Wuih...Diprediksi Jasa Keuangan Bertahan Hingga Pendemi Usai

Oleh : Wiyanto | Kamis, 16 Juli 2020 - 20:45 WIB

Founder & CEO Iconomics Bram S Putro
Founder & CEO Iconomics Bram S Putro

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Mantan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution menilai Lembaga Jasa Keuangan seperti perbankan, pembiayaan dan pegadaian masih aman, meskipun beberapa bulan belakangan dihantam pandemi covid-19. Pertumbuhan kredit ditaksir hanya mampu 3 persen kurang lebihnya.

"Tetapi jangan kawatir, jaring pengaman kita bagus," kata dia pada acara Webinar dan 20 Pilar Financial Indonesia Award 2020 yang diselenggarakan oleh Iconomics secara daring, Kamis (16/7/2020).

Ia bilang posisi Capital Adequacy Ratio (CAR) atau rasio kecukupan modal perbankan era pandemi di level 22 persen dan non performing loan (NPL) tiga persen lebih.

Menurut dia, perbankan akan tetap cukup kuat meski indikator kredit kurang lebih tiga persen pertumbuhannya karena memang dunia dan Indonesia menghadapi wabah corona yang berdampak ke ekonomi termasuk perbankan.

Alasan perbankan cukup kuat, lanjut dia karena pemerintah telah mengeluarkan Perpu no.1 dan diturunkan dengan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memerintahkan perbankan dan jasa keuangan lainnya untuk merestrukturisasi kredit.

"Diperkuat belum lama ini, LPS langsung boleh awasi dan urusi bank yang masuk pengawasan intensif," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Founder & CEO Iconomics Bram S Putro menjelaskan, sebagai bagian dari entitas bisnis informasi dan komunikasi memiliki tanggung jawab mendukung sektor ini tetap berdiri kokoh.

Sebagai bagian dari dukungan pihak dia kepada sektor jasa keuangan, Iconomics memberikan apresiasi kepada sektor jasa keuangan, khususnya perbankan, pembiayaan (multifinance) dan pergadaian melalui “20 Pilar Finansial Indonesia Award 2020” dan webinar “Peluang dan Tantangan Industri Keuangan dengan Menakar Ketahanan dan Kekuatan di Babak Kenormalan Baru”.

“Kami sangat mengapresiasi peran-peran dari perusahaan-perusahaan jasa keuangan di tengah tekanan dampak Covid-19. Mulai dari dukungan pelonggaran pembayaran kredit atau pembiayaan hingga peran sosial turut membantu masyarakat menghadapi Covid-19,” kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…