Pemerintah Rampungkan 16 RUED Dari Total 34 Rancangan Umum Energi Daerah, Ini Rinciannya...

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 19 Juli 2020 - 21:15 WIB

Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) (Photo by Armila & Rako)
Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) (Photo by Armila & Rako)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah telah memfasilitasi terbitnya 16 dari total 34 Rancangan Umum Energi Daerah (RUED)-Provinsi di Indonesia. Penetapan ini digunakan sebagai acuan pengembangan sumber energi sesuai potensi daerah guna menjamin ketersediaan energi di masa depan.

"Kita sudah memfasilitasi terbentuknya RUED di tingkat provinisi. Dari 34 provinsi, 16 diantaranya sudah terbit. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bertambah," ungkap Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto di Jakarta dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Minggu (19/7/2020).

Dengan ditetapkannya RUED ini, sambung Djoko, maka akan menjamin ketersediaan energi di daerah, mendukung rencana pembangunan dan pengembangan daerah, termasuk kawasan Industri, juga sebagai dasar daerah untuk mengajukan anggaran melalui APBN/APBD untuk pengembangan infrastruktur energi daerah terutama EBT.

16 provinsi yang telah menetapkan RUED, antara lain Jawa Tengah, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Jawa Timur, Lampung, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Jambi, Aceh, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Barat, dan Kalimantan Selatan.

Djoko mengakui penerbitan RUED di 18 provinsi lainnya sedikit terhambat sejak hadirnya pandemi Covid-19. "Karena adanya Covid sehingga (penerbitan RUED) agak terlambat di provinsi yang lain," singgung Djoko.

Sebagai informasi, saat ini RUED di DI Yogyakarta telah mendapat persetujuan DPRD dan dalam proses fasilitasi dan registrasi di Kemendagri, menyusul 12 provinsi lainnya sudah memasukkan dalam Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) Tahun 2020 dan sedang melakukan pembahasan dengan DPRD yaitu Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Selain provinsi di atas, ada 3 provinsi sedang menyusun Naskah Akademis dan Ranperda namun belum terdaftar di Program Pembentukan Perda yaitu Sulawesi Utara, Maluku dan Papua Barat. Sementara itu, dua provinsi belum memfinalisasi dokumen, Naskah Akademis dan Ranperda yaitu Sulawesi Tenggara dan Papua.

Djoko menyinggung penerbitan RUED harus disinkronisasikan dengan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Kebijakan Energi Nasional (KEN). "Harus sesuai dengan RUEN, inilah fungsi DEN untuk terus melakukan pengawasan dan pemantauan terbentuknya perangkat peraturan dan realisasi kebijakan energi, terutama bauran energi," ungkap Djoko.

Terkait dengan RUED ini, Djoko juga menjelaskan capaian bauran energi di daerah-daerah terutama untuk subsektor Energi Baru Terbarukan (EBT) memiliki tantangan di masa pandemi. "Kita lihat dari tahun ke tahun presentasinya itu terus meningkat. Nah, memang di masa pandemi energi fosil jadi murah, suplainya banyak, harganya murah, sehingga ini menekan (harga) EBT," tandas Djoko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”