Sambangi Menpora, HIPMI Siap Bantu Para Atlet Jadi Pengusaha

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:15 WIB

BP Hipmi sambangi Menpora
BP Hipmi sambangi Menpora

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) beberapa waktu lalu melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

Di depan Zainudin Amali, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming mengatakan, pihaknya ingin menumbuhkembangkan jiwa atlet menjadi pengusaha.

"Kami ingin membangun mindset anak muda agar punya jiwa entrepreneurship sejak muda. Seperti pembinaan wirausaha untuk atlet di atas 25 tahun. Artinya, atlit yang di atas 25 tahun berpotensi menjadi entrepreneur-entrepreneur muda karena harus dipersiapkan untuk masa depan," ujar Maming, dalam keterangan tertulisnya kepada Industry.co.id Sabtu (1/8).

Dìkatakan Maming, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk bisa didorong menjadi pengusaha melalui praktik langsung.

"HIPMI bekerjasama dengan beberapa pengusaha dan perusahaan untuk hadir di kampus-kampus, yang mana bukan hanya memberikan teori, tapi praktik juga. Sehingga ketika lulus kuliah, mereka tidak kaget dengan dunia usaha yang sebenarnya seperti apa," ucapnya.

LMantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu berharap, mahasiswa nantinya setelah lulus kuliah bisa menjadi pengusaha yang sukses.

"Kita ingin mereka berani untuk menjadi entrepreneur. Sehingga, tadi Pak Menpora tertarik dan siap kolaborasi untuk implementasi program bersama," ungkapnya.

Hal senada dengan Ketua Bidang Pendidikan, Riset, Sosial, Pemuda & Olahraga BPP HIPMI Harmen Saputra. 

Dia mengatakan, pihaknya menyambut baik program Kemenpora yang ingin mencetak pengusaha muda. 

Untuk program kerja HIPMI sendiri, Harmen menyampaikan salah satunya yaitu program kuliah kewirausahaan HIPMI melalui HIPMI Perguruan Tinggi (PT).

"Kita berterima kasih kepada Pak Menpora yang menyambut HIPMI. Kita menyambut baik program beliau yang mencetak entrepreneur. Untuk program kerja HIPMI, kami lebih menekankan kolaborasi HIPMI PT yang telah dicanangkan melalui HIPMI Coffee yang bekerjasama dengan Kapal Api, tapi kita tingkatkan kerjasamanya dengan Kemenpora," tutur Harmen.

Tidak hanya berkolaborasi dengan bidang pengembangan kewirausahaan di Kemenpora saja, Harmen menambahkan, tetapi juga berkolaborasi di bidang-bidang lain seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, dan bank.

"HIPMI dan Kemenpora membantu untuk mendorong kebijakan yang pro pengusaha pemuda, seperti memudahkan pinjaman kredit bank untuk pengusaha muda. Selain itu, HIPMI berperan di FIFA U-20 untuk meningkatkan hype di kalangan pemuda," pungkasnya.

Adapun Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan tugas mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) indonesia menjadi unggul adalah kewajiban semua pihak. 

Karena itu, Kemenpora terus mendorong para pemuda Indonesia untuk menjadi kreatif, mandiri dan berdaya saing, tanpa ini pasti para pemuda termasuk mahasiswa Indonsia akan tertinggal dengan perkembangan zaman.

"Ujung dari kreativitas, inovasi, kemandirian, dan kemampuan untuk berdaya saing adalah kewirausahaan. Jadi, kami dorong supaya para pemuda kita punya semangat kewirausahaan sudah terbangun sejak masih menjadi mahasiswa. Untuk mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, kalau kita tidak persiapkan mereka sejak di perguruan tinggi, maka akibatnya setelah dia lulus adalah mencari pekerjaan," ujar Zainudin.

Ia juga mengatakan, Indonesia dibandingkan negara-negara lain jauh tertinggal dan sangat kecil persentasenya. Bahkan persentase orang Indonesia yang berwirausaha dengan orang Malaysia jauh tertinggal.

"Ini yang menjadi konsen dari Kemenpora dan menjadi salah satu program prioritas untuk mengajak anak muda semangat berwirausaha. Dan secara berjenjang kita akan fasilitasi, dan kita akan seleksi siapa yang punya kesungguhan sampai kita antarkan mereka menjadi wirausaha," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…