Ngeri! Mantan Menkeu Ini Ramal Tiga Sektor Industri Tak Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Oleh : Ridwan | Kamis, 30 Juli 2020 - 13:35 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Ekonom Chatib Basri menilai beberapa industri seperti perhotelan, restoran dan penerbangan teracam gulung tikar jika tingkat pengunjung dan penumpang belum mencapai batas maksimal tertentu pada enam bulan ke depan.

Ia menghitung, industri penerbangan mampu bertahan apabila pergerakan penumpang mencapai 60 persen dari angka normal. Sedangkan, sektor perhotelan dapat bertahan jika tamu tidak kurang dari 50 persen. Sementara untuk restoran dapat hidup dan beroperasi jika pengunjung mencapai 40 persen.

"Ketika enam bulan rugi, dari sekarang hotel, maskapai, dan restoran bisa tutup. Sebab lebih murah untuk tutup ketimbang mereka buka," kata Chatib Basri dalam diskusi virtual di Jakarta, kemarin.

Ia menilai akan sulit mendorong ketiga industri tersebut untuk bertahan jika pemerintah tidak segera menyelesaikan pandemi Covid-19. 

Disisi lain, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang terlalu lama dapat menguras keuangan negara lantaran anggaran jaminan sosial tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat.

"Jadi kalau kita mau minta PSBB berjalan baik, bukan hanya protokol kesehatan. Kita harus kasih perlindungan. mereka (masyarkat) bisa memutuskan tinggal di rumah untuk menghindari wabah atau bekerja atau beraktivitas," tutur Mantan Menteri Keuangan Ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.