Transaksi Perbankan Semakin Mudah dan Menarik Bagi Generasi Digital Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Agustus 2020 - 13:32 WIB

UOB meluncurkan TMRW
UOB meluncurkan TMRW

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) Senin (3/8/2020) meluncurkan TMRW, bank digital UOB yang telah menerima berbagai penghargaan di kawasan ASEAN, untuk melayani generasi Indonesia yang giat dan cakap menggunakan teknologi digital. Mulai dari  proses pembukaan rekening hingga kebutuhan perbankan sehari-hari, nasabah TMRW akan menikmati pengalaman perbankan digital sepenuhnya.

TMRW membuat perbankan lebih mudah, lebih transparan dan lebih menarik karena kemampuannya menerjemahkan data transaksi menjadi wawasan informasi yang dapat ditindaklanjuti seperti memberikan tips yang menyenangkan untuk membantu nasabah dalam menabung dan berbelanja dengan lebih baik.   Fitur berupa wawasan yang unik ini dihasilkan dari menggabungkan antara kecerdasan buatan (AI) serta analisa dan kategorisasi data yang kompleks dan sesuai dengan harapan dari 92 persen konsumen yang menginginkan solusi perbankan yang dapat membantu mereka membuat keputusan keuangan yang lebih bijak.

TMRW, bank digital pertama dan  satu-satunya yang dirancang untuk generasi digital ASEAN, pertama kali diluncurkan di Thailand pada tahun 2019. Dalam kurun waktu setahun, model bisnis unik dari TMRW telah menerima pengakuan industri atas inovasi yang dihasilkannya, termasuk di antaranya Best Bank for Millennials, Best Customer Centric Business Model dan Outstanding Boarding Client dan Outstanding Social Media Campaign yang dianugerahi oleh The Digital Banker. UOB Indonesia baru-baru ini juga dinobatkan sebagai Best Digital Bank in Indonesia pada ajang The Alpha Southeast Asia 2020 Awards. Penghargaan ini diperoleh atas upaya berkelanjutan UOB dalam memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi nasabah melalui penggunaan data dan umpan balik nasabah TMRW.

Kevin Lam, Direktur Utama UOB Indonesia dalam webminar, Senin (3/8/2020)  mengatakan, “Indonesia memiliki banyak populasi konsumen muda, aktif, dan cakap secara digital. Sejumlah 96 persen orang Indonesia memiliki ponsel dan jumlah konsumen yang terhubung dengan internet terus meningkat dari tahun ke tahun . Generasi Indonesia yang kerap menggagas perubahan ini memiliki karakteristik aktif dan menginginkan layanan digital yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun untuk membantu mencapai aspirasi mereka. Melalui TMRW, kami berharap dapat membantu memenuhi tujuan keuangan dan mendukung mereka  membangun hari esok yang lebih baik."

Memperdalam hubungan nasabah melalui keterlibatan
Sebagai bank digital ASEAN yang terkemuka di industri, TMRW menyatukan solusi teknologi analitik data kompleks dan yang terbaik dengan infrastruktur teknologi dari UOB yang mapan dan pemahaman mendalam tentang tren pasar ASEAN dan nasabah yang dibangun selama delapan dekade terakhir.

Kombinasi unik dari inovasi dan fokus pada nasabah memungkinkan TMRW untuk menghadirkan pengalaman nasabah secara personal serta dapat mengantisipasi kebutuhan individu, berdialog dan melayani kebutuhan mereka dengan cara yang mereka inginkan. Bahasa yang digunakan TMRW juga bebas dari jargon perbankan dan mudah dimengerti.

Sebagai contoh, proses pembukaan akun TMRW untuk konsumen Indonesia dirancang untuk mudah  dipahami, lancar, cepat dan aman. Verifikasi identitas dilakukan melalui panggilan video dengan agen secara langsung dan pembukaan rekening dapat tuntas hanya dalam sembilan menit. Pertanyaan nasabah akan ditangani oleh chatbot 24 jam TMRW yaitu TIA (TMRW Intelligence Assistant) dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
 
Berdasarkan sebuah studi etnografi UOB , konsumen milenial juga mengatakan bahwa meskipun mereka menghargai arahan mengenai pengelolaan keuangan yang lebih baik, namun mereka lebih menginginkan untuk memperolehnya melalui cara yang menyenangkan dan justru tidak membuat mereka merasa bersalah. Dengan demikian, TMRW secara khusus dirancang untuk membantu nasabah mencapai tujuan keuangan mereka dengan langkah-langkah yang menyenangkan dan dapat dicapai. Bank digital ini juga memiliki fitur permainan yang disebut City of TMRW, dimana nasabah dapat membangun kota virtual saat mereka menabung. Saat nasabah naik level, mereka dapat meningkatkan tampilan kota virtual mereka.

TMRW memiliki pilihan metode pembayaran berbasis Quick Response Code (QR) yang memungkinkan pembayaran dilakukan secara cepat hanya dengan memindai kode QR dan disediakan oleh penjual maupun gerai yang sudah terdaftar. Fitur ini merupakan bagian dari dukungan UOB terhadap Gerakan Nasional Non Tunai yang menggunakan platform Quick Response Code Standar Indonesia (QRIS).

Indonesia adalah negara kedua setelah Thailand yang meluncurkan bank digital UOB, TMRW, sebagai bagian dari strategi UOB Group untuk mengakselerasi pertumbuhan dan meningkatkan basis nasabah di kawasan tersebut..

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo

Rabu, 23 September 2020 - 10:37 WIB

Ini Tiga Pemikiran Presiden Jokowi yang Disampaikan Dalam Pidato Sidang Majelis Umum ke-75 PBB

Presiden Joko Widodo menyerukan tiga pemikiran dalam pidatonya pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disampaikan secara virtual Rabu, (23/9/2020).

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito

Rabu, 23 September 2020 - 10:33 WIB

Cegah Kluster Perkantoran, Perusahaan Diminta Terapkan Protokol Kesehatan Dengan Ketat

Satgas Penanganan COVID-19 meminta perusahaan-perusahaan swasta melindungi karyawannya agar tidak terpapar COVID-19 dan melahirkan kluster-kluser baru. Perkantoran termasuk pabrik-pabrik juga…

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 23 September 2020 - 10:25 WIB

BSB Pemerintah Dterima Masyarakat Kabupaten Natuna

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Cegah Tangkal Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI). Bertempat di Gedung PPI, Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau,…

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar

Rabu, 23 September 2020 - 10:15 WIB

Segera Salurkan Stimulus Ekonomi Agar PHK Tidak Meluas di Masa Pandemi

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar beranggapan, pemerintah harus terus diingatkan untuk segera menyalurkan stimulus ekonomi guna membendung gelombang PHK di masa pandemi.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito

Rabu, 23 September 2020 - 09:50 WIB

Meski Kasus Positif Masih Cukup Tinggi, Kesembuhan Pasien COVID-19 Naik 35,8 Persen Dalam Sepekan

Berdasarkan analisa mingguan per 20 September, urutan 5 teratas per provinsi, kasus sembuh DKI Jakarta naik 1.540 (5.995 -> 7.495), Jawa Barat naik 1.093 (1.130 -> 2.223), Jawa Tengah naik 845…