Bikin Bangga! Pemuda Ini Harumkan Kopi Indonesia di Amerika Serikat

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 28 Juli 2020 - 11:15 WIB

Belift Green Beans - Startup dan Eksportir Kopi Indonesia
Belift Green Beans - Startup dan Eksportir Kopi Indonesia

INDUSTRY.co.id - San Francisco  - Hambatan ekonomi akibat pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat generasi muda Indonesia untuk berupaya meningkatkan gaung produk Indonesia di Luar Negeri. salah satunya dengan memperkenalkan kopi Indonesia di pasar AS, khususnya kawasan San Fransisco.

Salah satu contoh semangat para muda Indonesia dapat dilihat melalui, Belift Green Beans, startup sekaligus eksportir kopi Indonesia asal Surabaya, Provinsi Jawa Timur, yang secara resmi memperkenalkan produk biji kopi Jawa dan program mereka melalui webinar yang diselenggarakan oleh Boot Coffee (komunitas edukasi kopi di San Francisco) pada tanggal 16 Juli 2020. Kegiatan ini didukung oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco.

Belift Green Beans merupakan bagian dari Belift Coffee, startup karya anak muda Indonesia di San Francisco yaitu Ivan Leonardo Hartanto dan Kevin Soewondo. Didirikan pada tahun 2019, Belift Coffee fokus untuk memperkenalkan Kopi Indonesia dan memiliki misi utama yaitu mendayagunakan komunitas lokal dan memberikan dampak ekonomi langsung kepada penghasil kopi Indonesia.

Pendekatan dan inovasi yang dilakukan Belift Coffee untuk memperkenalkan kopi Indonesia mencakup program catering kopi bagi perusahaan dan pekerja kantoran di San Francisco, serta bermitra dengan organisasi nirlaba untuk melatih komunitas tunawisma muda di San Francisco untuk menjadi barista.

“Profil dan keunggulan kopi mereka, selain berkualitas tinggi, konsisten dan terpercaya, kami berkerja sama dengan petani lokal dapat memastikan biji kopi dapat dilacak (traceable),” ujar Kevin Soewondo melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (27/7/2020).

Ia juga memperkenalkan koleksi biji kopi dari wilayah Jawa yaitu Kopi Argopuro (Jawa Timur), Kopi Temanggung (Jawa Tengah), dan Kopi Subang (Jawa Barat), dimana asing-masing kopi ini memiliki keunikan rasa dan profil tersendiri.

Pada kesempatan ini, disampaikan  pula tentang adanya potensi besar dari pasar AS untuk produk kopi Indonesia yang bernilai jutaan dollar AS. Lebih jauh lagi, Belift Coffee menyampaikan mengenai permintaan pembelian awal dari beberapa importir kopi besar untuk kopi Indonesia pada musim panen tahun ini.

KJRI San Fransisco sendiri selalu hadir dan mendukung langkah-langkah pengusaha muda anak negeri untuk mempromosikan produk unggulan Indonesia. KJRI San Francisco mengundang Belift Coffee dan berkolaborasi untuk mempromosikan kopi Indonesia pada berbagai kegiatan pameran, serta menghubungkan kepada importir atau potential buyers di Pantai Barat.

Secara khusus, pada webinar Konjen RI San Francisco, Bapak Simon D.I Soekarno, menyampaikan rasa bangga terhadap Belift Coffee dan mengharapkan lebih banyak penikmat kopi AS yang tahu dan mengenal ragam kopi Indonesia di masa yang akan datang, lebih lanjut, Konjen Simon juga sampaikan harapannya akan dampak positif kemajuan perdagangan kopi Indonesia di AS terhadap Petani Kopi di Indoensia.

Diplomasi ekonomi merupakan misi utama dalam kegiatan diplomasi Indonesia. Kopi adalah salah satu komoditas ekspor yang digunakan untuk mempromosikan buday a Indonesia di luar negeri, sekaligus memiliki nilai potensial untuk mendukung perekonomian.

Pada tahun 2019, nilai ekspor kopi ke AS mencapai USD 301.69 juta. Dari jumlah tersebut, sebesar USD 104 juta atau hampir 35% nya masuk melalui pelabuhan di wilayah kerja KJRI San Francisco, yaitu Pelabuhan San Francisco (California), Seattle (Washington State), dan Anchorage (Alaska).

Pantai Barat AS dan kopi pun saling berkaitan erat karena merupakan tempat berkembangnya budaya kopi (coffee culture) di AS dan merupakan markas perusahaan kopi dan importir besar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…