Bangkitkan Ekonomi Daerah, Anak Buah Luhut Raker di Banyuwangi: Silahkan Anda Belanja Sebanyak-Banyaknya...

Oleh : Candra Mata | Kamis, 30 Juli 2020 - 07:45 WIB

 Kemenko Maritim dan Investasi rapat kerja di Banyuwangi
Kemenko Maritim dan Investasi rapat kerja di Banyuwangi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Seratusan pegawai Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengadakan Rapat Kerja Monitoring dan Evaluasi pada Senin-Rabu, 27-29 Juli 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Agung Kuswandono selaku Sekretaris Kementerian Koordinator mengatakan, Banyuwangi dipilih karena merupakan salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia.

“Memang Banyuwangi itu sangat kaya akan budaya, maka dijadikan destinasi wisata prioritas di Indonesia. Tadi, teman-teman sudah menampilkan sedikit nuansa budaya Banyuwangi melalui tarian. Seragam batik yang kita gunakan juga merupakan khas etnik Banyuwangi,” kata Sesmenko Agung.

Selain itu, menurutnya Kemenko Marves yang mengkoordinasikan tujuh kementerian dan lembaga, mempunyai tanggungjawab yang semakin besar untuk turut membantu menggerakkan ekonomi daerah sesuai arahan Presiden.

Dikatakannya, dengan adanya pandemi Covid-19, berbagai macam kegiatan turun drastis. Sebagian negara menurutnya malah sudah mengalami resesi.

"Seperti yang dialami Singapura dan Korea Selatan. Namun, masalah utama bagi Indonesia adalah bukan soal Covid-nya tetapi soal ekonominya yang merupakan pengaruh dari pandemi ini,” ungkap Agung.

Untuk itu, Agung mengingatkan bahwa sesuai pesan Presiden untuk membuat perekonomian meningkat lagi pada triwulan tiga tahun ini, salah satunya melalui kegiatan dan belanja pemerintah seperti yang dilakukan Kemenko Maritim di Banyuwangi ini.

"Saya menyampaikan kepada semua peserta, Silahkan berbelanja sebanyak-banyaknya. Istilahnya, habiskan uang Anda di UMKM agar masyarakat Banyuwangi makmur," kata Agung kepada peserta rapat kerja.

Sementara itu, dengan kembali menggeliatnya kegiatan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition atau MICE disertai protokol kesehatan, Bupati Banyuwangi Azwar Anas mengapresiasi langkah oemerintah sekaligus optimistis ekonomi Banyuwangi bakal kembali bergerak. 

"Pelaku UMKM, warung-warung rakyat, jasa transportasi dan akomodasi akan kembali laris," ujarnya.

“Terima kasih kepada Presiden Jokowi, Menko Marves, Menparekraf, dan Gubernur Jatim yang selama ini selalu mendukung inovasi daerah dalam menyiapkan pemulihan ekonomi di era adaptasi kebiasaan baru,” tandas Bupati Anas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kampus UBSI Ciputat

Selasa, 13 April 2021 - 14:30 WIB

Upaya Calon Mahasiswa di Tengah Wabah Covid-19

Ahmad Rofikin, pria yang akrab disapa Fikin adalah seorang anak muda berusia 25 tahun yang merantau dari desanya di Plantungan, Kendal ke Kota Tangerang Selatan, Banten untuk mengubah hidupnya.…

Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar ketika menyaksikan secara virtual simbolis penandatanganan Akad Massal 1.500 Nasabah BSI KPR Sejahtera dengan total nominal Rp195 miliar

Selasa, 13 April 2021 - 13:43 WIB

BSI Gelar Akad Massal 1500 Nasabah KPR Sejahtera

Bank Syariah Indonesia melaksanakan akad massal 1500 nasabah Program BSI KPR Sejahtera di 17 Provinsi serentak secara online. Program BSI KPR Sejahtera merupakan bentuk partisipasi dalam mendukung…

Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselir Jerman Angela Merkel saat membukan Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:21 WIB

Menperin: Bapak Presiden Optimis Industri 4.0 Jadikan Indonesia Top 10 Ekonomi Global di 2030

Pemerintah optimistis penerapan industri 4.0 dapat mewujudkan visi besar untuk menjadikan Indonesia bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Aspirasi…

Presiden Jokowi di Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:17 WIB

Jokowi Bicara Pentingnya SDM Industri 4.0 di Hannover Messe 2021

Saat pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, Presiden Joko Wododo (Jokowi) menegaskan tiga hal utama dalam mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0.  Pertama, penguatan SDM…

Hotel Boutique Sala Bangkok

Selasa, 13 April 2021 - 12:00 WIB

Tim Eksekutif Dukung Pembukaan Hotel Sala Boutique Bangkok

Boutique Sala Bangkok, hotel dan resor bergaya dan bersahabat dari SALA Hospitality Group, telah memperkenalkan jajaran profesional perhotelan yang sangat terampil untuk memimpin sala bang pa-in,…