Menuju Sigkawang Bersih, Wali Kota Tjhai Chui Mie Bersihkan Gorong-Gorong

Oleh : Herry Barus | Minggu, 12 Juli 2020 - 04:31 WIB

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie (FotoDok Pontianak Post)
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie (FotoDok Pontianak Post)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie turun langsung untuk membersihkan drainase yang tersumbat tepatnya di Jalan Alianyang (Depan Kantor PLN atau Bulog), Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, sebagai langkah pencegahan terjadinya banjir di wilayah tersebut.

"Pemantauan dan perbaikan drainase yang tersumbat ini bertujuan agar tidak selalu menjadi genangan air mengingat Kota Singkawang memasuki musim penghujan," kata Tjhai Chui Mie, di Singkawang, Kalbar.

Sehingga dilakukanlah perbaikan drainase seperti di jalan Alianyang tepatnya di depan Kantor PLN atau Bulog. "Drainase ini tersumbat, lantaran banyaknya akar-akar pohon sehingga membuat drainase tersumbat," tuturnya.

Dia mengatakan, mengantisipasi genangan air yang akan terjadi, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan perbaikan drainase yang ada di Kota Singkawang.

"Mulai kemarin sampai hari ini dan seterusnya kita akan terus melakukan pemantauan dan perbaikan drainase yang ada di Kota Singkawang. Dan kita akan libatkan TNI-Polri, Dinas Kebersihan Dan PUPR Kota Singkawang," ungkapnya, seperti dilansir Antara.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk ikut menjaga dan membersihkan drainase di lingkungannya masing-masing agar arus air menjadi lancar.

"Jika drainase yang ada di tempat tinggalnya sudah mulai tersumbat akibat sampah atau lainnya segera dibersihkan," pintanya.

Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Singkawang, Rustam Effendy mengatakan, drainase tersumbat karena akar dari salah satu pohon palem menutup saluran. "Sehingga apabila hujan lebat, Jalan Alianyang menjadi tergenang air," katanya.

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Singkawang langsung ke lokasi untuk melakukan perbaikan dan ikut membersihkan saluran tersebut.

Sementara Anggota DPRD Singkawang, Muhammadin mengatakan, tindakan nyata yang dilakukan Wali Kota Singkawang bersama jajaran OPD terkait bisa diberikan apresiasi terhadap kinerja mereka.

"Apa yang dilakukan adalah suatu gambaran motivasi semangat pada masyarakat untuk ikut bersama membersihkan lingkungan di kota kita yang tercinta ini," katanya.

Jadi, masyarakat harus bisa menumbuhkan kesadaran kembali terhadap lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarang, tetapi dibuang pada tempat yang sudah disediakan.

Kegiatan ini mungkin pernah dilakukan Pemerintah Kota Singkawang, tetapi masih perlu sering dilakukan dan tidak hanya dimusim penghujan saja.

"Harapan saya terhadap Wali Kota melalui OPD-nya lebih memfokuskan dalam sisi peningkatan anggaran juga, selain masyarakat yang selalu menjaga kebersihan saluran dan lingkungan," ujarnya.

Karena perlu dukungan anggaran pemerintah dalam memperbaiki sanitasi fasilitas pemerintah. "Kita berharap bahwa Dinas PUPR bisa merancang sanitasi atau saluran yang cukup baik, tidak menutup mati saluran yang ada, tetapi membuat seperti saluran U-Ditch agar penutup semua saluran bisa dibuka. Sehingga lebih mudah untuk membuang kotoran, dengan sering dilakukan maka akan memudahkan aliran air ke sungai," katanya.

Kalau memungkinkan, katanya, untuk anggaran tahun 2021 kebetulan dirinya selaku Ketua Komisi DPRD yang membidangi keuangan, maka Dinas PUPR harus mengusulkan eksavator mini khusus untuk membersihkan saluran agar bisa digunakan setiap saat.

"Karena Singkawang adalah kota pariwisata yang harus selalu tampil bersih," jelasnya.

Tak lupa juga dia memberikan apresiasi kepada UPT Kebersihan lingkungan Hidup Singkawang yang selalu bekerja dan memotivasi para pegawainya untuk selalu tetap semangat dalam melaksanakan tugas. "Merekalah yang sangat perlu kita perhatikan," katanya.

Ide Wali Kota untuk bisa mengajak TNI-Polri, DPRD dan masyarakat sangat brilian dalam bergotong royong. "Kebersamaan adalah sumber kekuatan dan kunci dalam tujuan harapan dalam mencapai sasaran kesuksesan Singkawang bersih," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kajian Kelayakan Pemanfaatan Minyak Nabati Murni

Minggu, 09 Agustus 2020 - 21:00 WIB

BBM untuk Listrik Makin 'Mahal', Pemerintah Mulai Kaji CPO untuk PLTD

Badan Litbang ESDM melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) memulai kajian kelayakan pemanfaatan minyak…

Dubes Yuddy Chrisnandi Saat Menjadi Narasumber untuk Wawancara TV Rada dalam acara Diplomatic Chronicles

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Cara Jitu Dubes RI Yuddi Chrisnandi Promosikan Indonesia di Acara TV Ukraina

Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi menjadi narasumber untuk wawancara TV Rada dalam acara “Diplomatic Chronicles".

Gubernur Jawa Barat - Ridwan Kamil

Minggu, 09 Agustus 2020 - 19:00 WIB

Dibantu IKEA dan AstraZeneca, Ridwan Kamil: Kami Akan Gelar Karpet Merah untuk Investor Industri Swedia

Sektor swasta Swedia telah membantu Indonesia dalam menghadapi COVID-19 diantaranya kepada Pemprov Jawa Barat.

Pelayanan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:45 WIB

Permudah Akses Pelayanan Bagi Para WNI, KJRI Dubai Selenggarakan Warung Konsuler di Ras Al Khaimah

KJRI Dubai selenggarakan pelayanan kekonsuleran secara jemput bola (outreach) di Hotel Hilton bagi para WNI di Ras Al Khaimah.

Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture

Minggu, 09 Agustus 2020 - 18:43 WIB

Belgia Sambut Baik Ekspor Industri Mebel dan Produk Kayu Hutan Indonesia

KBRI Brussels bekerja sama dengan Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan (FKPMI) menyelenggarakan “Indonesia-Belgium Virtual Business Meeting on Wood Products and Furniture".