Bangkitkan Ekonomi Daerah, Anak Buah Luhut Raker di Banyuwangi: Silahkan Anda Belanja Sebanyak-Banyaknya...

Oleh : Candra Mata | Kamis, 30 Juli 2020 - 07:45 WIB

 Kemenko Maritim dan Investasi rapat kerja di Banyuwangi
Kemenko Maritim dan Investasi rapat kerja di Banyuwangi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Seratusan pegawai Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengadakan Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi pada Senin-Rabu, 27-29 Juli 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Agung Kuswandono selaku Sekretaris Kementerian Koordinator mengatakan, Banyuwangi dipilih karena merupakan salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia.

“Memang Banyuwangi itu sangat kaya akan budaya, maka dijadikan destinasi wisata prioritas di Indonesia. Tadi, teman-teman sudah menampilkan sedikit nuansa budaya Banyuwangi melalui tarian. Seragam batik yang kita gunakan juga merupakan khas etnik Banyuwangi,” kata Sesmenko Agung.

Selain itu, menurutnya Kemenko Marves yang mengkoordinasikan tujuh kementerian dan lembaga, mempunyai tanggungjawab yang semakin besar untuk turut membantu menggerakkan ekonomi daerah sesuai arahan Presiden.

Dikatakannya, dengan adanya pandemi Covid-19, berbagai macam kegiatan turun drastis. Sebagian negara menurutnya malah sudah mengalami resesi.

"Seperti yang dialami Singapura dan Korea Selatan. Namun, masalah utama bagi Indonesia adalah bukan soal Covid-nya tetapi soal ekonominya yang merupakan pengaruh dari pandemi ini,” ungkap Agung.

Untuk itu, Agung mengingatkan bahwa sesuai pesan Presiden untuk membuat perekonomian meningkat lagi pada triwulan tiga tahun ini, salah satunya melalui kegiatan dan belanja pemerintah seperti yang dilakukan Kemenko Maritim di Banyuwangi ini.

"Saya menyampaikan kepada semua peserta, Silahkan berbelanja sebanyak-banyaknya. Istilahnya, habiskan uang Anda di UMKM agar masyarakat Banyuwangi makmur," kata Agung kepada peserta rapat kerja.

Sementara itu, dengan kembali menggeliatnya kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition atau MICE disertai protokol kesehatan, Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengapresiasi langkah oemerintah sekaligus optimistis ekonomi Banyuwangi bakal kembali bergerak. 

"Pelaku UMKM, warung-warung rakyat, jasa transportasi dan akomodasi akan kembali laris," ujarnya.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi, Menko Marves, Menparekraf, dan Gubernur Jatim yang selama ini selalu mendukung inovasi daerah dalam menyiapkan pemulihan ekonomi di era adaptasi kebiasaan baru,” tandas Bupati Anas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Webinar bertema Kiat Tetap Positif, Sehat, dan Semangat Menghadapi Pandemi bersama Dr. Farhan Zubedi & Chef Rebecca Suwignyo,

Jumat, 06 Agustus 2021 - 00:49 WIB

Konsumsi Tempe dan Kelola Pikiran Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

PT Kobe Boga Utama lewat aksi peduli bertajuk Stay Well Stay Strong, melakukan beberapa rangkaian acara guna memberikan support kepada masyarakat dalam menghadapi wabah ini serta memotivasi…

Gedung Antam

Kamis, 05 Agustus 2021 - 22:49 WIB

Petinggi Antam Diperiksa Kejagung

Kejaksaan Agung Republik Indonesia akhirnya mengikuti berbagai desakan Komisi Hukum DPR RI untuk mengungkap skandal penyelundupan imporemas batangan yang dilakukan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk.…

irektur Utama BTN, Haru Koesmahargyo/swa

Kamis, 05 Agustus 2021 - 21:08 WIB

CEO BTN, Haru Koesmahargyo: Stimulus Pemerintah Genjot Sektor Perumahan

Jakarta– CEO BTN Haru Koesmahargyo PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyebut, faktor pendorong pertumbuhan perumahan saat ini adalah stimulus-stimulus yang diberikan pemerintah ke sektor…

Gubernur Anies dan Relawan Kesehatan

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:30 WIB

Gubernur Anies Lepas Pulang Relawan Kesehatan: Terimakasih Ibu/Bapak Telah Tulus Berjuang Menangani Pasien Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari ini turut melepas Relawan Tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Ekstensi Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede yang berasal dari RS Vertikal Kementerian Kesehatan…

Ilustrasi Pekerja Pabrik Tekstil Pan Brothers

Kamis, 05 Agustus 2021 - 20:07 WIB

Kembali Diguguat, Pan Brothers Bakal 'Mati-matian' Lawan Maybank

PT Bank Maybank Indonesia Tbk kembali menggugat PT Pan Brothers Tbk ke ranah hukum. Setelah pengajuan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) ditolak, kali ini perusahaan mengajukan permohonan…