Industri Alas Kaki dan Sepatu Serap 700 Ribu Tenaga Kerja

Oleh : Ridwan | Senin, 17 April 2017 - 15:47 WIB

Alas Kaki (Ilustrasi)
Alas Kaki (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Laju pertumbuhan industri alas kaki sampai dengan tahun 2016 mencapai 8,15 persen, angka i pertumbuhan ini lebih tinggi dari pertumbuhan industri non migas yang mencapai 4,42 persen.

Indonesia di kenal sebagai produsen sepatu dan alas kaki kelas Dunia. Saat ini, Indonesia menempati urutan ke 5 Dunia produsen alas kaki setelah Tiongkok, India, Vietnam, dan Brazil.

"Pangsa pasar sepatu dan alas kaki Indonesia ke Dunia sebesar 3,3 persen, sementara untuk nilai ekspor alas kaki pada tahun 2016 mencapai USD4,64 miliar, dan sektor ini menyerap 700.000 tenaga kerja," ungkap Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka, Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono di Surabaya (17/4/2017).

Saat ini Kemenperin tengah berupaya menyelesaikan masalah-masalah yang ada di sektor industri alas kaki, diantaranya impor kulit finish tidak dilakukan proses fumigasi oelh badan karantina, memperpanjang jangka waktu izin tinggal untuk tenaga kerja asing, terutama bagi industri yang baru berdiri, memfasilitasi pendirian Raw Material Center bahan baku, serta peningkatan kompetensi SDM melalui pendidikan vokasi.

"Kami akan bekerjasama dengan institusi terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini, diantaranya, Kementerian Pertanian, Ditjen Bea dan Cukai dan yang lainnya," tutup Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Selasa, 17 September 2019 - 15:09 WIB

Karhutla Bukan Bencana dari Tuhan, Tetapi Kelalaian dalam Perencanaan dan Pencegahan

Jakarta-Karhutla yang terjadi terus-menerus ini bukanlah musibah dari Tuhan sebagaimana yang disebutkan Kepala Kantor Staff Kepresidenan (KSP), Moeldoko. Penyebab karhutla adalah kelalaian dalam…

Gedung DPR RI

Selasa, 17 September 2019 - 15:01 WIB

Revisi UU KPK Disetujui DPR RI

Rapat Paripurna DPR RI ke-9 Masa Persidangan I periode 2019-2020 menyetujui hasil revisi Undang-Undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk disahkan menjadi undang-undang.

Kuwat Sri Hudoyo

Selasa, 17 September 2019 - 15:00 WIB

Kemenkes Mendorong Industri Farmasi Domestik Lewat E-Katalog

Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan daya saing industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri dengan e-katalog maupun mendorong riset terapan biofarmaka dan vaksin

Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 14:45 WIB

Indonesia Darurat Udara Bersih

Jakarta-Permasalahan udara bersih saat ini tidak hanya menjadi isu masyarakat perkotaan metropolitan seperti Jakarta, tetapi juga telah menjadi masalah di berbagai daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Novita Dewi

Selasa, 17 September 2019 - 14:00 WIB

Novita Dewi Luncurkan Single Batak Rasa Latin

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tarik suara X Factor, Novita Dewi mencoba menerobos industri musik yang tengah lesu darah dengan menggelontorkan single terbaru bernuansa latin.