Perum Perindo Gandeng BKIPM Jaga Mutu dan Kualitas Perikanan

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 21 Juli 2020 - 21:10 WIB

Perum Perindo Jaga Mutu dan Kualitas Produk Perikanan
Perum Perindo Jaga Mutu dan Kualitas Produk Perikanan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) berkomitmen untuk menjaga mutu dan kualitas hasil produk perikanan, khususnya udang di tambak Bratasaena, Lampung bekerjasama dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM).

“Tujuan kerja sama ini yakni melindungi sumber daya perikanan dari serangan hama dan penyakit ikan karantina. Dengan begitu, hasil perikanan terjamin mutu dan kualitasnya sebelum jatuh ke tangan end user,” tutur Direktur Operasional Perum Perindo, Raenhat Tiranto Hutabarat melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (21/7/2020).

Apalagi, Perum Perindo mengawasi tambak udang seluas 2.500 hektare di Bratasena, Lampung. Perum Perindo juga aktif melakukan pendampingan kepada 800 mitra petambak, di mana 219 petambak sudah tersertifikasi.

“Kami memastikan produk-produk perikanan kami tetap terjaga baik dengan bekerjasama dengan BKIPM. Mengingat faktor penting bisnis perikanan adalah mempertahankan mutu perikanan,” ujarnya.

“800 hektar lahan dari 2.500 hektar lahan tambak di Lampung sudah dikelola oleh Perum Perindo. Adapun satu petambak mengelola ½ hektare lahan. Produk udang yang dibudidayakan yakni vannamei dan udang windu,” jelas Raenhat.

“Perum Perindo menggenjot budidaya udang di area Bratasena Lampung melalui kegiatan revitalisasi kegiatan budidaya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan bagi para petambak Lampung, khususnya pada masa pandemi covid-19 seperti ini,” tambahnya.

Pasalnya, kegiatan budidaya udang dengan kualitas dan mutu terjamin ini cukup menjanjikan. Potensi produksi dari beberapa mitra petambak sekitar 2.400 kg per tahun atau 800 kg untuk kurun waktu tiga kali panen dalam setahun.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan Perum Perindo diharapkan dapat terus mendampingi pengusaha pelaku perikanan dan petambak dalam memajukan perikanan, khususnya di wilayah Lampung.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung  Fahrizal Darminto menyampaikan Pemprov Lampung memiliki program Nelayan Berjaya sebagai wujud dukungan tumbuhnya usaha budidaya perikanan. Hal tersebut dapat terealisasi melalui ratusan mitra petambak Perum Perindo di Bratasena, Lampung. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.