Menhub: Industri Transportasi Dapat Kembali Pulih, Asal...

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 23 Juli 2020 - 09:15 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Photo by Tempo.co)
Menhub Budi Karya Sumadi (Photo by Tempo.co)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Di masa pandemi Covid-19, pemerintah terus berupaya untuk memulihkan sektor transportasi yang mengalami tekanan.

“Saat ini kami terus mencari rumusan kebijakan soal bagaimana konsumen bisa bertransportasi dengan aman dan sehat, serta perusahaan transportasi dapat tetap bertahan dan beroperasi di masa pandemi ini,” jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Rabu (22/7/2020).

Menhub juga mengemukakan sejumlah kondisi, tantangan dan peluang yang terjadi di sektor transportasi pada masa pandemi.

"Misalnya, di sektor perhubungan udara secara global sangat terdampak oleh pandemi Covid-19, termasuk Indonesia, dimana jumlah penumpang pesawat menurun tajam sejak triwulan pertama 2020," ungkapnya.

Kemudian pada Juli 2020 performa penerbangan mulai meningkat 42 persen. Hal tersebut menurut Menhub terkadi setelah dilakukan sejumlah upaya seperti aturan penambahan kapasitas maksimal penumpang pesawat menjadi 70 persen dan perpanjangan masa berlaku rapid tes/pcr tes dari 3 hari menjadi 14 hari.

Hal yang berbeda justru dialami transportasi perkotaan seperti KRL Jabodetabek. Padahal pihaknya telah melakukan berbagai upaya seperti pembatasan kapasitas maksimal penumpang dalam satu gerbong, menyediakan armada alternatif selain KRL seperti bus dan upaya pemberlakuan jam kerja yang tidak berbarengan antara satu perusahaan dan perusahaan lainnya, untuk mengurangi kepadatan.

"Namun, minat penumpang tetap tinggi," ujarnya.

Menurutnya, saat ini di satu sisi Kemenhub berupaya agar industri transportasi dapat kembali pulih, sementara di sisi lain Kemenhub juga berupaya menjaga masyarakat untuk bertransportasi dengan aman dan sehat.

“Untuk itu upaya-upaya maupun terobosan yang dilakukan itu tidak cukup hanya mengandalkan Pemerintah Pusat, tetapi perlu kolaborasi yang baik antara Kementerian/Lembaga, Pemda, pelaku usaha, akademisi, media, dan masyarakat,” tandas Menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Florence, Italia (Dok: skyticket.com)

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:38 WIB

Covid di Italia Ngamuk Lagi! Tembus 100 Ribu Kasus Imbas Sub-Varian Omicron BA.5

Jakarta-Italia melaporkan lebih dari 100 ribu kasus Covid-19 pada Selasa (5/7), tertinggi sejak Februari. Lonjakan angka infeksi ini disebut imbas sub-varian Omicron, BA.5.

Pradesain Ibu Kota Baru

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:23 WIB

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Minta Pemda Stop Pemberian Perizinan Dikawasan IKN

Jakarta – Pembangunan fisik akan dimulai bulan agustus 2022 di IKN dan akan terus berlanjut pasca disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…