Perkuat Hubungan, Indonesia Angkat Roland A Jansen sebagai Konsul Kehormatan di Triesen, Liechtenstein

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 24 Juli 2020 - 15:15 WIB

Pengangkatan Roland A Jansen Sebagai Konsul Kehormatan di Triesen
Pengangkatan Roland A Jansen Sebagai Konsul Kehormatan di Triesen

INDUSTRY.co.id - Triesen  - Suatu Perwakilan Indonesia di luar negeri dapat memiliki wilayah kerja yang mencakup lebih dari satu negara. Perwakilan-perwakilan tersebut dapat dibantu oleh Konsul Kehormatan dalam menjalankan tugas-tugas diplomasi di wilayah kerjanya.

Indonesia secara resmi mengangkat Roland A Jansen sebagai Konsul Kehormatan di Triesen, Liechtenstein melalui penyerahan Surat Tauliah dari Presiden Joko Widodo oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman D. Hadad (22/07/2020).

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Liechtenstein telah dimulai sejak tahun 1998. Negara dengan penduduk 38.557 tersebut memiliki luas area sekitar 160 kilometer persegi, sehingga merupakan negara terkecil keempat di Eropa, setelah Vatikan, Monako, dan San Marino.

Meskipun berpenduduk kecil, Liechtenstein merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Negara yang berbatasan dengan Swiss dan Austria tersebut memiliki PDB per kapita sebesar $165,028. Diperkirakan bahwa sepertiga dari populasi Liechtenstein merupakan jutawan.

“Dengan potensi ekonomi yang dimiliki Liechtenstein, penunjukan Konsul Kehormatan RI di Liechtenstein merupakan momentum positif untuk hubungan bilateral diantara kedua negara, terlebih kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Liechtenstein berjalan dengan baik dan telah diperkuat dengan penandatanganan Indonesia – EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE – CEPA) di tahun 2018,” tutur Duta Besar Muliaman D. Hadad melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (23/7/2020).

“Untuk negara dengan pasar domestik yang terbatas dan ekonomi ekspor yang kuat, Liechtenstein membutuhkan tempat untuk menyalurkan uangnya, dan Indonesia tentu merupakan pasar yang menarik. Pengangkatan Konsul Kehormatan RI di Liechtenstein diharapkan dapat meningkatkan perdagangan dan investasi antar kedua negara, terlebih setelah ditandatanganinya perjanjian IE CEPA" ujar Duta Besar Muliaman D. Hadad.

Selain itu, Liechtenstein juga merupakan tempat menarik sebagai pusat keuangan dan bisnis, dikarenakan kondisi politik negara tersebut yang stabil, dan memiliki akses langsung kepada pasar Uni Eropa dan Swiss.

“Kondisi ini juga harus bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis Indonesia", tutur Duta Besar Muliaman.

Pemerintah Liechtenstein saat ini memiliki perhatian khusus terhadap isu sustainable development atau pembangunan berkelanjutan. Hal ini tercermin dalam upaya negara tersebut untuk membangun sumber daya energi yang berkelanjuan, serta pendidikan dari masa sekolah perihal pentingnya sustainability.

Liechtenstein juga merupakan salah satu negara pionir dalam hal sustainable financing. Dengan perhatian Pemerintah Liechtenstein pada isu-isu tersebut, diharapkan Konsul Kehormatan dapat menyelaraskannya dengan kepentingan Indonesia.

“Roland memiliki jaringan hubungan yang baik dengan Pemerintah Liechtenstein dan keluarga kerajaan setempat, serta hubungan dan kerja sama yang baik dengan investor dan industri perbankan di Liechtenstein. Hubungan yang baik tersebut, serta pengalaman beliau sebagai pebisnis diharapkan dapat merealisasikan berbagai potensi ekonomi diantara kedua negara, termasuk mengeksplorasi berbagai kerja sama di bidang pembangunan berkelanjutan" tutup Duta Besar Muliaman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

Senin, 21 September 2020 - 12:45 WIB

OJK: Keuangan Syariah Tumbuh Positif Sepanjang 2020

Ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus kita dorong perannya dalam membangkitkan perekonomian nasional. Apalagi, potensinya yang begitu besar dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah…

Migas Ilustrasi

Senin, 21 September 2020 - 12:31 WIB

Persiapan Alih Kelola, Pertamina Hulu Rokan Percepat Transisi Data Eksplorasi dan Eksploitasi Blok Rokan

PT. Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus berupaya mempercepat transfer data eksplorasi dan eksploitasi lapangan utama agar bisa segera menyiapkan kegiatan…

Daring Lakon Rajamala Bertajuk “The Stories about the Life and the World" (Photo by Kemlu)

Senin, 21 September 2020 - 12:30 WIB

KBRI Bern Promosikan Budaya Indonesia Lewat Lakon Rajamala Virtual untuk Masyarakat Swiss dan Liechtenstein

Seminar daring beserta pertunjukan wayang daring tersebut merupakan upaya KBRI Bern untuk selalu mempromosikan kebudayaan Indonesia walaupun di situasi pandemi yang membuat hampir seluruh pertunjukan…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 21 September 2020 - 12:16 WIB

Ketua MPR RI Desak Pemerintah Segera Keluarkan Perppu Atur Pilkada Serentak 2020 Dimasa Pandemi

Mendorong pemerintah bersama DPR RI dapat membahas materi Perppu di masa sidang DPR untuk menyetujui perppu tersebut menjadi UU atau tidak, dengan melibatkan para epidemiologi maupun Satgas…

The All-New Audi A6

Senin, 21 September 2020 - 12:00 WIB

Lomba Foto The All-New Audi A6 Bagi Wartawan

PT Garuda Mataram Motor (GMM) menyelenggarakan photo competition for journalist program. Pilih foto The All-New Audi A6 terbaik pilihan anda dari source official Audi manapun (akun dengan tanda…