Perusahaan Logistik Terpukul, Bangkit Incar Pengiriman Ritel

Oleh : Wiyanto | Kamis, 23 Juli 2020 - 17:00 WIB

M.Kuncoro Wibowo, Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) saat diskusi daring Iconomics Virtual Award Best Ceo 2020
M.Kuncoro Wibowo, Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) saat diskusi daring Iconomics Virtual Award Best Ceo 2020

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Selama pandemi covid-19 seluruh sektor usaha terkena, termasuk sektor logistik. Banyak rekanan perusahaan logistik yang berhenti mengirimkan barang, dampaknya tidak ada alur pengiriman barang.

Demikian disampaikan M.Kuncoro Wibowo, Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, dalam Webinar dan Virtual Award Ceo Leadership In New Normal atau Best Ceo - Employees Choice Award yang digagas Iconomics di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

"BGR salah satu yang terdampak karena logistik, kita pegang dan sisanya perdagangan," katanya.

Beberapa customer BGR yang menghentikan pengiriman saat pandemi berasal dari sektor kontruksi dan pabrik.

Namun BGR tetap ingin hidup, lanjut dia, sebelumnya BGR telah berinvestasi di IT dan SDM guna meningkatkan pelaksanaan sistem digital. Meskipun dana Capital Expenditure terjun bebas pas wabah melanda. Itu akibat customer pada mundur pengiriman ke September 2020.

Oleh karenanya dia memutar otak, agar bisnis perusahaan tetap jalan dengan mengembangkan logistik secara ritel.

"Kami merasakan betul, tadi be to be tender besar,sekarang ritel ke BUMN, kementerian, berupa distribusi alat kesehatan. Puasa dan lebaran jalan terus waktu itu," katanya.

Sementara, Founder & CEO Iconomics, Bram S. Putro menjelaskan apa yang dilakukan para Ceo agar perusahaan tetap exsis merupakan tantangan tersendiri bagi mereka.

"Beberapa hari lalu bertemu Ceo berbasis digital naik 5 x, mereka panen ,efek luar biasa. PSBB dilonggarkan, jadi berkah. Memang perusahaan lain, nilai ekonomi menguatirkan iklas, pasrah, BPKB digadaikan yang dipikirkan Ceo sekarang. Krisis kesehatan, tantangan Ceo di manapun. Ombak enggak bisa stop, tapi bagaimana kita bisa berselancar," katanya.

Oleh karena itu, para Ceo yang mampu keluar membawa perusahaan tetap meraih pendapatan itulah yang diantaranya bisa kita hadirkan sebagai penerima award.

"Pemimpin diuji distrupsi, mengahadapi fase buruk. Yg hadir ceo yang hebat. Mereka pemenang satu kategori. Pemimpin industri," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pilkada 2020 (Foto Dok PR)

Selasa, 22 September 2020 - 10:34 WIB

Tidak Sampai Tiga Bulan Lagi Pilkada Serentak Tetap Diselenggarakan

Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan Covid 19, Komisi II DPR RI meminta KPU RI untuk segera merevisi PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang…

Wisma atlet Kemayoran

Selasa, 22 September 2020 - 10:30 WIB

Tower 4 Wisma Atlet Sudah Dibuka untuk Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

Pembukaan tower sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19 dengan kondisi orang tanpa gejala (OTG) tersebut sesuai dengan target yang diperhitungkan sebelumnya.

 PT Pegadaian (Persero)

Selasa, 22 September 2020 - 10:26 WIB

PT Pegadaian Dukung Batik Pacitan dan Ayaman Karya

Dalam perannya sebagai perusahaan negara serta sebagai korporasi yang bertanggung jawab, Pegadaian berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan pengembangan masyarakat (community development) selaras…

Ilustrasi Tenaga Medis Covid-19 (ist)

Selasa, 22 September 2020 - 10:17 WIB

Masyarakat, Please Disiplin! Tenaga Medis Lelah, Relawan: Kalau Begini Terus Kita Akan Ambruk

Kepala Bidang Koordinator Relawan Medis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jossep F William mengemukakan banyak relawan tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit mengalami keletihan dan bahkan…

Wakil Ketua DPR RI - Rachmat Gobel Saat Kunjungan Kerja ke Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Photo by Rifky/Man)

Selasa, 22 September 2020 - 10:15 WIB

DPR Dorong Pemerintah Kembangkan Transportasi Berbasis Rel Sebagai Primadona

Menurut Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) ini, kemajuan transportasi berbasis rel merupakan indikator kemajuan pembangunan suatu negara.