Komisi I DPR Sebut Rencana Masuknya Dana Asing pada Proyek Data Center Nasional Mengkhawatirkan

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 31 Juli 2020 - 10:30 WIB

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Sukamta khawatir dengan rencana Pemerintah dalam percepatan pembiayaan dana asing untuk pembangunan Pusat Data Nasional di Indonesia.

“Pembiayaan oleh asing tersebut berpotensi terjadinya penambangan data yang nantinya akan semakin terbuka,” tutur Sukamta melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (31/7/2020).

Sebelumnya Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendorong percepatan pembiayaan Perancis untuk pembangunan Pusat Data Nasional di Indonesia.

“Mengapa untuk bangun data center, yang merupakan infrastrukfur vital Pemerintah, harus dengan dana asing? Semua data Pemerintah akan ada dalam pusat data tersebut. Wajar timbul kekhawatiran apabila ada campur tangan asing di situ. Potensi penambangan data oleh asing menjadi semakin terbuka,” jelasnya.

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) tersebut mengingatkan Pemerintah agar kedaulatan data Indonesia jangan sampai tergadaikan, sehingga ia menekankan bahwa skema kerja sama harus diperjelas terkait persoalan teknis dan implementasinya. Menurutnya banyak pemain lokal Indonesia yang lebih kompeten.

“Di Indonesia sudah banyak pemain data center yang diakui global. Bahkan ada cloud computing provider global yang 'numpang' di data center lokal kita. Kita harus bisa mandiri. Bibit-bibit yang kompeten harus kita dukung. Jangan justeru kita membesarkan kepentingan asing,” tutur Sukamta.

Menurutnya pemerintah saat ini menghadapi era industri 4.0 dengan setengah hati terbukti dari skema pendanaan asing ini.

“Skema pendanaan dari asing ini buktinya, urusan yang sangat vital pun kita tidak berusaha untuk berdikari. Ini yang perlu kita perjelas, agar kedaulatan kita sekarang dan akan datang tetap terjaga secara utuh,” pungkas politisi dapil Yogyakarta itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anggota Komisi I DPR RI - Rizki Aulia Natakusumah (Photo by Parlementaria Terkini DPR)

Jumat, 18 September 2020 - 13:30 WIB

Komisi I Dukung Pembangunan Jaringan Telekomunikasi di Daerah 3T

Menurut Rizki Aulia Natakusumah, digitalisasi merupakan keniscayaan, karena masih banyak masyarakat yang belum tersentuh akses internet, bahkan layanan telekomunikasi.

Arya Sinulingga

Jumat, 18 September 2020 - 13:25 WIB

Staf Khusus Erick Thohir Sebut Jajaran Komisaris BUMN Diisi Orang-orang TOP

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengapresiasi kinnerja Erick Thohir yang mwmilih orang-oraang terbaik sebagai komisaris perusahaan pelat merah.

FIFA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 September 2020 - 13:00 WIB

Sepak Bola Dunia $ 14 Miliar Dampak Pandemi Covid-19

Angka $ 14 miliar didasarkan pada skenario saat ini, di mana sepak bola perlahan mulai dapat kembali merumput, setelah tiga bulan absen sejak awal tahun ini. Namun, hal itu akan menjadi “permainan…

Yuni Shara

Jumat, 18 September 2020 - 12:00 WIB

Kenapa Yuni Shara Sedih Duet dengan Didi Kempot?

Setelah berfikir panjang, dengan alasan lagu Didi Kempot menurutnya susah untuk dibawakan, juga judul-judul lagu yang disodorkan membuat dirinya berfikir keras.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae Beserta Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dengan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, di Serang (Photo by Runi/Man)

Jumat, 18 September 2020 - 11:45 WIB

Komisi V Dukung Pembangunan Fly Over Sudirman Serang Terealisasi di Tahun 2022

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae mengatakan, pembangunan fly over tersebut untuk kepentingan masyarakat luas, sehingga harus terealisasi di tahun 2022.