Wuih...Diprediksi Jasa Keuangan Bertahan Hingga Pendemi Usai

Oleh : Wiyanto | Kamis, 16 Juli 2020 - 20:45 WIB

Founder & CEO Iconomics Bram S Putro
Founder & CEO Iconomics Bram S Putro

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Mantan Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution menilai Lembaga Jasa Keuangan seperti perbankan, pembiayaan dan pegadaian masih aman, meskipun beberapa bulan belakangan dihantam pandemi covid-19. Pertumbuhan kredit ditaksir hanya mampu 3 persen kurang lebihnya.

"Tetapi jangan kawatir, jaring pengaman kita bagus," kata dia pada acara Webinar dan 20 Pilar Financial Indonesia Award 2020 yang diselenggarakan oleh Iconomics secara daring, Kamis (16/7/2020).

Ia bilang posisi Capital Adequacy Ratio (CAR) atau rasio kecukupan modal perbankan era pandemi di level 22 persen dan non performing loan (NPL) tiga persen lebih.

Menurut dia, perbankan akan tetap cukup kuat meski indikator kredit kurang lebih tiga persen pertumbuhannya karena memang dunia dan Indonesia menghadapi wabah corona yang berdampak ke ekonomi termasuk perbankan.

Alasan perbankan cukup kuat, lanjut dia karena pemerintah telah mengeluarkan Perpu no.1 dan diturunkan dengan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memerintahkan perbankan dan jasa keuangan lainnya untuk merestrukturisasi kredit.

"Diperkuat belum lama ini, LPS langsung boleh awasi dan urusi bank yang masuk pengawasan intensif," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Founder & CEO Iconomics Bram S Putro menjelaskan, sebagai bagian dari entitas bisnis informasi dan komunikasi memiliki tanggung jawab mendukung sektor ini tetap berdiri kokoh.

Sebagai bagian dari dukungan pihak dia kepada sektor jasa keuangan, Iconomics memberikan apresiasi kepada sektor jasa keuangan, khususnya perbankan, pembiayaan (multifinance) dan pergadaian melalui “20 Pilar Finansial Indonesia Award 2020” dan webinar “Peluang dan Tantangan Industri Keuangan dengan Menakar Ketahanan dan Kekuatan di Babak Kenormalan Baru”.

“Kami sangat mengapresiasi peran-peran dari perusahaan-perusahaan jasa keuangan di tengah tekanan dampak Covid-19. Mulai dari dukungan pelonggaran pembayaran kredit atau pembiayaan hingga peran sosial turut membantu masyarakat menghadapi Covid-19,” kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 23:29 WIB

Keren! Jumlah Subscribernya Lebih dari 1 Juta , Kini Sicepat Ekspres Bagikan Hujan Hadiah Youtube Sebesar 7.5 Milyar

Jakarta-SiCepat mengadakan giveaway Program Hujan Hadiah Youtube SiCepat dengan total hadiah 7.5 M, kategori hadiah diantaranya 1 BMW 520i, 20 Honda PCX, 175 Honda Beat dan uang tunai Rp 3M.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua Partai Demokrat Agus Yudhoyono

Kamis, 06 Agustus 2020 - 21:38 WIB

Ketum Demokrat Agus Yudhoyono Temui Ketua DPR Puan Maharani di Ruang Kerja, Ada Apa?

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bertemu diruang kerja Puan Maharani di gedung DPR pada Kamis (6/8) Pertemuan kedua tokoh muda tersebut…

Tidak semua brand mampu menciptakan inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk atau jasanya. Hanya brand dengan tim Research & Development yang super kreatif yang bisa memenangkan persaingan di era kompetisi bisnis yang sangat ketat ini.

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:59 WIB

Pertama di Indonesia! Inilah Brand-Brand yang Super Kreatif dan Sukses Memenangkan Persaingan di Era Kompetisi Bisnis yang Sangat Ketat

Jakarta– Inovasi dan menjadi yang pertama di kategori produk/jasa secara nyata telah memberikan dampak yang positif bagi sebuah brand untuk tetap survive dan bersaing di kompetisi bisnis yang…

Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan (Doc: Kementan)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:04 WIB

Nasrullah Didapuk Jadi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan penyegaran organisasi pada pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lingkup Kementerian Pertanian. Dalam penyegaran ini, Direktur Jenderal Peternakan…

Pabrik Semen Baturaja (Bm)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 19:30 WIB

20,48 Persen Laba Bersih 2019 Semen Baturaja Dibagikan Sebagai Dividen Tunai

Jakarta - Para pemegang saham PT Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR), sebuah BUMN industri semen di Sumatera Selatan, dalam Rapat Umum Pemegang Sahan Tahunan (RUPST) di Jakarta, Rabu (05/08/2020),…