Menuju Sigkawang Bersih, Wali Kota Tjhai Chui Mie Bersihkan Gorong-Gorong

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Juli 2020 - 04:31 WIB

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie (FotoDok Pontianak Post)
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie (FotoDok Pontianak Post)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie turun langsung untuk membersihkan drainase yang tersumbat tepatnya di Jalan Alianyang (Depan Kantor PLN atau Bulog), Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, sebagai langkah pencegahan terjadinya banjir di wilayah tersebut.

"Pemantauan dan perbaikan drainase yang tersumbat ini bertujuan agar tidak selalu menjadi genangan air mengingat Kota Singkawang memasuki musim penghujan," kata Tjhai Chui Mie, di Singkawang, Kalbar.

Sehingga dilakukanlah perbaikan drainase seperti di jalan Alianyang tepatnya di depan Kantor PLN atau Bulog. "Drainase ini tersumbat, lantaran banyaknya akar-akar pohon sehingga membuat drainase tersumbat," tuturnya.

Dia mengatakan, mengantisipasi genangan air yang akan terjadi, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan perbaikan drainase yang ada di Kota Singkawang.

"Mulai kemarin sampai hari ini dan seterusnya kita akan terus melakukan pemantauan dan perbaikan drainase yang ada di Kota Singkawang. Dan kita akan libatkan TNI-Polri, Dinas Kebersihan Dan PUPR Kota Singkawang," ungkapnya, seperti dilansir Antara.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk ikut menjaga dan membersihkan drainase di lingkungannya masing-masing agar arus air menjadi lancar.

"Jika drainase yang ada di tempat tinggalnya sudah mulai tersumbat akibat sampah atau lainnya segera dibersihkan," pintanya.

Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Singkawang, Rustam Effendy mengatakan, drainase tersumbat karena akar dari salah satu pohon palem menutup saluran. "Sehingga apabila hujan lebat, Jalan Alianyang menjadi tergenang air," katanya.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Singkawang langsung ke lokasi untuk melakukan perbaikan dan ikut membersihkan saluran tersebut.

Sementara Anggota DPRD Singkawang, Muhammadin mengatakan, tindakan nyata yang dilakukan Wali Kota Singkawang bersama jajaran OPD terkait bisa diberikan apresiasi terhadap kinerja mereka.

"Apa yang dilakukan adalah suatu gambaran motivasi semangat pada masyarakat untuk ikut bersama membersihkan lingkungan di kota kita yang tercinta ini," katanya.

Jadi, masyarakat harus bisa menumbuhkan kesadaran kembali terhadap lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarang, tetapi dibuang pada tempat yang sudah disediakan.

Kegiatan ini mungkin pernah dilakukan Pemerintah Kota Singkawang, tetapi masih perlu sering dilakukan dan tidak hanya dimusim penghujan saja.

"Harapan saya terhadap Wali Kota melalui OPD-nya lebih memfokuskan dalam sisi peningkatan anggaran juga, selain masyarakat yang selalu menjaga kebersihan saluran dan lingkungan," ujarnya.

Karena perlu dukungan anggaran pemerintah dalam memperbaiki sanitasi fasilitas pemerintah. "Kita berharap bahwa Dinas PUPR bisa merancang sanitasi atau saluran yang cukup baik, tidak menutup mati saluran yang ada, tetapi membuat seperti saluran U-Ditch agar penutup semua saluran bisa dibuka. Sehingga lebih mudah untuk membuang kotoran, dengan sering dilakukan maka akan memudahkan aliran air ke sungai," katanya.

Kalau memungkinkan, katanya, untuk anggaran tahun 2021 kebetulan dirinya selaku Ketua Komisi DPRD yang membidangi keuangan, maka Dinas PUPR harus mengusulkan eksavator mini khusus untuk membersihkan saluran agar bisa digunakan setiap saat.

"Karena Singkawang adalah kota pariwisata yang harus selalu tampil bersih," jelasnya.

Tak lupa juga dia memberikan apresiasi kepada UPT Kebersihan lingkungan Hidup Singkawang yang selalu bekerja dan memotivasi para pegawainya untuk selalu tetap semangat dalam melaksanakan tugas. "Merekalah yang sangat perlu kita perhatikan," katanya.

Ide Wali Kota untuk bisa mengajak TNI-Polri, DPRD dan masyarakat sangat brilian dalam bergotong royong. "Kebersamaan adalah sumber kekuatan dan kunci dalam tujuan harapan dalam mencapai sasaran kesuksesan Singkawang bersih," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…