AQ: Sepakbola Harus Jadi Tempat Sosialisasi Kehidupan Baru

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Juli 2020 - 17:00 WIB

Presiden Madura United FC Achsanul Qosasi
Presiden Madura United FC Achsanul Qosasi

INDUSTRY.co.id - Madura- Kompetisi Liga 1 2020 tengah dalam persiapan untuk kembali digelar. Rencananya, kompetisi domestik tertinggi Indonesia itu akan kembali diputar 1 Oktober 2020.

Sebelumnya, kompetisi tersebut dihentikan sementara seiring dengan merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia pada Bulan Maret 2020. Tak ayal, sejak 15 Maret 2020, kompetisi resmi dihentikan sementara pasca laga Madura United kontra Bali United FC.

Sejatinya, sejauh ini, wabah Covid-19 masih belum sirna di Tanah Air. Akan tetapi, pemerintah pusat tengah mencanangkan untuk menerapkan kehidupan baru atau yang familiar disebut new normal.

Tak heran, Presiden Madura United Achsanul Qosasi berharap, kembali bergulirnya kompetisi bisa menjadi ajang sosialisasi dalam penerapan kehidupan baru itu. Dia juga menyebutkan, suporter juga harus ikut andil mempelopori itu dari daerah masing-masing.

“Kompetisi diperbolehkan berputar kembali. Sepak bola harus menjadi tempat sosialisasi kehidupan baru yang sangat efektif. Suporter menjadi ujung tombak di daerahnya masing-masing,” ujarnya, Kamis (23/7/2020).

Di samping itu, pria yang familiar disapa AQ ini menceritakan telah berdiskusi tentang kembalinya Liga 1 2020 dengan Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo.

Kompetisi tersebut bisa bergulir kembali dengan catatan penerapan protokol kesehatan, seperti halnya semua pemain dan official klub menjalankan swab test yang akan difasilitasi BNBP dan laga digelar tanpa suporter.

Selanjutnya, setiap pertandingan hanya dihadiri maksimal 270 orang, bis klub tidak boleh bergantian, dan saat terdapat pasien yang terinfeksi Covid-19 dari klub, semuanya akan dikarantina.

“Inilah sepak bola era Covid-19. Jika kompetisi ingin dimulai, maka kita harus mematuhi aturan tersebut, agar kompetisi tidak berhenti di tengah jalan,” tutup AQ.(*)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Rabu, 23 September 2020 - 04:15 WIB

Lanud Silas Papare Gandeng PMI Gelar Kegiatan Donor Darah

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadispers Lanud Silas Papare Letkol Adm Sunu Sugestino menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19,…

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…