MenkopUKM Gandeng Facebook Group Perbanyak UMKM Masuk Pasar Digital

Oleh : Ridwan | Rabu, 29 Juli 2020 - 15:30 WIB

MenkopUKM Teten Masduki didampingi Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari dan Direktur Utama LLP (smesco indonesia) Leonard Theosabrat saat konferensi pers (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
MenkopUKM Teten Masduki didampingi Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari dan Direktur Utama LLP (smesco indonesia) Leonard Theosabrat saat konferensi pers (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM jalin sinergi dengan Facebook Group untuk mempercepat program teknologi digitalisasi bagi Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) di Indonesia.

"Jadi, ini adalah bagian dari proses menuju digitalisasi, dimana para UMKM tidak hanya bisa memasarkan produknya lewat e-Commerce tapi juga melalui Media Sosial (medos)," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Dijelaskan Teten, digitalisasi bukan hanya dilakukan saat pandemi saja. Ia melihat tren belanja online melalui marketplace dari tahun ke tahun semakin meningkat.

"Digitalisasi untuk UMKM itu sangatlah penting untuk memperluas akses pasar. Oleh karena itu, kami menggandeng semua saluran digit untuk membantu UMKM pasarkan produk-produknya," terangnya.

Selain itu, lanjut Teten, digitalisasi juga akan memudahkan UMKM mengakses pembiayaan, serta akan membuat proses bisnis menjadi lebih efisien dan akuntable. 

"Ini penting bagi UMKM untuk mendapatkan investasi yang lebih besar," tutur Teten.

Teten berharap dengan kerja sama ini dapat meningkatkan angka UMKM yang masuk ke pasar digital. "Target kita akhor tahun 10 juta UMKM yang terhubung dengan digital. Denga  kerja sama ini mudah-mudahan terlampaui," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari mengapresiasi ajakan KemenkopUKM untuk bersama-sama mengembangkan program digitalisasi bagi UMKM.

"Ini juga menjadi fokus kami untuk membantu pemerintah mengembangkan UMKM masuk ke ranah digital. Apalagi, saat ini UMKM me jadi tulang punggung ekonomi Indonesia," jelas Ruben.

Nantinya, lanjut Ruben, pihaknya bekerjasama dengan Smesco Indonesia akan menggelar pelatihan-pelatiha  secara virtual bagi UMKM. 

Ruben menargetkan 6 bulan hingha satu tahun kedepan ada 15 ribu UMKM yang akan masuk ke pasar digital. 

"Kami siap bantu UMKM sebisa mungkin, bukan hanya memulihkan bisnisnya tetapi bagaimana kita bisa menemukan mutiara-mutiara baru dari UMKM yang akan go internasional," tutup Ruben.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Anies Baswedan

Kamis, 24 September 2020 - 18:05 WIB

Sah! Anies Resmi Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 10 Oktober 2020

Pemprov DKI Jakarta mantap memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 10 Oktober 2020, mengingat jumlah kasus positif Covid-19 masih menanjak.

Dua Bulan Lagi Kompetisi Liga 1 dan 2 Kembali Berlangsung

Kamis, 24 September 2020 - 18:00 WIB

IPW Beda Pendapat dengan Ketum PSSI Terkait Penyelenggaraan Liga 1 dan 2

Polri diimbau agar tidak memberi ijin pelaksanaan pertandingan sepakbola Liga 1 dan 2. Sebab pandemi Covid 19 saat ini makin menyalak, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyaknya klaster…

PT Taspen (Persero)

Kamis, 24 September 2020 - 17:54 WIB

Taspen Buka 21 Lowongan Kerja Untuk Lulusan SLTA Hingga S2, Ini Posisi yang Ditawarkan

Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang asuransi Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara, PT Taspen (Persero)…

Presiden Joko Widodo

Kamis, 24 September 2020 - 17:45 WIB

Lagi-lagi Jokowi Semprot Sejumlah Menterinya, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya tidak membuat program masing-masing. Ia mengatakan, program harus dibuat berintegritas antara kementerian satu dengan kementerian lainnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 24 September 2020 - 17:30 WIB

Cegah Kluster Industri, Menperin Agus Minta Asosiasi dan Penggelola KI Pantau Aktivitas Pekerja di Luar Pabrik

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meminta kepada asosiasi dan pelaku industri serta pengelola kawasan industri (KI) untuk terus menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya…