PT Bumi Resources Tbk Sumbang 100 Perpustakaan Digital untuk Sekolah di Bekasi, Tangerang dan Bogor

Oleh : Krishna Anindyo | Sabtu, 01 Agustus 2020 - 20:15 WIB

Proyek Perpustakaan Digital
Proyek Perpustakaan Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) memiliki program serangkaian tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), berlandaskan Target-Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang salah satunya terfokus untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Sejak tahun 2019, BUMI sudah memulai proyek Perpustakaan Digital di 6 sekolah di daerah Kabupaten Bekasi yang merupakan tahap awal dari rencana Program Penyediaan 100 Perpustakaan Digital untuk Sekolah di wilayah Bekasi, Tangerang dan Bogor.

Pandemi Covid-19, di tahun ini, tidak menjadi halangan bagi BUMI untuk mewujudkan komitmennya dalam ikut berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia.

Dalam merealisasikan program perpustakaan digital, BUMI menggandeng Pendidikan.id sebagai mitra dalam produksi dan pendistribusian. Pendidikan.id (PT Mahoni Edukasi Digital) adalah perusahaan pengembang aplikasi berbasis internet dan teknologi pendidikan di Indonesia yang memiliki tujuan untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Di tahun ini, BUMI akan menyerahkan 44 unit mesin perpustakaan digital di wilayah Bekasi, Tangerang dan Bogor. Hingga hari ini sebanyak 15 sekolah di Bekasi dan 9 sekolah di Tangerang yang sudah menerima perpustakaan digital.

Sesuai target, pada triwulan ketiga, seluruh perpustakaan digital telah dikirimkan ke sekolah-sekolah penerima yang sebelumnya telah diverifikasi melalui proses survei, dimana ketiadaan sarana perpustakaan dan bahan baca menjadi faktor penentu dalam proses  verifikasi tersebut.

“BUMI percaya bahwa perpustakaan digital sangat bermanfaat bagi para guru dalam menunjang proses pembelajaran dan membantu siswa-siswa dalam mendapatkan bahan ajar dan materi baca dengan cara yang menyenangkan dan gratis. Selain itu, dengan adanya perpustakaan digital diharapkan mampu mendekatkan siswa pada wujud teknologi informasi dan komunikasi sebagai salah satu prasyarat keterampilan di era internet 4.0,” ujar Vice President Risk Management, GCG and Sustainability Division, PT Bumi Resources Tbk., Elly Slamet melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Sabtu (1/8/2020).

“Dari hasil evaluasi eksternal tahun lalu terhadap program-program CSR, perpustakaan digital berada pada skor paling tinggi dari sisi kebermanfaatan,” tambah Elly.

Tirta, Kepala Sekolah SDN Tegal Angus, Kabupaten Tangerang, mengatakan bahwa manfaat akan dirasakan dengan adanya perpustakaan digital di sekolahnya, terutama bagi peningkatan kreativitas pengajaran guru dan peningkatan minat baca siswa.

“Sekolah kami tidak memiliki bangunan perpustakaan dan koleksi bahan baca yang memadai. Maka dari itu, kami yakin dengan adanya perpustakaan digital  nilai akreditasi sekolah kami akan lebih baik,” tambahnya.

Perpustakaan digital yang diserahkan memiliki konten atas 2.500 buku digital kurikulum nasional dari jenjang SD hingga SMA, 1.500 video pengajaran, 50.000 soal try out ujian nasional, dan 300 lebih judul buku edukatif dan komik literasi. Perpustakaan digital juga memiliki fitur tap download ke ponsel pintar dan laptop tanpa memerlukan koneksi internet.

Konten-konten tersebut akan diperbarui setiap satu tahun sekali. Para guru sekolah penerima mendapatkan pelatihan penggunaan perpustakaan digital. Pemberian perpustakaan digital BUMI mencakup garansi hingga tiga tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IHSG Zona Merah (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:32 WIB

IHSG Ditutup Melemah ke Level 5.239 Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis (13/8/2020), pasar modal Indonesia ditutup turun 5,8 poin atau 0,11% ke 5.239,25 atau 5.239. 182 saham menguat,…

Dirut Bank BRI Sunarso (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Horee...4,3 Juta Nasabah BRI Bakal Dapat BLT UMKM Senilai Rp2,4 Juta

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengatakan 4,3 Juta nasabah BRI Akan menerima bantuan UMKM Sebesar Rp2,4 Juta. Menurut Sunarso, potensi menjadi penerima bantuan tersebut karena…

Dirjen PKH Nasrullah berkunjung ke Pusvetma (Doc: Kementan)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:12 WIB

Ditjen PKH Kementan Berharap Pusvetma Jadi BLU Terbaik

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Ir. Nasrullah, M.S melakukan kunjungan kerja ke Pusat Veteriner Farma (Pusvetma). Bagi Pusvetma…

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto Menerima Audiensi dari Direktur Poltekkes Jayapura Dr. Arwam Hermanus Markus Zeth beserta Jajaran dan Anggota Komisi IX DPR RI Mesak Mirin

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:15 WIB

Miliki Jumlah Dokter Dibawah Standar Hanya 0,25%, Menkes Genjot Perubahan Poltekkes Menjadi Institut

Menteri Kesehatan mendukung perubahan Politeknik Kesehatan menjadi Institut Teknologi Kesehatan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memenuhi rasio standar jumlah tenaga kesehatan dan dokter…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:00 WIB

Coach Teco Optimis Bali United Lolos Grup Piala AFC 2020

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra optimis bila skuad asuhannya bisa menyelesaikan tiga pertandingan lanjutan pada ajang Penyisihan Grup G di kompetisi Piala AFC 2020 tersebut. Meskipun dua…