Bank DBS Indonesia Ukir Tiga Prestasi Tingkat Internasional di Paruh Pertama 2020

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 14 Juli 2020 - 15:30 WIB

DBS Chief Investment Office
DBS Chief Investment Office

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Komitmen DBS Bank untuk menyediakan layanan bagi nasabah berdasarkan prinsip “Live more, Bank less” membuahkan hasil yang manis dengan tiga penghargaan tingkat internasional di paruh pertama tahun 2020.

Prinsip ini adalah kunci bagi Bank DBS Indonesia dalam menyongsong masa depan perbankan serta tetap memberikan kemudahan bagi nasabah, digitalisasi menjadi semakin relevan karena nasabah diharapkan dapat menyelesaikan urusan finansialnya dari rumah demi menjaga kesehatan.

“Adalah kehormatan bagi kami untuk menerima tiga penghargaan tingkat internasional. Prestasi yang membanggakan ini adalah pengakuan atas kerja keras tim dalam menjaga kinerja Bank DBS Indonesia, khususnya ketika dunia harus terus menghadapi penyebaran virus corona sehingga kita harus menerapkan protokol kesehatan; dari budaya kerja hingga peningkatan kualitas infrastruktur. Upaya digitalisasi Bank DBS Indonesia memungkinkan kami dengan cepat beradaptasi dan siap memasuki era normal yang baru (new normal). Dengan kapabilitas digital baik untuk nasabah korporasi maupun nasabah individual, DBS mampu memberikan pengalaman perbankan yang lengkap, mudah, praktis dan tanpa hambatan kepada nasabah dimana saja,” ujar Paulus Sutisna, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Selasa (14/7/2020).

“Didukung teknologi dan infrastruktur yang kuat serta budaya kerja yang pruden, karyawan dapat dengan mudah bekerja dari rumah ataupun di kantor dengan aman guna mendukung kebutuhan perbankan harian nasabah,” tambahnya.

Pandemi Covid-19 memengaruhi kehidupan dan segala sektor bisnis di seluruh dunia. Sebagai lembaga keuangan yang menjalankan praktik bisnis dan perbankan secara bertanggung jawab, Bank DBS Indonesia mampu membuktikan eksistensi di masa pandemi.

Bank DBS Indonesia berhasil menyabet berbagai penghargaan bergengsi, bahkan ketika lebih dari 50% staff Bank DBS Indonesia bekerja dari rumah.

Adapun penghargaan yang berhasil diraih, mencakup:

1. The World's Best Banks 2020 oleh Forbes Perusahaan media global Forbes menganugerahi Bank DBS Indonesia di peringkat kedua World's Best Banks 2020, dari 14 bank besar di Indonesia. Bermitra dengan perusahaan riset pemasaran Statista, Forbes menerbitkan daftar World’s Best Banks keduanya di tahun 2020. Sejumlah 450 institusi perbankan di dunia mendapatkan penghargaan ini berdasarkan survei kepada lebih dari 65.000 nasabah di 23 negara terkait perbankan yang digunakan.

Di tahun 2019, Bank DBS Indonesia menduduki peringkat kesepuluh pada World's Best Bank tahun pertama, kemudian dengan cepat naik ke peringkat kedua dalam kurun waktu satu tahun. Forbes dan Statista memberikan penghargaan kepada perbankan yang mampu membangun dan menjaga reputasi dalam jangka panjang, dan melihat kebutuhan nasabah saat ini seperti kemampuan perbankan digital, teknologi pembayaran digital, dan aplikasi perbankan digital dalam smartphone.

Dengan mempertimbangkan seluruh layanan yang ditawarkan, Forbes dan Statista mengakumulasi penilaian terhadap perbankan yang dibagi menjadi tiga yaitu komplimen (30%), tingkat kepuasaan (30%), dan lima kriteria (40%) termasuk kepercayaan (trust), syarat & ketentuan (terms & condition), pelayanan konsumen (customer service), layanan digital (digital services), dan nasihat keuangan (financial advice). Hasil survei yang menyatakan nasabah di Indonesia memberikan atensi tertinggi pada faktor kepercayaan dan layanan digital menandai peningkatan peringkat Bank DBS Indonesia terjadi berkat keunggulan digitalisasi yang turut meningkatkan kepercayaan nasabah.

2. Best Sub-custodian Bank Award 2020 oleh Global Finance

Majalah ekonomi terkemuka Global Finance telah merilis daftar pemenang the 18th annual Best Sub-custodian Bank Award 2020. Dinobatkan sebagai Best Sub-custodian Bank untuk pertama kalinya, Bank DBS Indonesia terpilih sebagai pemenang penghargaan tahun 2020 di Indonesia.

Penghargaan ini menegaskan pengakuan Bank DBS Indonesia sebagai institusi perbankan yang memberikan pelayanan terbaik di Indonesia. Penghargaan ini secara spesifik mengakui kemampuan Bank DBS Indonesia dalam memberikan layanan kustodian yang berkualitas, mengelola hubungan dengan nasabah, penetapan harga yang kompetitif, kelancaran penanganan produk, platform teknologi, rencana keberlangsungan usaha, serta pengetahuan tentang peraturan dan praktik lokal terutama dalam ruang lingkup Pasar Modal Indonesia.

3. PR Asia Awards 2020 oleh PRWeek Asia

Bank DBS Indonesia meraih penghargaan PR Asia Award 2020 yang diselenggarakan oleh PR dan publikasi komunikasi terkemuka PRWeek Asia dan media komunikasi marketing Campaign Asia-Pacific.

Sebagai penghargaan bagi kampanye, individu dan perusahaan dalam industri komunikasi di Asia-Pasifik yang sukses dan menginspirasi, ‘The 19 th PR Asia Award’ memberikan penghargaan kepada Bank DBS Indonesia sebagai Bronze winner dalam kategori ‘Best Use of Content’ untuk program mini seri Instragram DBS Heart Work(s). PR Asia Award 2020 memiliki total 56 kategori, di mana dalam kategori ‘Best Use of Content’ DBS Heart Work(s) menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang berkompetisi dengan berbagai perusahaan asal Australia, Singapura, India, dan lainnya.

Diakui berkat penggunaan konten yang efektif, kreatif dan inovatif, DBS Heart Work(s) merupakan mini seri Instagram berdurasi 60 detik yang terdiri dari 20 episode tentang dinamika suasana kerja di kantor Bank DBS Indonesia.

DBS Heart Work(s) menyuarakan misi “Live more, Bank less” yang disampaikan di setiap episodenya untuk menjangkau kaum milenial melalui media sosial. Penghargaan ini memperkuat posisi Bank DBS Indonesia sebagai perbankan yang mampu menjalankan strategi komunikasi dengan menggunakan media yang relevan bagi khalayak yang ditargetkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…