#Musikaldirumahaja Tampil Perdana Cerita Rakyat Malin Kundang

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Juli 2020 - 12:00 WIB

Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)
Rumah Gadang Minang Sumatera Barat (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebagai wujud komitmen dalam mendekatkan serta menghibur masyarakat dengan kebudayaan Indonesia di tengah pandemi Covid-19, Indonesiakaya.com senantiasa menghadirkan beragam hiburan dan kegiatan menarik bagi para penikmat seni di rumah.

Untuk pertama kalinya, BOOW LIVE X Indonesiakaya.com mempersembahkan #MusikalDiRumahAja yang menampilkan 6 cerita rakyat Indonesia dan melibatkan 6 sutradara teater, 6 sutradara film, 6 sinematografer, 7 penata musik, serta 44 aktor, aktris dan penari Indonesia, dengan format online.

“Kami menyadari pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi banyak masyarakat, termasuk para pekerja seni. Hal ini mendorong Indonesiakaya.com yang bekerja sama dengan BOOW LIVE menyajikan ruang kreasi virtual bagi para pekerja seni untuk menampilkan karyanya. Mulai hari ini, para penikmat seni dapat menyaksikan cerita rakyat Malin Kundang dalam program #MusikalDiRumahAja yang dapat disaksikan mulai pukul 20.00 WIB di akun YouTube IndonesiaKaya secara bebas selama tujuh hari ke depan hingga episode baru diluncurkan. Semoga sajian ini dapat menghibur dan diterima dengan baik oleh para penikmat seni di rumah,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Indonesiakaya.com, Kamis (23/7/2020)

Naskah #MusikalDiRumahAja yang ditulis oleh Titien Wattimena ini, mengisahkan legenda dari Sumatera Barat, Malin Kundang. Musikal ini merupakan sebuah pembelajaran bagi setiap anak, pembelajaran abadi yang tak lekang oleh zaman. Malin Kundang diajak istrinya kembali ke kampung. Di situlah kemudian pasangan kaya raya ini bertemu ibu dari Malin Kundang. Namun Malin Kundang tak mau mengakui perempuan tua dan miskin itu sebagai ibunya. Ia memaki bahkan mengusir ibunya pergi. Sang Bunda merana, semesta pun murka.

Nino Prabowo yang berperan sebagai Malin Kundang dalam musikal ini mengungkapkan, “Kisah Malin Kundang tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Kisah klasik yang sudah diceritakan secara turun temurun ini, telah mewarnai masa kecil banyak anak Indonesia. Semoga penayangan kisah Malin Kundang dalam program #MusikalDiRumahAja ini dapat menghibur serta mengingatkan kembali para penikmat seni tentang nilai-nilai budaya serta pesan moral yang terkandung di dalamnya.”

#MusikalDiRumahAja yang diproduseri oleh Bayu Pontiagust ini, disutradarai oleh sutradara teater Rama Soeprapto yang berkolaborasi dengan sutradara film Pritagita Arianegara. Selain Nino Prabowo yang berperan sebagai Malin Kundang, program ini juga menghadirkan para peserta Indonesia Menuju Broadway, antara lain Dea Panendra sebagai Rubayah, Desmonda Cathabel sebagai Nur dan Naura sebagai narator. Ini adalah panggung virtual perdana mereka pasca mendapatkan beasiswa pelatihan untuk mendapatkan ilmu panggung dengan standar broadway di Indonesia dan juga menginjakkan kaki ke jantung industri teater broadway, New York, Amerika Serikat pada 2019 yang lalu.

 

Indonesiakaya.com juga menghadirkan sesi Live IG di akun @indonesia_kaya untuk berbincang dengan para Naura dan Dea Panendra pada Kamis, 23 Juli 2020 pukul 19.00 WIB.

Sentuhan melodi yang indah dari penata musik dan komposer Dian HP,  serta koreografer dan gerak tari dari  Davit Fitrik juga semakin mewarnai musikal bertajuk Malin Kundang ini. Selain itu banyak juga pihak-pihak lain yang terlibat seperti, Dimitri Hariastuti selaku asisten sutradara film, Mayk Wongkar selaku sinematografer, dan Vida Sylvia selaku penata artistik. Penata suara dipegang oleh Ichsan Rachmaditta dan alunan selaku audio post. Tim produksi ini juga diisi oleh Patrice Isabelle, Tania Soeprapto dan Elly Kasim Collection selaku penata busana, Talia Subandrio selaku penata rambut dan rias, Super 8MM Studio selaku penyunting video dan BOOW LIVE selaku tim di balik panggung.

“Bagi kami, #MusikalDiRumahAja ini merupakan wadah untuk berkreasi dan menuangkan kreativitas di tengah pandemi Covid-19. Jika sebelumnya kami bisa bertatap muka secara langsung dengan para penikmat seni, kali ini kami memanfaatkan teknologi yang ada. Menggunakan studio dengan blue screen dan properti pendukung, Malin Kundang mengambil setting suasana rumah Indonesia dan daerah pesisir laut untuk menunjang suasana cerita. Semoga, walau tidak bertatap muka secara langsung, kami harap sajian ini dapat melepas kerinduan para penikmat seni dengan dunia seni pertunjukan. Selamat menikmati!” ujar Rama Soeprapto yang berperan sebagai Sutradara Teater dalam #MusikalDiRumahAja: Malin Kundang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.