AQ: Sepakbola Harus Jadi Tempat Sosialisasi Kehidupan Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Juli 2020 - 17:00 WIB

Presiden Madura United FC Achsanul Qosasi
Presiden Madura United FC Achsanul Qosasi

INDUSTRY.co.id - Madura- Kompetisi Liga 1 2020 tengah dalam persiapan untuk kembali digelar. Rencananya, kompetisi domestik tertinggi Indonesia itu akan kembali diputar 1 Oktober 2020.

Sebelumnya, kompetisi tersebut dihentikan sementara seiring dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia pada Bulan Maret 2020. Tak ayal, sejak 15 Maret 2020, kompetisi resmi dihentikan sementara pasca laga Madura United kontra Bali United FC.

Sejatinya, sejauh ini, wabah Covid-19 masih belum sirna di Tanah Air. Akan tetapi, pemerintah pusat tengah mencanangkan untuk menerapkan kehidupan baru atau yang familiar disebut new normal.

Tak heran, Presiden Madura United Achsanul Qosasi berharap, kembali bergulirnya kompetisi bisa menjadi ajang sosialisasi dalam penerapan kehidupan baru itu. Dia juga menyebutkan, suporter juga harus ikut andil mempelopori itu dari daerah masing-masing.

“Kompetisi diperbolehkan berputar kembali. Sepak bola harus menjadi tempat sosialisasi kehidupan baru yang sangat efektif. Suporter menjadi ujung tombak di daerahnya masing-masing,” ujarnya, Kamis (23/7/2020).

Di samping itu, pria yang familiar disapa AQ ini menceritakan telah berdiskusi tentang kembalinya Liga 1 2020 dengan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo.

Kompetisi tersebut bisa bergulir kembali dengan catatan penerapan protokol kesehatan, seperti halnya semua pemain dan official klub menjalankan swab test yang akan difasilitasi BNBP dan laga digelar tanpa suporter.

Selanjutnya, setiap pertandingan hanya dihadiri maksimal 270 orang, bis klub tidak boleh bergantian, dan saat terdapat pasien yang terinfeksi Covid-19 dari klub, semuanya akan dikarantina.

“Inilah sepak bola era Covid-19. Jika kompetisi ingin dimulai, maka kita harus mematuhi aturan tersebut, agar kompetisi tidak berhenti di tengah jalan,” tutup AQ.(*)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.