Waduh! Indonesia Rugi Triliunan Rupiah per Bulan Gara-gara Ini

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Juli 2020 - 20:30 WIB

Ilustrasi Era Digitalisasi
Ilustrasi Era Digitalisasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia diperkirakan mengalami kerugian triliunan rupiah per bulan akibat lambatnya penerapan digitalisasi nasional.

"Sebulan bisa triliunan rupiah. Kalau mundur lagi kita bisa rugi puluhan triliun per tahun," kata Staf Khusus Ahli Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Henri Subiakto dalam diskusi secara daring, Kamis (23/7/2020).

Henri memaparkan hasil kajian Boston Consulting Group soal peningkatan pendapatan negara dari digitalisasi nasional antara tahun 2020-2026. Tercatat peningkatan pendapatan negara dalam bentuk pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) kurang lebih Rp77 triliun.

Kemudian peningkatan kontribusi pada produk domestik bruto (PDB) mencapai Rp443,8 triliun. Serta berpeluang menambah kegiatan usaha baru sebanyak 181 ribu serta penambahan lapangan pekerjaan sebanyak 232 ribu.

"Jadi jangan biarkan mundur hanya karena tidak sepakat terus terkait Undang-Undang (Nomor 32 Tahun 2002 tentang) Penyiaran. Kalau UU buntu lagi di DPR, kita cari terobosan," ucap dia.

Salah satu terobosan, contoh dia, dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu). Agar tak terlalu lama UU tersebut menjamur di DPR.

"Sudah 15 tahun (dari 2005), tidak ada perkembangan UU Penyiaran. Terlalu banyak kepentingan disitu. 2020 ini dikeluarkan (dari Prolegnas Prioritas) dan diganti (untuk Prolegnas Prioritas) 2021. Penundaan itu triliunan rupiah kita rugi," papar Henri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kaskogartab II/Bandung Resmikan Musholla dan Donasi Paket Sembako

Minggu, 20 September 2020 - 04:30 WIB

Kaskogartab II/Bandung Resmikan Musholla dan Donasi Paket Sembako

Kegiatan Baksos yang diselenggarakan oleh Kogartap II/Bdg akan berjalan di setiap wilayah dimulai dari tanggal 14 sampai dengan 22 September 2020 dengan sasaran masyarakat yang kurang mampu.…

Satgas Yonif 413 Bremoro Jalin Tali Silaturahmi Bersama Masyarakat Kampung Kibay Papua

Minggu, 20 September 2020 - 04:02 WIB

Satgas Yonif 413 Bremoro Jalin Tali Silaturahmi Bersama Masyarakat Kampung Kibay Papua

mengajak masyarakat khususnya pemuda untuk belajar bercocok tanam dilahan ketahanan pangan yang baru kami garap dua minggu lalu, hal tersebut merupakan upaya kita dalam memasok ketersediaan…

Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi

Sabtu, 19 September 2020 - 21:05 WIB

Sudah 22 Tahun Menyehatkan Indonesia! Ini Pesan Bos Herbalife untuk Gaya Hidup Sehat

Jakarta–Pada hari ini, Herbalife Nutrition menggelar konser virtual dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-22 di Indonesia. Kegiatan ini sebagai awal dari rangkaian kegiatan gaya hidup…

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc

Sabtu, 19 September 2020 - 20:52 WIB

Pak Anies pun Bangga! Bank DKI Raih Penghargaan BUMD Marketeers Award

Jakarta-Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc.

Konferensi Pers Online Mesin Plastik & Karet Taiwan Excellence 2020

Sabtu, 19 September 2020 - 19:40 WIB

CEO TAITRA Walter Yeh: Mesin Plastik & Karet Cerdas Taiwan Mampu Hasilkan Produk Ramah Lingkungan Secara Efisien

Sebagai salah satu dari enam negara pengekspor mesin plastik dan karet terbesar di dunia, Taiwan dikenal karena menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang disempurnakan…