Rusun Senilai Rp 12,49 Miliar Siap Dihuni Mahasiswa Instutut Teknologi Padang

Oleh : Herry Barus | Jumat, 31 Juli 2020 - 16:00 WIB

Rusun Senilai Rp 12,49 Miliar Siap Dihuni Mahasiswa Intutut Teknologi Padang
Rusun Senilai Rp 12,49 Miliar Siap Dihuni Mahasiswa Intutut Teknologi Padang

INDUSTRY.co.id - Padang  - Rumah Susun Mahasiswa Institut Teknologi Padang (ITP) dibangun setinggi tiga lantai. Jumlah unit huniannya sebanyak 43 unit dengan tipe 24. Rusun ini nantinya akan dilengkapi dengan air, listrik, dan meubelair, seperti tempat tidur, lemari, kursi dan meja belajar sebagai prasarana pendukung.

Kementerian PUPR terus mendorong pembangunan rumah susun (Rusun) untuk mahasiswa di Indonesia termasuk di Institut Teknologi Padang (ITP) Sumatera Barat. Rusunawa mahasiswa ITP akan dibangun setinggi tiga lantai dengan anggaram senilai Rp 12,49 Milyar.

"Kami akan mendorong mahasiswa ITP untuk belajar tinggal di Rusunawa," ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Sumatera III Zubaidi di dampingi PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus Bapak Syafrianto saat melakukan kunjungan lapangan ke lokasi pekerjaan pembangunan Rumah Susun Kampus ITP beberapa waktu lalu.

Pembangunan Rusun mahasiswa di berbagai daerah sebagai dukungan Pemerintah dalam penyediaan hunian layak dan penataan di kawasan lingkungan pendidikan. Diharapkan dengan dibangunnya Rusun bisa menambah semangat dan kenyamanan para mahasiswa dalam proses belajar.

"Anggaran yang akan dialokasikan Kementerian PUPR untuk membangun Rusun mahasiswa ITP adalah Rp 12,49 Milyar," terangnya.

Zubaidi menjelaskan, saat ini pihaknya terus mendorong progres pekerjaan di lapangan dan berharap pada akhir tahun ini seluruh pekerjaan dapat selesai. Untuk itu, dirinya juga meminta pelaksana kontraktor untuk memaksimalkan jam kerja pekerja di lapangan dan menambah pekerja untuk percepatan pekerjaan dan material bangunan harus sudah siap di lapangan.

"Rusun mahasiswa ITP ini akan memberikan manfaat bagi kemajuan kualitas pendidikan di Kota Padang. Semua pihak yang terlibat dalam pembangunan mampu bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik sehingga pembangunan berjalan lancar," katanya.

Pembangunan Rusun Institut Teknologi Padang (ITP) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui dana APBN 2020. Pembangunan rumah susun tersebut bakal dimulai pada April dan diperkirakan selesai pada Desember mendatang.

Rumah susun tersebut dibangun diatas tanah Kampus II ITP yang berlokasi di Jalan DPR kawasan By Pass Kota Padang, oleh Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Sumatera Barat, Direktorat Jendral (Ditjen) Penyediaan Perumahan.

Rektor ITP Hendri Nofrianto kepada awak media waktu itu  mengaku senang atas bantuan yang dberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR. Apalagi rumah susun ini adalah rumah susun pertama yang dibangun di lingkungan kampus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…