Sambangi Menpora, HIPMI Siap Bantu Para Atlet Jadi Pengusaha

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:15 WIB

BP Hipmi sambangi Menpora
BP Hipmi sambangi Menpora

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) beberapa waktu lalu melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

Di depan Zainudin Amali, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming mengatakan, pihaknya ingin menumbuhkembangkan jiwa atlet menjadi pengusaha.

"Kami ingin membangun mindset anak muda agar punya jiwa entrepreneurship sejak muda. Seperti pembinaan wirausaha untuk atlet di atas 25 tahun. Artinya, atlit yang di atas 25 tahun berpotensi menjadi entrepreneur-entrepreneur muda karena harus dipersiapkan untuk masa depan," ujar Maming, dalam keterangan tertulisnya kepada Industry.co.id Sabtu (1/8).

Dìkatakan Maming, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk bisa didorong menjadi pengusaha melalui praktik langsung.

"HIPMI bekerjasama dengan beberapa pengusaha dan perusahaan untuk hadir di kampus-kampus, yang mana bukan hanya memberikan teori, tapi praktik juga. Sehingga ketika lulus kuliah, mereka tidak kaget dengan dunia usaha yang sebenarnya seperti apa," ucapnya.

LMantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu berharap, mahasiswa nantinya setelah lulus kuliah bisa menjadi pengusaha yang sukses.

"Kita ingin mereka berani untuk menjadi entrepreneur. Sehingga, tadi Pak Menpora tertarik dan siap kolaborasi untuk implementasi program bersama," ungkapnya.

Hal senada dengan Ketua Bidang Pendidikan, Riset, Sosial, Pemuda & Olahraga BPP HIPMI Harmen Saputra. 

Dia mengatakan, pihaknya menyambut baik program Kemenpora yang ingin mencetak pengusaha muda. 

Untuk program kerja HIPMI sendiri, Harmen menyampaikan salah satunya yaitu program kuliah kewirausahaan HIPMI melalui HIPMI Perguruan Tinggi (PT).

"Kita berterima kasih kepada Pak Menpora yang menyambut HIPMI. Kita menyambut baik program beliau yang mencetak entrepreneur. Untuk program kerja HIPMI, kami lebih menekankan kolaborasi HIPMI PT yang telah dicanangkan melalui HIPMI Coffee yang bekerjasama dengan Kapal Api, tapi kita tingkatkan kerjasamanya dengan Kemenpora," tutur Harmen.

Tidak hanya berkolaborasi dengan bidang pengembangan kewirausahaan di Kemenpora saja, Harmen menambahkan, tetapi juga berkolaborasi di bidang-bidang lain seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, dan bank.

"HIPMI dan Kemenpora membantu untuk mendorong kebijakan yang pro pengusaha pemuda, seperti memudahkan pinjaman kredit bank untuk pengusaha muda. Selain itu, HIPMI berperan di FIFA U-20 untuk meningkatkan hype di kalangan pemuda," pungkasnya.

Adapun Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan tugas mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) indonesia menjadi unggul adalah kewajiban semua pihak. 

Karena itu, Kemenpora terus mendorong para pemuda Indonesia untuk menjadi kreatif, mandiri dan berdaya saing, tanpa ini pasti para pemuda termasuk mahasiswa Indonsia akan tertinggal dengan perkembangan zaman.

"Ujung dari kreativitas, inovasi, kemandirian, dan kemampuan untuk berdaya saing adalah kewirausahaan. Jadi, kami dorong supaya para pemuda kita punya semangat kewirausahaan sudah terbangun sejak masih menjadi mahasiswa. Untuk mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, kalau kita tidak persiapkan mereka sejak di perguruan tinggi, maka akibatnya setelah dia lulus adalah mencari pekerjaan," ujar Zainudin.

Ia juga mengatakan, Indonesia dibandingkan negara-negara lain jauh tertinggal dan sangat kecil persentasenya. Bahkan persentase orang Indonesia yang berwirausaha dengan orang Malaysia jauh tertinggal.

"Ini yang menjadi konsen dari Kemenpora dan menjadi salah satu program prioritas untuk mengajak anak muda semangat berwirausaha. Dan secara berjenjang kita akan fasilitasi, dan kita akan seleksi siapa yang punya kesungguhan sampai kita antarkan mereka menjadi wirausaha," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IHSG Zona Merah (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:32 WIB

IHSG Ditutup Melemah ke Level 5.239 Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis (13/8/2020), pasar modal Indonesia ditutup turun 5,8 poin atau 0,11% ke 5.239,25 atau 5.239. 182 saham menguat,…

Dirut Bank BRI Sunarso (ist)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:15 WIB

Horee...4,3 Juta Nasabah BRI Bakal Dapat BLT UMKM Senilai Rp2,4 Juta

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengatakan 4,3 Juta nasabah BRI Akan menerima bantuan UMKM Sebesar Rp2,4 Juta. Menurut Sunarso, potensi menjadi penerima bantuan tersebut karena…

Dirjen PKH Nasrullah berkunjung ke Pusvetma (Doc: Kementan)

Kamis, 13 Agustus 2020 - 19:12 WIB

Ditjen PKH Kementan Berharap Pusvetma Jadi BLU Terbaik

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan), Dr. Ir. Nasrullah, M.S melakukan kunjungan kerja ke Pusat Veteriner Farma (Pusvetma). Bagi Pusvetma…

Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto Menerima Audiensi dari Direktur Poltekkes Jayapura Dr. Arwam Hermanus Markus Zeth beserta Jajaran dan Anggota Komisi IX DPR RI Mesak Mirin

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:15 WIB

Miliki Jumlah Dokter Dibawah Standar Hanya 0,25%, Menkes Genjot Perubahan Poltekkes Menjadi Institut

Menteri Kesehatan mendukung perubahan Politeknik Kesehatan menjadi Institut Teknologi Kesehatan. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memenuhi rasio standar jumlah tenaga kesehatan dan dokter…

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra atau akrab disapa Coach Teco

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:00 WIB

Coach Teco Optimis Bali United Lolos Grup Piala AFC 2020

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra optimis bila skuad asuhannya bisa menyelesaikan tiga pertandingan lanjutan pada ajang Penyisihan Grup G di kompetisi Piala AFC 2020 tersebut. Meskipun dua…