Perkuat Hubungan, Indonesia Angkat Roland A Jansen sebagai Konsul Kehormatan di Triesen, Liechtenstein

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 24 Juli 2020 - 15:15 WIB

Pengangkatan Roland A Jansen Sebagai Konsul Kehormatan di Triesen
Pengangkatan Roland A Jansen Sebagai Konsul Kehormatan di Triesen

INDUSTRY.co.id - Triesen  - Suatu Perwakilan Indonesia di luar negeri dapat memiliki wilayah kerja yang mencakup lebih dari satu negara. Perwakilan-perwakilan tersebut dapat dibantu oleh Konsul Kehormatan dalam menjalankan tugas-tugas diplomasi di wilayah kerjanya.

Indonesia secara resmi mengangkat Roland A Jansen sebagai Konsul Kehormatan di Triesen, Liechtenstein melalui penyerahan Surat Tauliah dari Presiden Joko Widodo oleh Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman D. Hadad (22/07/2020).

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Liechtenstein telah dimulai sejak tahun 1998. Negara dengan penduduk 38.557 tersebut memiliki luas area sekitar 160 kilometer persegi, sehingga merupakan negara terkecil keempat di Eropa, setelah Vatikan, Monako, dan San Marino.

Meskipun berpenduduk kecil, Liechtenstein merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Negara yang berbatasan dengan Swiss dan Austria tersebut memiliki PDB per kapita sebesar $165,028. Diperkirakan bahwa sepertiga dari populasi Liechtenstein merupakan jutawan.

“Dengan potensi ekonomi yang dimiliki Liechtenstein, penunjukan Konsul Kehormatan RI di Liechtenstein merupakan momentum positif untuk hubungan bilateral diantara kedua negara, terlebih kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Liechtenstein berjalan dengan baik dan telah diperkuat dengan penandatanganan Indonesia – EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE – CEPA) di tahun 2018,” tutur Duta Besar Muliaman D. Hadad melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Kamis (23/7/2020).

“Untuk negara dengan pasar domestik yang terbatas dan ekonomi ekspor yang kuat, Liechtenstein membutuhkan tempat untuk menyalurkan uangnya, dan Indonesia tentu merupakan pasar yang menarik. Pengangkatan Konsul Kehormatan RI di Liechtenstein diharapkan dapat meningkatkan perdagangan dan investasi antar kedua negara, terlebih setelah ditandatanganinya perjanjian IE CEPA" ujar Duta Besar Muliaman D. Hadad.

Selain itu, Liechtenstein juga merupakan tempat menarik sebagai pusat keuangan dan bisnis, dikarenakan kondisi politik negara tersebut yang stabil, dan memiliki akses langsung kepada pasar Uni Eropa dan Swiss.

“Kondisi ini juga harus bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis Indonesia", tutur Duta Besar Muliaman.

Pemerintah Liechtenstein saat ini memiliki perhatian khusus terhadap isu sustainable development atau pembangunan berkelanjutan. Hal ini tercermin dalam upaya negara tersebut untuk membangun sumber daya energi yang berkelanjuan, serta pendidikan dari masa sekolah perihal pentingnya sustainability.

Liechtenstein juga merupakan salah satu negara pionir dalam hal sustainable financing. Dengan perhatian Pemerintah Liechtenstein pada isu-isu tersebut, diharapkan Konsul Kehormatan dapat menyelaraskannya dengan kepentingan Indonesia.

“Roland memiliki jaringan hubungan yang baik dengan Pemerintah Liechtenstein dan keluarga kerajaan setempat, serta hubungan dan kerja sama yang baik dengan investor dan industri perbankan di Liechtenstein. Hubungan yang baik tersebut, serta pengalaman beliau sebagai pebisnis diharapkan dapat merealisasikan berbagai potensi ekonomi diantara kedua negara, termasuk mengeksplorasi berbagai kerja sama di bidang pembangunan berkelanjutan" tutup Duta Besar Muliaman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…