Sambangi Menpora, HIPMI Siap Bantu Para Atlet Jadi Pengusaha

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:15 WIB

BP Hipmi sambangi Menpora
BP Hipmi sambangi Menpora

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) beberapa waktu lalu melakukan audiensi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

Di depan Zainudin Amali, Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming mengatakan, pihaknya ingin menumbuhkembangkan jiwa atlet menjadi pengusaha.

"Kami ingin membangun mindset anak muda agar punya jiwa entrepreneurship sejak muda. Seperti pembinaan wirausaha untuk atlet di atas 25 tahun. Artinya, atlit yang di atas 25 tahun berpotensi menjadi entrepreneur-entrepreneur muda karena harus dipersiapkan untuk masa depan," ujar Maming, dalam keterangan tertulisnya kepada Industry.co.id Sabtu (1/8).

Dìkatakan Maming, pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk bisa didorong menjadi pengusaha melalui praktik langsung.

"HIPMI bekerjasama dengan beberapa pengusaha dan perusahaan untuk hadir di kampus-kampus, yang mana bukan hanya memberikan teori, tapi praktik juga. Sehingga ketika lulus kuliah, mereka tidak kaget dengan dunia usaha yang sebenarnya seperti apa," ucapnya.

LMantan Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu berharap, mahasiswa nantinya setelah lulus kuliah bisa menjadi pengusaha yang sukses.

"Kita ingin mereka berani untuk menjadi entrepreneur. Sehingga, tadi Pak Menpora tertarik dan siap kolaborasi untuk implementasi program bersama," ungkapnya.

Hal senada dengan Ketua Bidang Pendidikan, Riset, Sosial, Pemuda & Olahraga BPP HIPMI Harmen Saputra. 

Dia mengatakan, pihaknya menyambut baik program Kemenpora yang ingin mencetak pengusaha muda. 

Untuk program kerja HIPMI sendiri, Harmen menyampaikan salah satunya yaitu program kuliah kewirausahaan HIPMI melalui HIPMI Perguruan Tinggi (PT).

"Kita berterima kasih kepada Pak Menpora yang menyambut HIPMI. Kita menyambut baik program beliau yang mencetak entrepreneur. Untuk program kerja HIPMI, kami lebih menekankan kolaborasi HIPMI PT yang telah dicanangkan melalui HIPMI Coffee yang bekerjasama dengan Kapal Api, tapi kita tingkatkan kerjasamanya dengan Kemenpora," tutur Harmen.

Tidak hanya berkolaborasi dengan bidang pengembangan kewirausahaan di Kemenpora saja, Harmen menambahkan, tetapi juga berkolaborasi di bidang-bidang lain seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, dan bank.

"HIPMI dan Kemenpora membantu untuk mendorong kebijakan yang pro pengusaha pemuda, seperti memudahkan pinjaman kredit bank untuk pengusaha muda. Selain itu, HIPMI berperan di FIFA U-20 untuk meningkatkan hype di kalangan pemuda," pungkasnya.

Adapun Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan tugas mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) indonesia menjadi unggul adalah kewajiban semua pihak. 

Karena itu, Kemenpora terus mendorong para pemuda Indonesia untuk menjadi kreatif, mandiri dan berdaya saing, tanpa ini pasti para pemuda termasuk mahasiswa Indonsia akan tertinggal dengan perkembangan zaman.

"Ujung dari kreativitas, inovasi, kemandirian, dan kemampuan untuk berdaya saing adalah kewirausahaan. Jadi, kami dorong supaya para pemuda kita punya semangat kewirausahaan sudah terbangun sejak masih menjadi mahasiswa. Untuk mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, kalau kita tidak persiapkan mereka sejak di perguruan tinggi, maka akibatnya setelah dia lulus adalah mencari pekerjaan," ujar Zainudin.

Ia juga mengatakan, Indonesia dibandingkan negara-negara lain jauh tertinggal dan sangat kecil persentasenya. Bahkan persentase orang Indonesia yang berwirausaha dengan orang Malaysia jauh tertinggal.

"Ini yang menjadi konsen dari Kemenpora dan menjadi salah satu program prioritas untuk mengajak anak muda semangat berwirausaha. Dan secara berjenjang kita akan fasilitasi, dan kita akan seleksi siapa yang punya kesungguhan sampai kita antarkan mereka menjadi wirausaha," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Senin, 17 Mei 2021 - 16:09 WIB

Kementan Pastikan Stok Komoditas Hewani Aman Pasca Lebaran

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyampaikan stok ketersediaan daging komoditas hewani khususnya ruminansia masih tersedia…

Ekspansi Lucy in The Sky

Senin, 17 Mei 2021 - 16:01 WIB

Raih Dana IPO Sebesar Rp33,7 Miliar, Lucy in The Sky Tancap Gas Lakukan Ekspansi dan Pengembangan Bisnis

PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. sebagai pemilik dan pengelola Lucy in The Sky telah resmi melantai di bursa saham pada 5 Mei 2021 lalu. Melalui Initial Public Offering (IPO), perseroan berhasil menghimpun…

Replika Kapal Titanic di Cina (Ist)

Senin, 17 Mei 2021 - 15:30 WIB

Cina Bangun Replika Kapal Titanic Untuk Tempat Wisata

Kapal pesiar mewah nan ikonik Titanic yang diabadikan melalui film layar lebar pada 1997 ini akan dibangun replikanya di Cina. Salah satu tujuan pembangunan ini adalah sebagai daya tarik wistawan…

Pembangunan Bendungan Ameroro

Senin, 17 Mei 2021 - 15:27 WIB

Pemerintah Siapkan Dana Sebesar Rp 1,48 Triliun Bangun Bendungan Ameroro Berkapasitas 43,44 Juta m3 di Sultra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Bendungan Ameroro di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga masuk dalam daftar…