Perum Perindo Gandeng BKIPM Jaga Mutu dan Kualitas Perikanan

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 21 Juli 2020 - 21:10 WIB

Perum Perindo Jaga Mutu dan Kualitas Produk Perikanan
Perum Perindo Jaga Mutu dan Kualitas Produk Perikanan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) berkomitmen untuk menjaga mutu dan kualitas hasil produk perikanan, khususnya udang di tambak Bratasaena, Lampung bekerjasama dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

“Tujuan kerja sama ini yakni melindungi sumber daya perikanan dari serangan hama dan penyakit ikan karantina. Dengan begitu, hasil perikanan terjamin mutu dan kualitasnya sebelum jatuh ke tangan end user,” tutur Direktur Operasional Perum Perindo, Raenhat Tiranto Hutabarat melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (21/7/2020).

Apalagi, Perum Perindo mengawasi tambak udang seluas 2.500 hektare di Bratasena, Lampung. Perum Perindo juga aktif melakukan pendampingan kepada 800 mitra petambak, di mana 219 petambak sudah tersertifikasi.

“Kami memastikan produk-produk perikanan kami tetap terjaga baik dengan bekerjasama dengan BKIPM. Mengingat faktor penting bisnis perikanan adalah mempertahankan mutu perikanan,” ujarnya.

“800 hektar lahan dari 2.500 hektar lahan tambak di Lampung sudah dikelola oleh Perum Perindo. Adapun satu petambak mengelola ½ hektare lahan. Produk udang yang dibudidayakan yakni vannamei dan udang windu,” jelas Raenhat.

“Perum Perindo menggenjot budidaya udang di area Bratasena Lampung melalui kegiatan revitalisasi kegiatan budidaya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan bagi para petambak Lampung, khususnya pada masa pandemi covid-19 seperti ini,” tambahnya.

Pasalnya, kegiatan budidaya udang dengan kualitas dan mutu terjamin ini cukup menjanjikan. Potensi produksi dari beberapa mitra petambak sekitar 2.400 kg per tahun atau 800 kg untuk kurun waktu tiga kali panen dalam setahun.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan Perum Perindo diharapkan dapat terus mendampingi pengusaha pelaku perikanan dan petambak dalam memajukan perikanan, khususnya di wilayah Lampung.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung  Fahrizal Darminto menyampaikan Pemprov Lampung memiliki program Nelayan Berjaya sebagai wujud dukungan tumbuhnya usaha budidaya perikanan. Hal tersebut dapat terealisasi melalui ratusan mitra petambak Perum Perindo di Bratasena, Lampung. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luhut Binsar Pandjaitan (ist)

Minggu, 20 September 2020 - 08:54 WIB

Kabar Gembira! 100 Juta Orang Bakal di Vaksin Desember Mendatang, Luhut: Tahun Depan Covid-19 Bisa Dikendalikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko Polhukam, Luhut Binsar Padjaitan untuk fokus padapenanganan covid-19 di 9 provinsi. Menurut Menko Luhut mengatakan dalam 3 bulan ke depan penanganan…

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Photo by Lifestyle - Bisnis.com)

Minggu, 20 September 2020 - 08:00 WIB

Pemerintah Didesak Tetapkan Standar Harga Test PCR dan Regulasi Vaksin Mandiri

Regulasi vaksin mandiri perlu segera dipersiapan, sehingga pada saatnya swasta dapat dilibatkan dalam pengadaan vaksin mandiri tanpa beban negara. Keterlibatan pihak swasta dapat membantu pemerintah…

Bank DKI terus berinovasi

Minggu, 20 September 2020 - 07:38 WIB

Raih BUMD Marketeers Award, Bank DKI Termotivasi Beri Layanan Terbaik

Bank DKI meraih 3 penghargaan sekaligus pada BUMD Marketeer Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Mark Plus Inc. Ketiga penghargaan tersebut mencakup predikat sebagai the most promising company…

DHL Express (Ist)

Minggu, 20 September 2020 - 07:21 WIB

DHL Express Umumkan Penyesuaian Harga Tahun 2021 di Indonesia

Jakarta-Penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan rata-rata penyesuaian harga yang berlaku efektif 1 Januari 2021.

Ilustrasi Online Shooping

Minggu, 20 September 2020 - 07:10 WIB

ShopeePay Bagikan Tips Belanja Aman Selama PSBB

Jakarta– ShopeePay, fitur layanan e-money terintegrasi di Indonesia, memperluas jangkauan transaksi digitalnya hingga ke merchant pasar swalayan agar lebih dekat dengan pengguna selama pandemi…