Citi Foundation Berikan Bantuan Senilai Rp2 Miliar untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 14 Juli 2020 - 10:30 WIB

Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi (paling kanan) dan Country Director HOPE worldwide Indonesia, Lily Salim (paling kiri) dalam Acara Penyerahan Donasi Secara Simbolis
Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi (paling kanan) dan Country Director HOPE worldwide Indonesia, Lily Salim (paling kiri) dalam Acara Penyerahan Donasi Secara Simbolis

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Sampai saat ini bantuan terus mengalir dari berbagai pihak di tengah pandemi Covid-19. Citi Foundation kini menyalurkan bantuan untuk penanganan COVID-19 senilai lebih dari Rp 2 miliar (US$150,000). Bantuan tersebut akan disalurkan melalui HOPE worldwide Indonesia ke beberapa wilayah di Indonesia yaitu, Jakarta, Tangerang, Semarang, Bandung, Surabaya, Medan dan Denpasar.

“Citi memiliki komitmen yang tak tergoyahkan untuk melayani masyarakat. Di masa yang penuh tantangan ini, kami ingin mengambil peran aktif dalam turut mengatasi pandemi ini, khususnya bagi masyarakat rentan dan pra sejahtera, serta para pekerja kesehatan yang berada di garda depan. Kami akan terus menunjukkan nilai-nilai Citi melalui upaya filantropis dan kegiatan bisnis inti kami, sehingga dapat memberikan dampak yang berkelanjutan bagi mereka yang membutuhkan,” ujar CEO Citi Indonesia Batara Sianturi melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Senin (13/7/2020).

Dipilih sebagai pihak yang menyalurkan bantuan adalah HOPE worldwide Indonesia. Anggota dari HOPE worldwide, lembaga ini berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan serta berbagai upaya penanganan pascabencana. Bantuan dari Citibank akan disalurkan dalam bentuk 3.000 paket bahan pangan dan nutrisi, 1.000 paket Alat Pelindung Diri (APD) dan 8  unit cuci tangan keliling. Selain itu juga, akan ada serangkaian pelatihan gaya hidup sehat dan bersih untuk meminimalisir dampak penyebaran COVID-19.

“Pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia telah menimbulkan dampak yang sangat besar terhadap masyakarat. Oleh karena itu, kami mengapresiasi kesempatan kerja sama dengan Citi Indonesia sebagai upaya kolektif antara berbagai pihak agar dapat mengatasi pandemi ini dengan baik,” tutur Country Director HOPE worldwide Indonesia, Lily Salim.

Ini merupakan donasi kedua yang diberikan Citi Indonesia untuk penanganan COVID-19. Sebelumnya Citi Indonesia dan PT. BNP Paribas Asset Management (PT BNP Paribas AM)  menyalurkan bantuan sebesar Rp 500 juta, yang diberikan kepada Palang Merah Indonesia dan UNICEF Indonesia. Donasi ini merupakan penyaluran dana sosial dari Reksa Dana Indeks BNP Paribas IDX30 Filantropi, sebagai salah satu Reksa Dana dengan tema investasi berkelanjutan (Social Responsible Investment atau SRI) yang dikelola oleh PT. BNP Paribas AM.

Dana ini selanjutnya dipergunakan untuk mendukung penanganan COVID-19 dengan menyediakan Alat Pelindung Diri (APD), program pendidikan kesehatan, sanitasi, perlindungan dan pendidikan untuk anak-anak, serta layanan kesehatan darurat. Selain itu, karyawan Citi Indonesia juga mendapatkan kesempatan berbagi kebaikan (act of kindness) dengan berdonasi melalui HOPE worldwide Indonesia, untuk merayakan inisiatif tahunan perusahaan yang bernama Global Community Day.

Secara global, Citi dan Citi Foundation telah berkomitmen untuk menyalurkan lebih dari Rp 1 trilliun (US$ 100 juta) dalam bentuk upaya bantuan terhadap komunitas  serta pemulihan ekonomi secara global terkait dengan penanganan pandemi COVID-19.

Donasi ini juga termasuk kontribusi senilai lebih dari Rp 29 miliar (US$ 2 juta) yang dikumpulkan oleh para karyawan Citi dimana perusahaan juga kemudian menyumbangkan donasi dengan nilai yang sama. Donasi tersebut selanjutnya akan disalurkan kepada sejumlah organisasi nirlaba/ Non-Governmental Organization, antara lain United Nationals Development Programme, International Rescue Committee, International Organization for Migration and Direct Relief.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kajian Kelayakan Pemanfaatan Minyak Nabati Murni

Minggu, 09 Agustus 2020 - 21:00 WIB

BBM untuk Listrik Makin 'Mahal', Pemerintah Mulai Kaji CPO untuk PLTD

Badan Litbang ESDM melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak…

Dubes Yuddy Chrisnandi Saat Menjadi Narasumber untuk Wawancara TV Rada dalam acara Diplomatic Chronicles

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Cara Jitu Dubes RI Yuddi Chrisnandi Promosikan Indonesia di Acara TV Ukraina

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi menjadi narasumber untuk wawancara TV Rada dalam acara “Diplomatic Chronicles".

Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:00 WIB

Dibantu IKEA dan AstraZeneca, Ridwan Kamil: Kami Akan Gelar Karpet Merah untuk Investor Industri Swedia

Sektor swasta Swedia telah membantu Indonesia dalam menghadapi COVID-19 diantaranya kepada Pemprov Jawa Barat.

Pelayanan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Permudah Akses Pelayanan Bagi Para WNI, KJRI Dubai Selenggarakan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

KJRI Dubai selenggarakan pelayanan kekonsuleran secara jemput bola (outreach) di Hotel Hilton bagi para WNI di Ras Al Khaimah.

Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:43 WIB

Belgia Sambut Baik Ekspor Industri Mebel dan Produk Kayu Hutan Indonesia

KBRI Brussels bekerja sama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan (FKPMI) menyelenggarakan “Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture".