Pacu Pangsa Pasar, MNC Vision Networks Berinovasi dengan QR Code

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 30 Juli 2020 - 12:35 WIB

Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (tengah), berpose bersama Direksi PT MNC Sky Vision Tbk dan PT MNC Vision Network Tbk usai acara paparan publik kedua perseroan di Jakarta, Selasa (28/07/2020)
Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (tengah), berpose bersama Direksi PT MNC Sky Vision Tbk dan PT MNC Vision Network Tbk usai acara paparan publik kedua perseroan di Jakarta, Selasa (28/07/2020)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) dan PT MNC Vision Network Tbk (IPTV) sedang mempersiapkan diri untuk melakukan inovasi digital, yaitu berupa penerapan QR Code. Dengan penerapan tersebut, maka kedua perusahaan MNC Group itu akan memberikan kemudahan layanan kepada para pelanggan melalui pemanfaatan pengembangan digital saat ini.

Menurut Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, penggunaan QR Code dapat memudahkan pelanggan memilih paket program channel yang bisa dibayar melalui website. Lebih lanjut, inovasi ini diperkirakan bakal mendorong kenaikan pangsa pasar dan peningkatan kinerja perusahaan.

“Kita akan mengembangkan teknologi QR Code wilayah yang mana bisa di MNC Sky Vision dan MNC Vision Networks. Nanti pelanggan bisa membeli dua bulan mereka tinggal scan melalui website dan bisa memilih paket program dan channel yang diinginkan," papar Hary dalam acara public expose kedua perusahaan di Jakarta, Selasa (28/07/2020)

Dengan memanfaatkan QR Code, pihaknya optimistis dapat meningkatkan pangsa pasar yang tinggi. Apalagi penggunaan QR Code sejalan dengan rencana pemerintah yang ingin meningkatkan digitalisasi keuangan. “Saya rasa market pasarnya akan baik dan tinggi,” tutur Hary.

Saat ini pangsa pasar PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) dan PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) masih didominasi oleh lokal. Di saat yang sama, animo masyarakat untuk menikmati layanan juga menguat di tengah pandemi.

“Potensi bisnis sangat besar tahun ini, karena itu kita perkuat timnya untuk meningkatkan pendapatan tahun ini, apalagi Covid-19 saat ini membuat permintaan layanan terus meningkat karena orang bosan di rumah jadi pilih jaringan internet,” jelas Hary.

Hary merinci pelanggan Vision+ lebih dari 1,2 juta orang, dengan registered user mencapai 4,6 juta dan tumbuh terus. Target sampai akhir tahun, jumlah pelanggan ini bisa tumbuh sampai 2 juta pelanggan. Sedangkan, jumlah pengguna aktif bulanan (Monthly active user/MUA) Vision+ saat ini telah mencapai 29 juta orang. Itu artinya, pelanggan IPTV masih mendominasi pasar.

"Yang suka international content, Hollywood, dan sebagainya itu segmen atas, bukan menengah. Sasaran kami dengan Vision+ ini adalah middle up segment," ungkapnya. Hary melanjutkan, kegemaran masyarakat Indonesia akan konten lokal dapat dibuktikan dengan pangsa pasar kanal televisi berbayar di Indonesia dimana sekitar 70 persen dimiliki lokal.

Hingga akhir 2020, korporasi bakal melakukan rencana-rencana bisnis dengan memperkuat sektor bisnis tanpa harus banyak mengeluarkan capital expenditure. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…

Menteri Perindustrian Dukung Penuh Proyek Revamping TPPI

Kamis, 24 September 2020 - 17:17 WIB

Usai Diakuisisi Pertamina, TPPI Tancap Gas Garap Proyek Revamping Platforming dan Aromatik Senilai USD 180 Juta

Proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Platforming Unit dari 50.000 barrel per hari menjadi 55.000 barrel per hari dan kapasitas produksi Paraxylene  600.000 ton per tahun menjadi…

COTTON Day 2020

Kamis, 24 September 2020 - 17:15 WIB

Lewat COTTON Day 2020, Ratusan Pelaku Industri Tekstil Bertemu Dorong Transformasi Pasca Pandemi Covid-19

Cotton Council International dengan merek dagang COTTON DAY kembali mengadakan agenda tahunan yang mempertemukan para pelaku industri tekstil dan fashion di Indonesia.

Tambang Batubara (ist)

Kamis, 24 September 2020 - 17:03 WIB

Menteri Arifin: Hilirisasi Sektor Minerba Jadi Kunci Pengoptimalan Produk Pertambangan

Menurut Menteri Arifin, Kebijakan hilirisasi ini harus direspon dengan industri-industri hilirnya. Pasalnya, industri pendukung inilah yang akan menampung hasil dari produk yang sudah di hilirisasi.

PLTS Ilustrasi (ist)

Kamis, 24 September 2020 - 16:50 WIB

Pemerintah Targetkan Tambahan 16,7 Giga Watt Pembangkit EBT, Ini Tantangannya

Rencananya, pemerintah akan menambahkan 16,7 Giga Watt (GW) dalam kurun waktu 10 tahun sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Perusahaan Listrik Negara 2019 - 2028.