaan Idul Adha tahun ini terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Seperti para WNI muslim di Ethiopia yang selenggarakan perayaan Hari Raya Idul Adha di KBRI Addis Ababa dan Hawassa dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat (31/7/2020).

“Perasaan saya bercampur aduk di tengah Hari Raya Iduladha kali ini. Kegembiraan dan kesedihan menjadi satu karena masih dapat merayakan Iduladha namun jauh dari sanak saudara," ujar Ina Agustin, salah satu WNI yang bekerja di  perusahaan Indonesia di Ethiopia melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (4/3/2020).

Pembatasan-pembatasan yang diberlakukan oleh Pemerintahan Ethiopia untuk mencegah penyebaran virus corona menyebabkan suasana yang berbeda, namun hal ini tidak mengurangi kekhusyukkan perayaan Idul Adha.

"Tahun lalu, salat Iduladha bersama dan ramah tamah dengan masyarakat Indonesia diselenggarakan di KBRI. Tahun ini tidak, karena kami harus mematuhi protokol COVID-19 yang dikeluarkan pemerintah setempat. Kami melakukan salat secara terbatas dengan staf KBRI saja," ujar Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur.

Di KBRI Addis Ababa, sekitar 20 orang melakukan salah Iduladha berjamaah dengan imam dan khotib Ustaz Afan Gaffar. Sementara di Hawassa sekitar 50 orang, yaitu pegawai perusahaan Century Garments PLS, dengan imam Ahmad dan khotib Usman.

Masyarakat Indonesia di Ethiopia saat ini berjumlah sekitar 140 orang. Usai salat, panitia penyelenggara perayaan Iduladha di KBRI Addis Ababa memotong hewan kurban masing-masing 1 sapi dan 7 kambing. Sedangkan, masyarakat Indonesia di Hawassa memotong seekor sapi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Rabu, 23 September 2020 - 04:15 WIB

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadispers Lanud Silas Papare Letkol Adm Sunu Sugestino menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19,…

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…