Bangkitkan Ekonomi Daerah, Anak Buah Luhut Raker di Banyuwangi: Silahkan Anda Belanja Sebanyak-Banyaknya...

Oleh : Candra Mata | Kamis, 30 Juli 2020 - 07:45 WIB

 Kemenko Maritim dan Investasi rapat kerja di Banyuwangi
Kemenko Maritim dan Investasi rapat kerja di Banyuwangi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Seratusan pegawai Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengadakan Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi pada Senin-Rabu, 27-29 Juli 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Agung Kuswandono selaku Sekretaris Kementerian Koordinator mengatakan, Banyuwangi dipilih karena merupakan salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia.

“Memang Banyuwangi itu sangat kaya akan budaya, maka dijadikan destinasi wisata prioritas di Indonesia. Tadi, teman-teman sudah menampilkan sedikit nuansa budaya Banyuwangi melalui tarian. Seragam batik yang kita gunakan juga merupakan khas etnik Banyuwangi,” kata Sesmenko Agung.

Selain itu, menurutnya Kemenko Marves yang mengkoordinasikan tujuh kementerian dan lembaga, mempunyai tanggungjawab yang semakin besar untuk turut membantu menggerakkan ekonomi daerah sesuai arahan Presiden.

Dikatakannya, dengan adanya pandemi Covid-19, berbagai macam kegiatan turun drastis. Sebagian negara menurutnya malah sudah mengalami resesi.

"Seperti yang dialami Singapura dan Korea Selatan. Namun, masalah utama bagi Indonesia adalah bukan soal Covid-nya tetapi soal ekonominya yang merupakan pengaruh dari pandemi ini,” ungkap Agung.

Untuk itu, Agung mengingatkan bahwa sesuai pesan Presiden untuk membuat perekonomian meningkat lagi pada triwulan tiga tahun ini, salah satunya melalui kegiatan dan belanja pemerintah seperti yang dilakukan Kemenko Maritim di Banyuwangi ini.

"Saya menyampaikan kepada semua peserta, Silahkan berbelanja sebanyak-banyaknya. Istilahnya, habiskan uang Anda di UMKM agar masyarakat Banyuwangi makmur," kata Agung kepada peserta rapat kerja.

Sementara itu, dengan kembali menggeliatnya kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition atau MICE disertai protokol kesehatan, Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengapresiasi langkah oemerintah sekaligus optimistis ekonomi Banyuwangi bakal kembali bergerak. 

"Pelaku UMKM, warung-warung rakyat, jasa transportasi dan akomodasi akan kembali laris," ujarnya.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi, Menko Marves, Menparekraf, dan Gubernur Jatim yang selama ini selalu mendukung inovasi daerah dalam menyiapkan pemulihan ekonomi di era adaptasi kebiasaan baru,” tandas Bupati Anas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.