Pemerintah Rampungkan 16 RUED Dari Total 34 Rancangan Umum Energi Daerah, Ini Rinciannya...

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 19 Juli 2020 - 21:15 WIB

Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) (Photo by Armila & Rako)
Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) (Photo by Armila & Rako)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah telah memfasilitasi terbitnya 16 dari total 34 Rancangan Umum Energi Daerah (RUED)-Provinsi di Indonesia. Penetapan ini digunakan sebagai acuan pengembangan sumber energi sesuai potensi daerah guna menjamin ketersediaan energi di masa depan.

"Kita sudah memfasilitasi terbentuknya RUED di tingkat provinisi. Dari 34 provinsi, 16 diantaranya sudah terbit. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bertambah," ungkap Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto di Jakarta dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Minggu (19/7/2020).

Dengan ditetapkannya RUED ini, sambung Djoko, maka akan menjamin ketersediaan energi di daerah, mendukung rencana pembangunan dan pengembangan daerah, termasuk kawasan Industri, juga sebagai dasar daerah untuk mengajukan anggaran melalui APBN/APBD untuk pengembangan infrastruktur energi daerah terutama EBT.

16 provinsi yang telah menetapkan RUED, antara lain Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Jawa Timur, Lampung, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Jambi, Aceh, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan.

Djoko mengakui penerbitan RUED di 18 provinsi lainnya sedikit terhambat sejak hadirnya pandemi Covid-19. "Karena adanya Covid sehingga (penerbitan RUED) agak terlambat di provinsi yang lain," singgung Djoko.

Sebagai informasi, saat ini RUED di DI Yogyakarta telah mendapat persetujuan DPRD dan dalam proses fasilitasi dan registrasi di Kemendagri, menyusul 12 provinsi lainnya sudah memasukkan dalam Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) Tahun 2020 dan sedang melakukan pembahasan dengan DPRD yaitu Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Selain provinsi di atas, ada 3 provinsi sedang menyusun Naskah Akademis dan Ranperda namun belum terdaftar di Program Pembentukan Perda yaitu Sulawesi Utara, Maluku dan Papua Barat. Sementara itu, dua provinsi belum memfinalisasi dokumen, Naskah Akademis dan Ranperda yaitu Sulawesi Tenggara dan Papua.

Djoko menyinggung penerbitan RUED harus disinkronisasikan dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Kebijakan Energi Nasional (KEN). "Harus sesuai dengan RUEN, inilah fungsi DEN untuk terus melakukan pengawasan dan pemantauan terbentuknya perangkat peraturan dan realisasi kebijakan energi, terutama bauran energi," ungkap Djoko.

Terkait dengan RUED ini, Djoko juga menjelaskan capaian bauran energi di daerah-daerah terutama untuk subsektor Energi Baru Terbarukan (EBT) memiliki tantangan di masa pandemi. "Kita lihat dari tahun ke tahun presentasinya itu terus meningkat. Nah, memang di masa pandemi energi fosil jadi murah, suplainya banyak, harganya murah, sehingga ini menekan (harga) EBT," tandas Djoko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…